Cara Lock Jaringan 4G HP Xiaomi Agar Koneksi Stabil

Ponselgue – Ketersediaan jaringan seluler di beberapa daerah tidaklah stabil, terutama di daerah pinggiran kota. Akibatnya, beberapa aktivitas yang membutuhkan koneksi internet bisa terganggu.

Misalnya saja seperti saat bermain game online seperti PUBG, Mobile Legends, atau Fortnite. Jaringan yang kurang stabil dapat mengakibatkan lag atau freeze pada saat melakukan pertandingan.

Salah satu solusi yang sering dipakai beberapa orang adalah dengan mengunci jaringan ke jenis jaringan tertentu. Misalnya menguncinya pada jaringan 4G untuk memperoleh akses yang lebih cepat.

cara mengunci jaringan 4G Xiaomi
Xiaomi Mi Mix 2S

Sayangnya, pada beberapa perangkat yang menjalankan sistem operasi yang lebih baru, tidak terdapat pengaturan untuk mengunci jaringan 4G. Untuk mengaturnya, para pengguna harus membutuhkan metode khusus.

Yang tidak kalah merepotkan vendor smartphone, termasuk Xiaomi, adalah aturan TKDN (Tingkat Kandungan Dalam Negeri). Bahkan pada masa awal pemberlakuan aturan tersebut, Xiaomi sampai harus menonaktifkan jaringan 4G di beberapa perangkatnya karena belum memenuhi syarat.

Untuk kasus limitasi TKDN, pengguna harus membuka jaringan tersebut terlebih dahulu karena hanya dilakukan pada sisi piranti lunaknya. Selanjutnya, mereka dapat mengunci jaringan 4G seperti yang diinginkan.

Cara Mengunci Jaringan 4G Xiaomi

Salah satu cara yang dapat dilakukan pengguna untuk mengunci jaringan 4G di perangkat Xiaomi adalah dengan menggunakan kode khusus. Berikut langkah-langkahnya :

1. Pertama, buka aplikasi telepon

2. Selanjutnya ketikkan kode *#*#4636#*#* atau *#*#3646633#*#* di dialpad.

3. Setelah berhasil masuk ke mode testing, pilih Phone Information, pilih 1 atau 2 tergantung kartu SIM yang Anda gunakan untuk data.

4. Di halaman Phone Info, cari bagian Set Prefered Network Type.

5. Selanjutnya buka menu dropdown yang ada di bagian tersebut, kemudian cari dan pilih opsi LTE Only.

Catatan : Agar bisa mengakses mode testing ini, beberapa perangkat membutuhkan mode pengembang.

Untuk mengaktifkan mode pengembang di HP Xiaomi, buka Setting kemudian masuk ke About phone. Selanjutnya tekan MIUI Version atau Build number beberapa kali.

Selain cara diatas, Anda juga bisa menggunakan metode lain, yakni dengan menggunakan ROM lain atau memasang Tweak khusus dengan TWRP. Tentunya kedua metode tersebut cukup tekhnis dan cukup beresiko bagi pengguna awam.

Nah, itulah tadi cara mengunci jaringan 4G Xiaomi agar koneksi jaringan lebih stabil. Semoga bermanfaat!

Comments are closed.