Cara Merekam Layar di HP OPPO dan Menjadikannya Video

Ponselgue.com | Cara Merekam Layar HP OPPO – Kemudahan akses internet pada zaman sekarang membuat konten video cukup diminati, terutama di platform berbagi video seperti YouTube. Konten-konten seperti gaming, squishy dan review makanan/jajanan, saat ini cukup banyak disukai oleh masyarakat indonesia.

Seperti halnya di layar komputer / laptop, Anda juga bisa merekam aktivitas pada HP / Smartphone Anda. Akan tetapi tentu saja Anda membutuhkan aplikasi perekam layar untuk membantu dalam proses perekaman pada layar HP.

Melihat fenomena ini, kini banyak vendor smartphone Android yang menyertakan fitur Screen Recording pada perangkat mereka. Fitur ini bisa digunakan pengguna untuk merekam aktivitas layar dan membagikannya dalam bentuk video, seperti tutorial penggunaan aplikasi tertentu, pengaturan perangkat, hingga merekam gameplay permainan.

Oppo sebagai salah satu brand smartphone besar di Indonesia juga menyisipkan fitur screen recording di sistem ColorOS miliknya. Nah, berikut cara merekam layar HP OPPO tanpa aplikasi pihak ketiga.

Cara Merekam Layar HP OPPO F7

Baca Juga :

Cara Merekam Layar HP OPPO Tanpa Aplikasi Tambahan

Sebelumnya Anda harus mengaktifkan fitur Screen Recording di Pengaturan terlebih dahulu, berikut caranya :

  1. Pertama, masuk ke Setelan / Settings di ponsel Oppo Anda.
  2. Kemudian cari dan ketuk pada opsi Screen Recording.
  3. Setelah itu, aktifkan opsi Record Screen Taps dengan mengetuk slider ke posisi ON.

Selanjutnya, untuk menggunakan fitur ini, buka panel quick settings dengan menarik bar notifikasi ke bawah. Setelah itu, pilih opsi Start Screen Recording (ikon kamera video).

Jika opsi Start Screen Recording belum muncul, Anda bisa menekan tombol panah (mirip huruf v) di bagian bawah quick settings untuk memperluas opsi yang terdapat di panel tersebut.

Setelah itu akan muncul lingkaran melayang, dan terdapat hitungan angka mundur yang menandakan layar akan segera direkam. Jika tombol tersebut sudah berubah menjadi tanda Stop (ikon kotak) atau di panel notifikasi muncul opsi Screen Recording, maka itu tandanya proses perekaman layar sudah dimulai.

Anda bisa menghentikan proses rekaman layar dengan mengetuk tanda Stop atau mengetuk opsi Screen Recording di panel notifikasi (dengan cara menarik bar notifikasi seperti sebelumnya). Anda juga bisa menghentikan proses rekaman layar dan hasilnya langsung tersimpan otomatis saat Anda mematikan layar, baik dengan menekan tombol power maupun dengan melakukan aksi lainnya.

Sebagai catatan, proses perekaman layar di HP OPPo ini hanya dibatasi maksimal sampai dengan 30 menit atau saat ukuran video mencapai 2GB. Jika lebih dari itu, fitur ini akan otomatis berhenti dan menyimpan hasilnya di perangkat.

Baca juga :

Yang perlu Anda perhatikan, fitur ini hanya tersedia pada ColorOS versi terbaru. Jika di perangkat OPPO Anda masih belum terdapat fitur ini, mau tidak mau Anda harus menggunakan aplikasi tambahan.

Anda bisa melihat daftar aplikasi perekam layar HP Android terbaik yang sudah tim Ponselgue.com rangkum, pilih aplikasi yang Anda suka kemudian download sampai proses install selesai. Pada beberapa aplikasi perekam layar bahkan juga menyediakan fitur pengeditan video (editor video) hasil perekaman layar tadi.

Jika Anda ingin melakukan pengaturan lebih lanjut, Anda cukup masuk ke menu Pengaturan / Setting pada aplikasi perekam layar. Biasanya didalamnya terdapat beberapa opsi seperti menampilkan efek sentuhan jari di layar, menampilkan kotak kamera di ujung layar jika merekam dengan mengaktifkan kamera, mikrofon, dan pengaturan lainnya yang bisa Anda gunakan untuk memaksimalkan video.

Catatan : Setiap aplikasi Screen Recording memiliki pengaturan yang berbeda-beda.

You might also like

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More