4 Cara Mudah Mengunci Signal 4G LTE Only (Lock)

Ponselgue.com | 4 Cara Mengunci Sinyal 4G LTE Only di Android – Hampir semua operator seluler sudah menyediakan jaringan internet berbasis 4G LTE untuk para pelanggannya. Kecepatan jaringan ini mampu digunakan untuk mengakses internet hingga kecepatan 1MB per detik.

Namun sayangnya, sinyal 4G LTE ini terkadang kurang stabil di beberapa wilayah sehingga sinyal sering beralih dari 3G ke 4G maupun sebaliknya.

Ada beberapa faktor yang menyebabkan hal ini, diantaranya adalah minimnya sinyal yang dipancarkan oleh BTS (Base Transceiver Station), posisi tower letaknya cukup jauh dari perangkat, atau karena kondisi geografis wilayah tersebut (misalnya pegunungan).

Jika sinyal yang diterima lemah, hal ini cukup mengganggu aktivitas pengguna saat sedang mengakses internet. Dan tentunya kita tidak dapat menikmati kecapatan internet melalui jaringan 4G.

Nah, untuk mengatasi hal ini, Ponselgue akan membagikan 4 cara untuk mengunci sinyal 4G LTE di smartphone Android Anda. Oleh karena itu, simak ulasan selengkapnya di bawah ini.

Cara Mengunci Sinyal 4G LTE

Baca juga :

Cara Lock Sinyal 4G LTE Android Tanpa Aplikasi

Untuk bisa mengunci sinyal di perangkat Android Anda, ada beberapa cara yang bisa dilakukan, yakni dengan mengaturnya di menu setelan, memasukkan kode tertentu, hingga menggunakan bantuan aplikasi. Silahkan ikuti penjelasannya berikut ini.

1.Kunci sinyal 4G di menu Setelan

Cara ini merupakan cara yang paling mudah. Anda hanya perlu membuka menu “Settings/Pengaturan/Setelan” di perangkat Android yang Anda gunakan, kemudian cari “Jaringan Seluler“. Selanjutnya pilih “Mode Jaringan” lalu pilih “Hanya 4G/4G Only“.

Cara ini tergolong sangat mudah dilakukan, namun beberapa orang pengguna ponsel pintar masih belum mengetahui hal ini.

2.Mengunci sinyal 4G Only dengan Kode

Cara selanjutya yakni dengan memasukkan kode tertentu untuk mengaturnya. Anda bisa mengikuti langkah-langkahnya berikut ini:

  1. Buka aplikasi Telepon  di perangkat Anda.
  2. Selanjutnya ketikkan kode berikut *#*#4636#*#* atau *#*#3646633#*#* di dialpad Android Anda.
  3. Nantinya Anda akan masuk secara otomatis ke menu Pengujian.
  4. Silahkan pilih Informasi Perangkat.
  5. Kemudian gulir layar ke bawah dan cari Set preferred network type, kemudian pilih LTE only.
  6. Tutup menu tersebut dengan mengetuk tombol kembali dan tunggu beberapa saat.
  7. Selesai.

Pada beberapa kasus, ada perangkat yang menu Pengujian-nya tidak muncul. Jika Anda mengalami hal tersebut, silahkan Anda coba cara selanjutnya dengan bantuan aplikasi.

Jaringan 4G di Smartphone Android

Cara Mengunci Sinyal 4G LTE di Android Menggunakan Aplikasi

Untuk mengatur masalah sinyal yang diterima ini, Anda juga dapat memanfaatkan beberapa aplikasi yang bisa dengan mudah ditemukan di Google Play Store. Ada aplikasi yang tidak membutuhkan akses root di smartphone Android, tetapi ada juga yang sebaliknya. Anda bisa memilih salah satu atau bahkan keduanya.

1. Lock Jaringan 4G LTE Menggunakan Aplikasi

Pada dasarnya, pplikasi ini hanya berfungsi sebagai jalan pintas untuk mengakses menu “Device Info” serta tidak memerlukan akses ROOT. Selain ukurannya yang sangat ringan, aplikasi ini cukup bisa di andalkan.

  1. Silahkan unduh aplikasi 4G LTE Switch kemudian install di perangkat Android Anda.
  2. Jalankan aplikasi tersebut, dan secara otomatis Anda akan diarahkan ke menu Device Info.
  3. Scrool layar ke bawah kemudian cari Set Preferred Network Type.
  4. Selanjutnya klik pada icon segitiga yang terdapat dibawah tulisan tersebut, kemudian pilih LTE Only.
  5. Selesai.

2. Cara Lock Signal 4G LTE Menggunakan Aplikasi (Wajib Root)

Bagi pengguna OS Android Lollipop ke atas, aplikasi ini membutuhkan akses Root. Jika smartphone Android Anda masih belum di root, silahkan baca tutorial “Cara Root Android Menggunakan KingRoot Berhasil 100%“.

  1. Silahkan unduh dan install aplikasi Advanced Signal Status di Google Play Store kemudian jalankan.
  2. Selanjutnya gulir layar ke bawah, cari dan ketuk pada Additional Info, nantinya Anda akan diarahkan ke menu Pengujian.
  3. Setelah itu pilih Informasi Perangkat. Kemudian pilih Set preferred network type lalu pilih LTE only.
  4. Jika sudah dilakukan, silahkan tutup menu tersebut kemudian tunggu beberapa saat. Nantinya, pergantian jaringan 4G LTE akan dilakukan secara otomatis.

Nah, demikianlah 4 cara mudah untuk mengunci sinyal 4G LTE di smartphone Android. Jika Anda mengalami masalah seputar perangkat Android, silahkan tinggalkan pertanyaan di kolom komentar di bawah ini. Semoga bermanfaat.

You might also like

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More