4 Tips Merawat Baterai HP Android Non-Removable Agar Lebih Awet

Ponselgue | Kebanyakan smarphone yang dirilis zaman sekarang menggunakan baterai tanam atau yang lebih dikenal dengan sebutan baterai non-removable. Memang sih, tidak semua smartphone menggunakan baterai non removable, ada beberapa produsen smartphone yang masih mengeluarkan perangkat dengan baterai yang dapat di lepas.

Sebenarnya penggunaan kedua baterai ini tidak terlalu menjadi pertimbangan penting. Baik perangkat yang menggunakan jenis baterai removable maupun non-removable, keduanya sama-sama memiliki kelebihan dan kekuranngannya masing-masing.

Oleh karena itu, kali ini saya akan mengulas mengenai cara merawat Baterai Non-Removable pada smartphone Anda supaya awet dan tidak cepat rusak. Simak selengkapnya di bawah ini.Cara Merawat Baterai Non-Removable

Baca juga :

4 Tips Cara Merawat Baterai Non-Removable

1. Hindari Over Charging

Hindari Over ChargingBeberapa smartphone Android tipe terbaru biasanya sudah dilengkapi dengan fitur pemutus arus saat baterai sudah terisi penuh. Namun, membiarkan perangkat dalam keadaan sedang di-charge selama berjam-jam bisa mengakibatkan kerusakan permanen pada baterai.

Contoh yang sering terjadi adalah pengguna yang mencharge baterai sebelum tidur dan membiarkannya sampai pagi meskipun sudah dalam keadaan terisi penuh. Parahnya, terkadang hal ini bisa membuat kondisi baterai menggembung.

2. Jangan Tunggu Baterai Habis Baru Di Charge

jangan sampai kehabisan bateraiAnda tidak perlu menunggu sampai daya baterai habis 100% baru melakukan pengisian. Anda bebas melakukan charging meskipun kondisi baterai masih 70% misalnya.

Berdasarkan hasil survei yang dilakukan oleh Apple, baterai smartphone yang di-charge sebelum kehabisan daya akan lebih tahan lama jika dibandingkan dengan baterai yang di-charge setelah baterai habis.

3. Hindari Penggunaan Smartphone Sewaktu di Charge

jangan gunakan hp saat di chargeUsahakan untuk menghindari penggunaan smartphone dalam keadaan sedang di-charge, misalnya untuk bermain game online, memutar musik, browsing, ataupun melakukan panggilan telepon. Hal tersebut dapat meningkatkan suhu baterai menjadi sangat panas, dan tentu saja bisa mengurangi umur baterai tersebut.

4. Gunakan Selalu Charger Original

Gunakan Charger originalAgar baterai bisa awet, usahakan untuk selalu menggunakan charger bawaan atau original. Bukan hanya adaptor maupun port yang digunakan, namun juga sesuai dengan standar keamanan perangkat, misalnya seperti kekuatan arus listrik yang dapat dialirkan. Dan tentu saja pilihan terbaik dalam hal ini adalah charger original.

Nah, demikianlah 4 tips cara merawat baterai baterai non-removable agar lebih awet. Tentunya hal ini tergantung dari penggunaan dan perawatan yang Anda lakukan. Semoga bermanfaat.

Anda mungkin juga berminat

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More