2 Cara Menghubungkan HP Android Ke TV Dengan Mudah

3.165

2 Cara menghubungkan HP Android Ke TV Dengan MudahPonselgue.com | cara Menyambungkan HP ke TV – Tidak bisa dipungkiri bahwa teknologi memiliki peran yang sangat penting dalam kehidupan masyarakat saat ini. Salah satunya adalah smartphone.

Kemampuan smartphone untuk memudahkan hampir semua kegiatan sehari-hari, membuatnya menjadi barang yang selalu dibawa dalam aktivitas apapun. Apalagi kini ada fitur yang bisa membuat layar ponsel ditampilkan di TV.

Selain dengan bantuan aplikasi, cara termudah adalah dengan menggunakan kabel USB dan alat khusus. Untuk itu, simak selengkapnya tutorial cara menyambungkan HP ke TV bawah ini.


Baca juga :


Cara Menyambungkan HP ke TV

Cara Menyambungkan HP ke TV

Sebelum mulai menghubungkan perangkat Android ke televisi, pastikan sebelumnya keduanya memang menunjang aktivitas tersebut. Namun hal ini biasanya sudah tersedia jika Anda menggunakan smartphone dan TV / Smart TV keluaran terbaru sehingga bisa melakukan fitur mirror dengan mudah.

1. Menggunakan Kabel USB

cara menyambungkan hp ke tv menggunakan kabel USB

Cara pertama untuk menghubungkan perangkat Android ke sebuah TV yaitu menggunakan kabel USB. Yang Anda butuhkan adalah sebuah kabel HDMI, yaitu jenis microSD USB to HDMI dan bukanlah kabel USB yang biasa digunakan untuk mengisi daya.

Berikut langkah-langkah untuk menyambungkan HP Android ke TV menggunakan kabel USB :

  • Pertama, siapkan kabel microUSB to HDMI atau USB Type to HDMI yang sesuai dengan port port perangkat Android Anda.
  • Selanjutnya, sambungkan HP ke TV menggunakan kabel tersebut.
  • Setelah itu aktifkan menu HDMI Connection di HP Android Anda.
  • Kemudian secara otomatis layar HP Anda akan ditampilkan juga di TV.

2. Menggunakan Chromecast

cara menyambungkan hp ke tv menggunakan Google ChromecastCara selanjutnya adalah dengan menggunakan bantuan alat khusus yaitu Chromecast. Chromcast merupakan perangkat yang berbentuk seperti USB flashdisk dan memiliki fungsi seperti Wi-Fi dan hospot.

Cara kerja alat ini, perangkat Android Anda akan berperan menjadi Hotspot sedangkan TV akan berperan menjadi Wi-Fi sehingga Anda bisa menyambungkan Hp Android dan TV tanpa harus menggunakan kabel HDMI.

Nah, berikut langkah-langkah penggunaan Chromecast untuk menyambungkan HP Android ke TV :

  • Pertama, siapkan perangkat Chromecast, Anda bisa membelinya melalui toko online maupun offline.
  • Selanjutnya tancapkan dongle Chromecast di perangkat TV Anda.
  • Setelah itu lakukan konfigurasi agar Google Chromecast bisa terintegrasi dengan TV dan terhubung dengan jaringan WiFi.
  • Kemudian, download aplikasi Google Home.
  • Kemudian gunakan aplikasi Google Home tersebut agar smartphone Android Anda bisa tersambung dengan TV melalui jaringan WiFi yang sama dengan Google Chromecast.
  • Nah, setelah berhasil tersambung kini Anda bisa melihat semua aktivitas HP Anda melalui layar TV.

Nah, demikianlah 2 cara menyambungkan HP ke TV menggunakan USB dan Chromecast. Anda hanya perlu memilih metode yang paling sesuai dan mempertimbangkan kemudahannya. Misalnya saat menggunakan kabel jangkauan perangkat tidak seleluasa seperti menggunakan Google Chromecast. Semoga bermanfaat!

You might also like

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More