5 Cara Merawat Baterai Oppo Agar Lebih Awet

Ponselgue.com | 5 Cara Merawat Baterai Oppo Agar Lebih Awet – Sebagai salah satu produsen ponsel pintar terbesar dunia saat ini, Oppo berusaha terus menghasilkan perangkat dengan kualitas sebaik mungkin. Namun seiring dengan perkembangan teknologi smartphone, saat ini sedang menjadi tren perangkat dengan baterai tanam atau non-removable.

Oppo sendiri juga memproduksi perangkat desain baterai non-removable. Tentunya Anda tidak boleh gegabah dalam merawat perangkat Oppo Anda. Terlebih, karena baterai tipe ini tentunya tidak dapat Anda ganti sendiri.

Untuk itu, agar bisa membuat baterai smartphone Anda semakin awet, simak cara merawat baterai Oppo berikut ini.

Cara Merawat Baterai Oppo

1. Hindari pengisian daya di luar ruangan

oppo smartphone
Oppo Smartphone

Sebaiknya, Anda tidak melakukan pengisian daya saat berada di luar ruangan yang cuacanya cenderung lebih panas. Hal ini dapat membuat perangkat memanas saat mengisi daya. Selain itu, meletakan perangkat di suhu tinggi juga dapat membuatnya rusak. Pasalnya, suhu tinggi di dalam smartphone dapat membuatnya overheat. Kondisi terburuk yang bisa Anda alami adalah perangkat mengalami kerusakan total karena ada komponen yang terbakar akibat overheat.

Sebaiknya Anda juga tidak menggunakan power bank untuk mengisi daya saat berada di luar ruangan yang mana membuat perangkat Anda terekspos cahaya matahari. Jika terpaksa harus mengisi menggunakan power bank di luar ruangan, sebisa mungkin letakkan ponsel dan power bank ke dalam tas supaya terhindar dari sinar matahari yang terik secara langsung.

Baca juga :

2. Jangan tunggu baterai sudah benar-benar habis

Oppo A37
Oppo Smartphone

Hal lain yang dapat Anda lakukan untuk merawat baterai Oppo adalah dengan mengisi dayanya secara berkala. Jika tidak, baterai akan mudah drop dan akan susah penuh saat diisi di kemudian waktu.

Dengan melakukan pengisian secara berkala, baterai akan lebih awet dan tidak akan nge-drop meskipun digukana bertahun-tahun. Selain itu, sesekali Anda juga perlu melakukan kalibrasi baterai.

3. Aktifkan mode pesawat atau matikan perangkat saat mengisi daya

phone plane airplane 4g
airplane mode. foto: Pexels

Sebisa mungkin saat mengisi daya jangan menyalakan smartphone Anda atau jika tidak ingin repot Anda bisa menggunakan airplane mode (mode pesawat). Dengan begitu, proses pengisian baterai tidak akan terganggu dengan kerja ponsel yang lain yang tentunya bisa lebih efektif dan cepat mengisinya.

4. Hindari penggunaan smartphone saat pengisian daya

ilustrasi. foto : Pexel

Karena dianjurkan untuk mengisi daya dengan menggunakan airplane mode, sebaiknya Anda tidak menggunakan smartphone saat hal ini dilakukan, terutama untuk bermain game.

Ingat, kemampuan baterai untuk menyimpan daya normalnya akan menurun 10-15% per tahun. Dengan memaksanya untuk diisi daya sambil main game, tentunya akan menambah proses keausan semakin cepat.

5. Gunakan charger asli bawaan smartphone

Charging
Charging

Hal terakhir yang dapat Anda lakukan untuk merawat baterai Oppo Anda adalah dengan menggunakan charger asli smartphone tersebut. Apalagi untuk urusan baterai tanam, sebaiknya Anda tidak asal membeli charger. Jika memang charger rusak dan anda tidak dapat menemukan model charger yang sama, silahkan cari charger yang mempunyai model paling mendekati aslinya.

Nah, meskipun Anda menggunakan smartphone Oppo dengan baterai non-removable, bukan berarti Anda tidak dapat membuat baterai Oppo tetap awet. Untuk itu, ikuti tips diatas sekarang juga!

You might also like

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More