Periksa Kualitas dan Kesehatan Baterai Smartphone Menggunakan Aplikasi Ini

2.204

Ponselgue.com | Cek Kualitas dan Kesehatan Baterai Smartphone – Seiring dengan penggunaan dan umur perangkat seluler, ketahan baterai akan mengalami penurunan kualitas. Nantinya lambat laun kemampuan baterai dalam menyimpan daya akan terus menurun hingga harus diganti.

Tak jarang ada beberapa kasus setelah pengguna selesai melakukan pengisian baterai hingga penuh namun begitu digunakan baterai langsung habis dalam waktu yang relatif sebentar saja. Hal tersebut bisa terjadi dikarenakan kapasitas maksimal baterai sudah jauh menurun dibandingkan saat awal pembelian.

Normalnya, kemampuan baterai dalam menyimpan daya akan menurun sekitar 5-10% setiap tahunnya. Misalnya, baterai perangkat yang digunakan dalam 2 tahun akan mengalami penurunan kinerja hingga 20% , jadi jika tadinya kapasitas baterai 3.000 mAh kini hanya menjadi 2.400 mAh saja.

Nah, Anda bisa mengetahui dan cek kualitas dan kesehatan baterai dengan beberapa cara. Salah satunya adalah dengan menggunakan aplikasi Battery Life.

Baca juga :

Cek Kualitas dan Kesehatan Baterai Menggunakan Aplikasi Battery Life

Cek Kualitas dan Kesehatan Baterai - Battery Life iOS

Anda bisa mengunduh aplikasi Battery Life melalui Google Play Store untuk perangkat Android dan di App Store untuk perangkat iPhone. Selain penggunaanya yang mudah, Anda juga bisa mendapatkan informasi seberapa persen tingkat keausan atau wear level.

Tak hanya itu, Anda juga bisa melihat secara detail berapa kapasitas mAh yang tersisa dan mengetahui berapa lama ketahanan perangkat saat digunakan untuk mengakses internet, melakukan panggilan telepon, maupun yang lainnya.

Untuk pengguna smartphone Android, aplikasi ini mempunyai beberapa fitur tambahan yang cukup menarik, diantaranya adalah menguji perangkat, pembersihan memori, dan juga melakukan tes kecepatan koneksi internet.

Battery Life Android

Anda juga perlu sesekali melakukan kalibrasi baterai agar kinerja baterai lebih sehat dan normal. Selain itu, Anda perlu merawatnya supaya lebih awet dan penurunan kemampuan tidak terjadi terlalu cepat.

Beberapa hal yang bisa Anda lakukan adalah jangan menunggu baterai habis baru melakukan pengisian. Kemudian jangan terlalu sering meninggalkan perangkat dalam kondisi charge semalaman, dan juga hindari penggunaan smartphone saat suhu baterai terlalu panas karena akan merusak kinerja ion di dalamnya.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More