Cara Menghilangkan Iklan Pop Up (Adware) Yang Muncul Saat Data Aktif

Ponselgue – Sebagai pengguna Android, kita tentu tidak asing lagi dengan iklan dari aplikasi atau game yang kita instal dari Playstore, terutama yang tersedia secara gratis. Iklan-iklan tersebut memang sengaja disisipkan pengembang dan menjadikannya sebagai sumber pendapatan mereka.

Untuk mengetahuinya, Anda bisa melihat keterangan di Play Store sebelum Anda mendownload aplikasi tersebut (ada tulisan Contain ads). Umumnya pengembang menjadikan iklan video pada game untuk menambah poin atau membuka item tertentu. 

Cara Menghilangkan Iklan Pop Up (Adware)

Namun Anda perlu berhati-hati jika ada iklan yang muncul padahal Anda sedang tidak menjalankan aplikasi apapun karena bisa jadi perangkat Anda terinfeksi adware. Biasanya hal tersebut diakibatkan oleh pemasangan aplikasi yang berasal dari luar Play Store yang memang secara sengaja disisipi adware oleh developernya untuk untuk mendapatkan keuntungan lebih.

Lantas, bagaimana cara menghilangkan iklan di Android yang muncul setiap kali mengaktifkan koneksi data?  Simak cara untuk mengatasinya berikut ini.

Baca juga : Cara Melacak HP Pasangan di Android Dengan Sekali Klik

Cara Menghilangkan Iklan di Android

1. Uninstall Aplikasi Mencurigakan

Cara yang paling mudah adalah dengan menghapus aplikasi atau game yang Anda install dari luar Google Play Store. Masuk ke Setelan → Setelan Aplikasi → Aplikasi Terinstal, kemudian hapus aplikasi yang Anda curigai mengandung banyak adware.

Cara Menghilangkan Iklan di Android

Namun jika Anda bingung karena terdapat banyak aplikasi, pada saat iklan muncul jangan langsung menutup iklan tersebut. Sapu layar dari atas ke bawah, ketuk ikon gear untuk masuk ke Setelan, pilih Setelan Aplikasi lalu lihat aplikasi yang sedang berjalan, kemudian uninstall aplikasi yang tidak Anda buka namun terdapat dalam daftar tersebut.

Selanjutnya restart perangkat Android Anda kemudian nyalakan koneksi data untuk melihat apakah masih muncul iklan. Jika masih ada iklan yang muncul di smartphone Anda, Anda bisa mencoba cara selanjutnya dibawah ini.

Baca juga : Kode Khusus Agar Sinyal Android 4G Terus

2. Menggunakan Bantuan Aplikasi

Jika cara pertama masih belum membantu Anda menghilangkan gangguan iklan, Anda bisa menggunakan bantuan aplikasi pihak ketiga. Yang dalam hal ini saya menyarankan aplikasi yang bernama Malwarebytes Security.

Aplikasi ini dapat memindai adware dan malware dari perangkat Anda kemudian membersihkannya hingga tuntas. Selain itu, Anda juga bisa browsing dengan aman tanpa harus khawatir mengunjungi situs yang disisipi program jahat. 

Malwarebytes android share

Note : Sebelum memulai pemindaian sebaiknya Anda melakukan Update database malware ke yang paling baru.

Cara menggunakannya cukup mudah, Anda hanya perlu memberikan izin akses yang diperlukan aplikasi pada saat pertama kali dibuka. Kemudian Anda tinggal mengetuk tombol Run Full Scan untuk melakukan pemindaian total perangkat Android Anda.

Setelah proses scaning selesai dan ditemukan malware, centang All Threats kemudian ketuk tombol Remove selected dan klik OK. Selanjutnya aplikasi akan menghapus semua threats dan menguninstal aplikasi yang dianggap berbahaya di perangkat Anda. 

Sebagai catatan, Anda bisa menggunakan Malwarebytes Security secara gratis selama 30 hari. Jika sudah melebihi batas waktu tersebut, beberapa fitur pada aplikasi tersebut tidak bisa digunakan.

Baca juga : Cara Mengamankan WhatsApp Agar Pesan Tidak Dibaca Orang Lain

3. Reset Ulang Android

Pada beberapa kasus, malware atau adware bahkan mampu menyusup ke sistem Android. Jika kedua cara diatas sudah Anda coba namun belum menyelesaikan masalah adware ini, maka cara terakhir yang bisa Anda lakukan adalah dengan cara me-reset ulang perangkat.

Yang perlu Anda perhatikan, cara ini akan menghapus semua aplikasi dan data yang tersimpan di dalam perangkat. Untuk itu sebaiknya Anda backup data-data penting seperti kontak, foto dll terlebih dahulu sebelum melakukan reset.

reset android

Untuk cara factory reset dan hard reset Android, Anda bisa mengunjungi tutorialnya di halaman ini.

Nah, itulah tadi beberapa cara menghilangkan iklan di Android yang muncul saat mengaktifkan koneksi data internet. Semoga bermanfaat.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More