Cara Menghindari Spam dan HOAX di WhatsApp Agar Tidak Tertipu

3.201
cara menghindari link spam di WhatsApp
Foto : Pixabay

Ponselgue.com – Menjadi aplikasi perpesanan paling populer, membuat Whatsapp dimanfaatkan untuk berbagai kepentingan oleh para penggunanya. Salah satunya sebagai media menyebar pesan berantai yang berisi pesan Spam dan Hoax.

Sebelumnya, masalah pesan Hoax ini lumrah kita jumpai di Facebook, namun kini masalah yang sama juga dialami oleh pengguna WhatsApp.  Pesan-pesan ini dikirim dan disebarkan melalui grup-grup WA maupun broadcast WA.

Biasanya pesan Hoax ini ditujukan untuk membenci suatu pihak, informasi menyesatkan, dan scam/penipuan. Di Indonesia sendiri pada prakteknya seringkali digunakan untuk menyebar hoax, informasi sesat, penipuan, bahkan black campaign.

WhatsApp sendiri terus merilis fitur baru untuk mencegah dan meminimalisir perihal pesan spam dan hoax ini. Nah, agar tak termakan pesan hoax dan menghindari link mencurigakan di WhatsApp, Anda bisa mengikuti tips berikut ini.


Baca juga :


Cara Mengatasi Spam dan Hoax di WhatsApp

Sampai saat ini sudah ada 3 fitur dari WhatsApp yang khusus untuk melawan spam dan Hoax. Diantaranya :

  1. Fitur Admin Control
  2. Fitur Mendeteksi SPAM tautan mencurigakan
  3. Fitur Menandakan Forwarded Messages (pesan yang diteruskan)

Fitur Untuk Menghindari Link Spam di WhatsApp

Anda mungkin pernah mendapatkan broadcast WA dengan link didalamnya terdapat tautan di akhir pesan. Biasanya link ini pada pesan spam seperti berita hoax, kupon makanan, diskon besar, hadiah iphone dari ulang tahun whatsapp, atau pesan lainnya yang biasanya diberi iming-iming menarik.

Jika link tersebut di klik, maka biasanya Anda akan dibawa menuju ke website tertentu untuk mencoba menipu Anda, seperti meminta transfer uang atau melakukan hal lain.

Sayangnya, banyak orang yang menerima kemudian juga ikut menyebarkan pesan Hoax ini. Karena terjebak syarat untuk mendapatkan hadiah hoax tersebut harus mengirim pesan ke grup atau kontak lain.

Kini Whatsapp merilis fitur deteksi link SPAM, agar pengguna tidak lagi tertipu dengan pesan Hoax tersebut. Jika Whatsapp mendeteksi link pada pesan tersebut, akan ada tanda “Suspicious link”  berwarna merah dibagian atas pesan. Untuk mendapatkan fitur ini, Anda hanya perlu memperbarui aplikasi Whatsapp Anda ke versi terbaru.

Fitur Penanda Pesan Yang Diteruskan (Forwarded Messages)

Jika fitur sebelumnya untuk mendeteksi link Spam, fitur ini untuk mendeteksi pesan teruskan atau forwarded. Sama seperti sebelumnya, fitur ini untuk memudahkan pengguna menghindari spam di Whatsapp.

Nantinya setiap ada pesan yang dikirim, Whatsapp akan mendeteksi apakah pesan tersebut diketik sendiri atau hanya diteruskan (forward). Jika pesan tersebut merupakan pesan yang diteruskan, maka diatasnya akan terdapat label “forwarded”.

Anda hanya perlu mengupdate fitur ke versi terbaru untuk mendapatkan fitur ini.


Nah, demikianlah cara menghindari link Spam di WhatsApp. Kini Anda bisa menghindari pesan hoax yang dikirim melalui broadcast atau dibagikan di grup-grup WA Anda. Semoga bermanfaat.

You might also like

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More