Cara Menggunakan Google Maps dan Waze Untuk Menghindari Jalur Ganjil Genap

4.829

Ponselgue.com | Cara Menghindari Jalur Ganjil Genap di Google Map – Bagi Anda pengendara kendaraan roda empat di Jakarta, pastinya sudah tahu kalau sekarang ada kebijakan terkait pembatasan plat nomor mobil ganjil genap di beberapa jalan utama pada jam sibuk pagi dan sore hari?

Untuk mobil berplat nomor dengan akhiran angka ganjil, hanya dibolehkan melintas di tanggal ganjil. Sebaliknya mobil berplat nomor dengan akhiran angka genap hanya dibolehkan melintas di tanggal genap.

Jika Anda nekat menyetir dan kedapatan melanggar, maka Anda bisa terkena tilang. Oleh karena itu, ada baiknya jika Anda mulai memperhatikan dan menghindari ruas jalan yang memberlakukan aturan ganjil genap tersebut.

Nah, beberapa layanan navigasi seperti Google maps dan Waze merilis fitur baru untuk membantu pengguna dalam memahami jalur ganjil genap yang diberlakukan di jalanan ibu kota. Untuk bisa menggunakan fitur tersebut, Anda harus memperbarui aplikasi navigasi tersebut ke versi terbaru.

Lalu, bagaimana cara menghindari jalur ganjil genap di Google Maps dan Waze di ibukota? Simak langkah-langkahnya berikut ini.

Baca juga : Cara Menghindari Jalan Tol Di Google Maps

Cara Menghindari Jalur Ganjil Genap di Google Maps

cara menghindari jalur ganjil genap

Untuk Anda yang lebih suka menggunakan layanan Google Maps, Anda harus memasukkan lokasi tujuan terlebih dahulu. Kemudian ikuti langkah-langkah berikut ini :

1. Ketuk menu “Settings” kemudian pilih “Route Options”.

2. Setelah jalur yang harus dilalui sudah muncul, ketuk tulisan “Menghindari Jalan Khusus Plat Nomor Ganjil/Genap”.

3. Selanjutnya akan muncul pop-up berisi opsi, apakah angka terakhir nomor plat kendaraan Anda ganjil atau genap.

4. Nantinya akan ditampilkan jalur mana yang sebaiknya Anda gunakan untuk menghindari aturan tersebut.

5. Google Maps juga secara otomatis akan menampilkan jalur alternatif untuk menghindari ruas jalan tempat aturan ganjil genap berlaku.

Baca juga : 2 Cara Membuat dan Menambah Lokasi Baru di Google Maps

Cara Hindari Jalur Ganjil Genap dengan Waze

Anda bisa menggunakan aplikasi Waze untuk mencari jalur alternatif supaya terhindar dari ruas jalan yang menerapkan aturan jalur ganjil genap di Jakarta. Ikuti caranya di bawah ini:

1. Masuk ke menu “Settings“.

2. Selanjutnya pilih menu “Navigation” kemudian pilih “Number Plate Restriction” yang terdapat di paling bawah.

3. Setelah itu akan ditampilkan kolom untuk memasukkan dua digit terakhir dari nomor plat kendaraan Anda.

4. Waze kemudian akan secara otomatis menyesuaikan jalur sesuai dengan peraturan ganjil genap.

5. Dengan ini, Anda dapat mencari jalur alternatif lain supaya terhindar dari aturan tersebut.

Baca juga : Cara Membuka Spotify Dari Waze Supaya Lebih Aman Berkendara

Sebelum menggunakan Waze maupun Google Maps untuk mencari jalur alternatif, pastikan perangkat Anda terhubung ke jaringan internet dan GPS sudah aktif.

Jika Anda dengan sengaja tidak mematuhi aturan ganjil genap tersebut maka Anda akan menerima sanksi, yakni dikeluarkan dari jalur. Aturan ini sendiri berlaku untuk kendaraan pribadi beroda empat atau lebih.

Untuk menghindari sanksi tersebut, Anda dapat mencari jalur alternatif melalui aplikasi navigasi. Alternatif lainnya, Anda bisa pergi lebih pagi atau pulang lebih malam untuk menghindari pembatasan jalan karena adanya aturan ganjil genap tersebut.

Nah, demikianlah cara menghindari jalur ganjil genap dengan Google Maps dan Waze. Semoga bermanfaat!

You might also like

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More