5 Cara Menghemat Baterai Samsung Galaxy Semua Seri

Ponselgue.com | Cara Menghemat Baterai Samsung Galaxy Semua Tipe – Smartphone buatan Samsung terkenal dengan kecanggihan fitur dan ketangguhan spesifikasinya. Namun pada beberapa perangkat Samsung ternyata masih menggunakan daya baterai yang tidak terlalu tinggi, yaitu kisaran berdaya 2000 mAh dan 3500 mAh.

Padahal dengan prosesor dan juga kualitas layarnya, Samsung Galaxy tentunya membutuhkan tenaga baterai yang lebih supaya bisa digunakan seharian penuh, terutama untuk yang sering beraktivitas di luar ruangan.

Namun, Anda bisa melakukan beberapa hal untuk menghemat baterai Samsung Galaxy. Simak ulasan selengkapnya di bawah ini.

Baca juga : Cara Cek Voltase Kabel Charger Smartphone Anda

5 Cara Menghemat Baterai Samsung Galaxy Semua Seri

1. Perhatikan tingkat kecerahan dan waktu aktif layar

Salah satu komponen yang cukup boros mengkonsumsi daya baterai smartphone saat ini adalah layar, tak terkecuali pada Samsung Galaxy.

Cara paling mudah adalah dengan menurunkan tingkat kecerahan layarnya atau setidaknya mengaktifkan mode kecerahan otomatis, dan meminimalkan waktu untuk menon-aktifkan layar saat sedang tidak digunakan. Cara ini bisa diatur di Pengaturan pada bagian Layar.

Baca juga : Periksa Kualitas dan Kesehatan Baterai Smartphone Menggunakan Aplikasi Ini

2. Membatasi koneksi otomatis

Beberapa perangkat Samsung Galaxy terbaru mempunyai fitur untuk mengaktifkan koneksi Wi-Fi saat sedang berada dalam jangkauan jaringan Wi-Fi tertentu. Fitur ini memang cukup berguna, namun cukup banyak membutuhkan daya baterai dibandingkan dengan menyalakannya secara manual.

Untuk mematikannya adalah dengan menonaktifkannya di pengaturan pada bagian koneksi, kemudian matikan opsi Turn on Wi-Fi automatically.

3. Memantau aplikasi yang paling boros

Selain layar, hal lain yang cukup banyak menguras daya adalah aplikasi. Anda bisa masuk ke menu Pengaturan → Pemeliharaan perangkat, kemudian klik ikon Baterai untuk memantau aplikasi mana saja yang banyak menguras daya baterai.

Pilih aplikasi yang Anda inginkan kemudian klik tombol solusi di bagian atas. Aplikasi yang Anda pilih akan tertutup, bahkan dari multitasking sekalipun.

Di bawah daftar aplikasi yang akan ditutup, terdapat dua pilihan: unsupervised apps dan always inactive apps. Sebaiknya Anda juga mengontrol setiap aplikasi yang terdapat di setiap bagian ini.

Baca juga : 6 Tips Cara Merawat Power Bank Agar Tidak Cepat Rusak

Anda juga bisa memantau aplikasi secara langsung satu per satu lalu menyesuaikan konsumsi baterai di dalam aplikasi dengan masuk ke Settings → Applications. Jika dibutuhkan, Anda bisa memasukan aplikasi yang boros tadi ke dalam daftar optimize applications.

4. Membatasi penggunaan data selular di background

Salah satu hal lagi yang tidak dapat Anda lihat yang cukup menguras daya baterai adalah saat adanya aplikasi yang menggunakan transfer data 4G di background.

Dalam informasi pada setiap aplikasi, terdapat bagian yang secara khusus mengatur data mobile yang membuat Anda membatasi penggunaan data pada setiap aplikasinya.

5. Matikan mode layar Always On

5 Cara Menghemat Baterai Samsung Galaxy Semua Seri

Pada beberapa tipe yang mempunyai fitur layar Always On, Anda bisa memperpanjang daya baterai jika mematikan fitur tersebut.

Untuk mematikannya, masuk ke Settings → Lock Screen → Always On display. Setelah dimatikan, usahakan jika tidak sedang digunakan jangan terlalu sering mengaktifkan layar, karena hal ini malah akan membuat baterai lebih boros daripada biasanya.

Baca juga : 4 Tips Merawat Baterai HP Android Non-Removable Agar Lebih Awet

Melakukan kelima hal di atas bisa membantu Anda memaksimalkan penggunaan smartphone. Karena dengan menghemat baterai Samsung Galaxy Anda, penggunaan perangkat lebih optimal terutama jika sedang tidak membawa power bank.

You might also like

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More