Cara Menjual Lagu Di iTunes

3.061

Cara menjual lagu di iTunes

Ponselgue.com | Cara Menjual Lagu Di iTunes – Salah satu cara agar konten atau karya yang kita buat dapat dinikmati dan dikenal orang banyak adalah dengan mempromosikannya. Hal ini sangat penting bagi para musisi, karena bukan hanya membuat lagu yang bagus, melainkan juga mendistribusikannya.

Seiring perkembangan zaman, kini para penikmat musik tidak perlu repot-repot lagi membeli CD atau kaset. Kini semua orang bisa mendengarkan musik kapan saja dan dimana saja melalui layanan streaming musik di gadget miliknya. Yang mana hal tersebut berarti masalah distribusi sekarang sudah beralih ke bentuk musik digital.

Seiring dengan fakta diatas, kini para pembuat musik mempunyai kesempatan untuk menjual lagu di iTunes. Jika Anda tertarik, berikut cara selengkapnya.


Baca juga :


Cara Menjual Lagu di iTunes

Cara menjual lagu di iTunes

Sebenarnya caranya mudah, namun tak bisa dipungkiri bahwa ada regulasi yang membuatnya cukup sulit, terutama bagi para musisi yang baru merintis karir.

Untuk bisa memasukkan musik ke iTunes, Anda setidaknya harus mempunyai 20 album, sudah membeli Universal Product Code, dan International Standard Recording Code untuk setiap lagu Anda. Selain itu, Anda harus mempunyai Mac yang menjalankan OS X versi 10.5.8 atau yang lebih baru.

Jika Anda tidak bisa memenuhi syarat diatas, maka Anda tidak dapat menjual lagu ciptaan Anda sendiri ke iTunes. Cara alternatif untuk bisa memasukkan musik buatan Anda yaitu dengan bantuan dari perusahaan ketiga yang disebut agregator.

Jual lagu melalui agregator

Ada banyak agregator yang dapat membantu Anda. Mereka juga biasanya disebut distributor musik online. Beberapa agregator populer yang dipercaya Apple diantaranya adalah Catapult, CDBaby, dan Tunecore.

Selain nama diatas, sebenarnya banyak agregator populer yang juga bekerja dengan iTunes tetapi tidak masuk dalam rekomendasi Apple. Diantaranya seperti ReverbNation, Ditto, Distrokid, RecordUnion, dan ADED.US Music Distribution.

Semua perusahaan diatas menyediakan layanan distribusi musik yang akan memasukkan lagu ke dalam platform streaming seperti iTunes, SoundCloud dan Spotify. Dari sanalah mereka mendapatkan bayaran dari setiap lagu yang terjual di iTunes. Sementara bayaran untuk kreator musik tergantung sistem yang dipilih, ada yang mingguan atau bulanan.

Cara menjual lagu di iTunes

Setelah Anda memilih agregator untuk mendistribusikan konten musik Anda, selanjutnya Anda tinggal mengupload artwork album dan lagunya, sementara sisanya akan diurus oleh distributor.

Jika semua proses berjalan lancara, Anda akan menemukan musik Anda di iTunes dalam satu sampai empat minggu. Bahkan ada beberapa musisi yang melihat lagu mereka sudah bis ditemukan di iTunes dalam waktu 2-3 hari.

Nah, demikianlah 2 cara menjual lagu di iTunes. Sebagai catatan, untuk mempermudah distribusi konten musik Anda sebaiknya gunakan layanan dari agregator, supaya lagu atau musik ciptaan Anda dapat dinikmati oleh jutaan pengguna iTunes dan Anda memperoleh bayaran dari itu. Selamat mencoba.

You might also like

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More