Categories: Tips

Cara Menghindari Jalan Tol Di Google Maps

Ponselgue.com | Cara Menghindari Jalan Tol Di Google Maps – Meskipun kini sudah banyak aplikasi map dan navigasi lainnya, namun bisa dibilang bahwa Google Maps merupakan yang terbik. Layanan Google Maps sangat membantu saat kita hendak pergi ke suatu tempat, namun tidak mengetahui rute jalan yang harus dilewati.

Entah saat ingin pergi ke tempat wisata atau mengunjungi teman, Google Maps bisa diandalkan untuk menuntun kita sampai ke tujuan. Selain itu, fiturnya juga cukup lengkap, mulai dari navigasi suara, perkiraan jarak, sampai dengan informasi lalu lintas.

Namun sayangnya,  terkadang ada kalanya Google Maps menjadi sedikit menyebalkan. Misalnya saat mengarahkan kita untuk melewati jalan tol, padahal kita sedang menggunakan sepeda motor.

Nah, daripada salah jalan dan kena tilang, kita bisa menggunakan fitur Google Maps untuk tidak mengarahkan melalui jalan tol.

Untuk itu, berikut cara menghindari jalan tol di Google Maps, tentunya pengendara motor akan sangat terbantu dengan fitur ini.

Baca juga :

Cara Menghindari Jalan Tol Di Google Maps

1. Pertama, masukkan alamat lokasi yang ingin di tuju pada kolom yang tersedia.

2. Setelah Anda memasukkan alamat lokasi tujuan, jangan langsung menekan tombol “Mulai”. Karena jika begitu, Google Maps akan langsung mengarahkan Anda untuk menggunakan jalan tol. Sebelum itu, ketuk pada ikon tiga titik yang terdapat di bagian kanan atas aplikasi Google Maps.

3. Nantinya akan ditampilkan beberapa pilihan, ketuk “Opsi rute” yang terletak di bagian paling bawah pilihan lainnya.

4. Setelah itu, Anda muncul 3 opsi yang bisa Anda pilih, yaitu:

  • Hindari jalan raya
  • Hindari jalan tol
  • Hindari kapal feri

Nah, bagi Anda pengguna motor tentu tidak diperbolehkan menggunakan jalan tol, oleh karena itu centang pada opsi “Hindari jalan tol”.

5. Nah, setelah selesai mengatur preferensi diatas, baru Anda bisa langsung mengetuk tombol “Mulai” untuk memulai navigasi. Dengan demikian, maka Google Maps tidak akan menampilkan dan menunjukan rute yang melalui jalan tol.

Perlu diingat, jangan sekali-kali menggunakan smartphone (cek rute di Google Maps) saat berkendara menggunakan sepeda motor. Hal tersebut tentunya akan sangat membahayakan keselamatan Anda. Untuk mengakalinya, Anda bisa meletakkan smartphone di speedometer menggunakan aksesoris yang mendukungnya.

Selamat mencoba, semoga bermanfaat.