Cara Memindahkan Foto Kamera Mirrorless ke Smartphone Melalui Wi-Fi

cara transfer foto kamera mirrorless ke smartphone melalui WiFiPonselgue.com | Cara transfer Foto Kamera Mirrorless Melalui Wi-Fi – Hampir semua kamera mirrorless yang tersedia saat ini kebanyakan sudah dilengkapi dengan koneksi nirkabel. Salah satu koneksi yang paling sering ditemui adalah WiFi. Nantinya pengguna bisa memanfaatkan koneksi yang tersedia ini dalam hal transfer foto ke smartphone.

Namun, tidak sedikit pengguna yang mengalami kesulitan saat proses memindahkan foto melalui koneksi ini. Untuk itu, untuk memudahkan Anda dalam melakukannya, simak cara transfer foto kamera mirrorless melalui Wi-Fi berikut ini.

Cara Transfer Foto Kamera Mirrorless ke Smartphone

1. Aktifkan WiFi kamera mirrorless

Foto : Canon.co.uk

Langkah pertama yang harus Anda lakukan dalam proses transfer foto kamera mirrorless ke smartphone adalah dengan mengaktifkan koneksi WiFi pada kamera. Beberapa produsen kamera menyediakan tombol khusus untuk fitur ini, namun ada juga yang harus melalui menu pada kamera.

Nah, tentunya kamera mirrorless yang menggunakan tombol khusus supaya pengguna bisa melakukan proses pengaktifan WiFi dengan lebih cepat.

Pada saat pertama kali dinyalakan, koneksi WiFi akan mengusung nama produsen kamera yang memproduksinya. Namun, Anda bisa menggantinya dengan mudah. Namun yang perlu diingat, Anda harus menyalakannya dengan mengubah status WiFi menjadi ON.

Baca juga : 6 Tips Memperbaiki Kamera Android Error (Tidak Dapat Terhubung )

2. Download aplikasi transfer foto di smartphone

Foto : Google Play Store

Setiap pabrikan biasanya juga merilis aplikasi khusus untuk koneksi nirkabel kamera mirrorless-nya. Pengguna bisa mengunsuh semua aplikasi tersebut secara gratis di Play Store untuk Android dan App Store untuk pengguna iOS.

Berikut daftar aplikasi yang dibutuhkan untuk transfer foto berdasarkan produsen kamera mirrorless :

• Fujifilm PhotoReceiver untuk kamera mirrorless Fujiiflm

• PlayMemories untuk kamera mirrorless Sony

• Canon Camera Connect untuk kamera mirrorless Canon

• Wireless Mobile Utility untuk kamera mirrorless Nikon

• Panasonic Image App untuk kamera mirrorless Panasonic

3. Sambungkan kamera mirrorless dengan smartphone koneksi WiFi

Setelah Anda selesai mengunduh aplikasi transfer foto di smartphone Anda, selanjutnya Anda harus mengaktifkan koneksi WiFi-nya. Di smartphone Android, Anda bisa mengaktifkan koneksi nirkabel ini mengetuk ikon WiFi.

Berikutnya aktifkan fitur WiFi pada kamera mirrorless kemudian sambungkan koneksinya dengan smartphone Anda. Untuk memastikan kedua perangkat terhubung, Anda bisa meilihat nama koneksi WiFi yang tersambung dengan smartphone. 

Baca juga : Smartphone Anda Cepat Panas? Berikut ini 10 Tips Untuk Mengatasinya

Jika sudah terkoneksi, Anda bisa memilih foto pada kamera untuk dikirim ke smartphone. Bahkan pada beberapa kamera mirrorless, Anda bisa melakukan proses pemilihan foto yang akan dipindahkan langsung dari smartphone Anda.

4. Cek ukuran file foto yang akan dikirim

Foto : Canon.co.uk

Pada beberapa aplikasi transfer foto, biasanya terdapat pilihan ukuran file yang akan dikirimkan. Aplikasi tersebut secara otomatis akan melakukan pengubahan ukuran file supaya lebih sesuai dengan kebutuhan visual di smartphone.

Namun pada menu pilihan ukuran foto, Anda juga dapat memilih untuk menerima data dari kamera mirrorless dengan ukuran aslinya. Sebelum melakukan pengiriman foto versi ini, sebaiknya Anda memeriksa sisa kapasitas penyimpanan perangkat Anda supaya tidak menghabiskan memory smartphone.

Baca juga : Cara Print Foto dari HP Secara Langsung

Kehadiran koneksi WiFi pada kamera mirrorless memang dihadirkan untuk memudahkan urusan transfer foto. Namun untuk proses transfernya sendiri sebaiknya dilakukan dengan mengirim beberapa file sekaligus. Hal ini supaya konsumsi baterai kamera menjadi tidak boros.

Nah, mudah bukan cara transfer foto kamera mirrorless ke smartphone melalui WiFi? Semoga bermanfaat.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More