6 Tips Cara Merawat Power Bank Agar Tidak Cepat Rusak

Ponselgue.com | 6 Cara Merawat Power Bank Agar Tidak Cepat Rusak – Sama seperti perangkat  elektronik lainnya, power bank juga rentan mengalami kerusakan jika tidak dirawat dengan benar. Tentunya Anda tidak ingin power bank yang Anda beli dengan harga yang mahal hanya bisa dipakai beberapa kali saja karena rusak.Mulai dari pengisiannya, berikut 6 tips cara merawat power bank agar tidak cepat rusak.

Cara merawat power bank agar tidak cepat rusak :

1. Perhatikan cara pengisian

5 Cara Merawat Power Bank Agar Tidak Cepat Rusak

Cara pengisian sangat mempengaruhi umur power bank. Supaya lebih awet, usahakan untuk mengisi power bank sampai benar-benar penuh supdaya dapat bekerja maksimal. Selain itu, sebaiknya jangan tunggu daya hampir habis saat akan men-charge power bank, misalnya di bawah 15%.

Hindari juga pengisian yang terlalu sering, apalagi saat daya masih cukup banyak. Hal tersebut dapat menyebabkan turunnya kinerja power bank dan memperpendek umurnya. Pengisian daya yang over charging pun bisa berakibat sangat buruk untuk power bank Anda. Selalu perhatikan LED indikator pada power bank. Jika Anda suka men-charge power bank saat ditinggal tidur, sebaiknya Anda membeli adapter listrik yang dilengkapi dengan timer untuk menghindari over charging.

Baca juga : 5 Cara Mengatasi Smartphone Android Yang Overheating

2. Hindarkan dari suhu ekstrem

Cara Memilih Power Bank

Power bank tidak kebal terhadap suhu yang ekstrem, yaitu suhu yang terlalu panas atau terlalu dingin. Sebaiknya jangan meletakkan power bank di tempat yang terkena sinar matahari secara langsung dan juga tempat yang lembap, apalagi yang terkena air.

Suhu yang terlalu panas ataupun dingin bisa mempercepat kerusakan komponen-komponen di dalamnya. maka dari itu, simpan dan letakkanlah power bank di tempat yang memiliki suhu ruangan.

Baca juga : Jangan Salah! Begini Cara Kalibrasi Baterai iPhone Yang Benar

3. Jauhkan dari alat elektronik lain

Meletakkan power bank di dekat alat elektronik lain ternyata tidak baik untuk power bank Anda. Hal tersebut diakrenakan bisa menimbulkan medan magnetik yang bertabrakan.

Contoh yang harus Anda hindari yaitu seperti televisi dan kulkas. Jika  power bank diletakkan berdekatan dengan televisi ataupun kulkas, gelombang magnetik yang dihasilkan keduanya akan saling bertabrakan. Jika terjadi secara terus-menerus dan dalam kurun waktu yang cukup lama, hal tersebut dapat menyebabkan kerusakan pada keduanya . Kerusakan ini bisa berupa menurunnya kinerja power bank Anda.

Baca juga : Tips Mengatasi Sinyal Smartphone Lemah Dan Sering Hilang

4. Hindari benturan dan jangan sampai terjatuh

Foto: Pexels

Power bank termasuk benda yang tidak tahan banting dan rentan rusak jika terjatuh atau terkena benturan, sama seperti perangkat eletronik lainnya. Untuk itu hindarilah kedua hal tersebut,

Apabila power bank terkena benturan keras seperti terjatuh, maka kinerja dari komponen baterai akan berkurang, bahkan tidak akan dapat digunakan lagi. Untuk menghindari hal tersebut, Sebaiknya Anda mengamankannya dengan menggunakan case atau sarung khusus power bank.

Baca juga : 4 Tips Merawat Baterai HP Android Non-Removable Agar Lebih Awet

5. Hindari penggunaan ponsel yang sedang diisi dengan power bank

Cara merawat Power Bank

Jika disuruh memilih, pilih power bank atau ponsel yang awet? Tentu Anda ingin memilih dua-duanya. Untuk itu, supaya keduanya awet, hindari penggunaan ponsel saat sedang di-charge dengan power bank.

Jika Anda menggunakan ponsel saat sedang melakukan pengisian daya dengan power bank, hal tersebut akan membuat arus listrik yang dikeluarkan menjadi tidak stabil. Selain berbahaya untuk ponsel, hal yang sama juga bisa membuat baterai power bank menjadi cepat bocor.

6. Gunakan dengan bijak

Seiring dengan penggunaan, pastinya kinerja dan daya tahan power bank pun akan semakin menurun. maka dari itu, sebaiknya Anda harus bijak saat menggunakan power bank dan meminimalisir penggunaannya.

Jika Anda sedang berada di tempat yang menyediakan banyak colokan listrik seperti di rumah atau di kantor, sebaiknya Anda mengisi daya gadget Anda melalui colokan tersebut. Baru jika Anda sedang berada di luar ruangan, Anda bisa menggunakan power bank. 

Nah, itulah 6 tips cara merawat power bank agar tidak cepat rusak. Bagi Anda yang belum mempunyai power bank, simak 3 Cara Memilih Power Bank Sesuai Kebutuhan.

Comments
Loading...