6 Tips Memperbaiki Kamera Android Error (Tidak Dapat Terhubung )

7.288

Ponselgue.com | 6 Tips Cara Mengatasi Kamera Android Tidak Bisa Terhubung – Salah satu fitur terpenting dari smartphone saat ini adalah kamera. Oleh karena itu, hampir semua vendor ponsel terus berinovasi dan mencari cara untuk meningkatkan kualitas kameranya. Misalnya saja Oppo yang terkenal berkat flagship Selfie Expert-nya, serta lensa ultra-wide angle dari LG.

Namun ada beberapa pengguna Android yang mengalami masalah pada kameranya. Yang sering dikeluhkan adalah kamera error dan tidak bisa digunakan, dan muncul pesan “Cannot Connect to Camera” atau “Tidak Dapat Terhubung Ke Kamera”. Masalah ini sering terjadi pada semua perangkat Android.

Penyebab dari masalah diatas berbeda-beda, entah karena perangkat error karena terjatuh atau aplikasi kamera yang rusak. Lalu, bagaimana cara mengatasi kamera Android tidak bisa terhubung ini? cara mengatasi kamera Android tidak bisa terhubung

Baca juga :

Cara Mengatasi Kamera Android Tidak Bisa terhubung

Di bawah ini ada 6 tips yang bisa Anda coba lakukan untuk memperbaiki kamera yang error atau tidak bisa terhubung. Oleh karena itu, simak selengkapnya tips mengatasi kamera Android tidak bisa terhubung di bawah ini.

1. Matikan Perangkat

Langkah pertama yang dapat Anda lakukan jika terjadi error pada kamera adalah mematikan perangkat. Setelah perangkat dalam keadaan mati, kemudian lepaskan SIM Card, Memory Card (micro SD), dan juga Baterai (jika removable).

Selanjutnya tekan tombol On/Off selama 15 detik untuk menghilangkan daya statis pada smartphone. Kemudian pasang lalu nyalakan kembali smartphone Android Anda. Kini Anda bisa mengecek apakah kamera sudah bisa digunakan atau tidak.

2. Hentikan dan Hapus Data Aplikasi

Jika langkah pertama diatas masih belum berhasil, gunakan metode kedua yaitu menghentikan dan menghapus data aplikasi kamera. Cara ini cukup ampuh untuk mengatasi aplikasi kamera yang mengalami masalah, terutama aplikasi kamera bawaan.

Jika Anda melakukan Clean Data, akan menghapus cache, history, basis data, dan juga setting kamera. Sedangkan opsi Force Stop ini untuk menghentikan kamera secara ‘paksa’.Hapus Data Aplikasi Kamera

Caranya, buka Pengaturan perangkat Anda, kemudian pilih menu Setelan Tambahan, lalu pilih submenu Manajemen Aplikasi, setelah itu cari aplikasi “Kamera”.  Kemudian ketuk pada “Paksa Berhenti” dan juga “Hapus Data”.

3. Pakai Aplikasi Kamera Lainnya

Jika Anda tidak bisa menggunakan aplikasi bawaan, cobalah menggunakan aplikasi kamera lain atau aplikasi kamera pihak ketiga. Bisa jadi karena aplikasi kamera bawaan perangkat rusak, oleh karena itu Ansa bisa memakai aplikasi kamera lain sebagai alternatif.

Di Google Play Store sendiri tersedia banyak Aplikasi kamera dengan kualitas yang cukup baik. Misalnya saja aplikasi Camera360. Aplikasi-aplikasi tersebut juga sudah dilengkapi dengan berbagai fitur, salah satunya adalah filter dan editor foto.

Baca juga :

4. Update Sistem Android

Terkadang penyebab kamera error adalah bugs pada ROM yang digunakan. Nah biasanya developer vendor memberikan update system Android. Pembaruan sistem tersebut akan menghilangkan bugs dan membuat antarmuka perangkah menjadi lebih fresh.

Untuk memeriksa pembaruan versi Android, masuk ke Pengaturan Ponsel, lalu masuk ke menu Tentang Ponsel (biasanya terdapat paling bawah), pilih Pembaruan Sistem. Selanjutnya unduh dan pasang pembaruan tersebut, kemudian ponsel akan restart secara otomatis.

Namun, Anda harus tetap menyesuaikan versi Android dengan kemampuan hardware perangkat Anda. Jika update yang dilakukan terlalu tinggi, tentunya akan menyebabkan perangkat berjalan lebih berat.

5. Kembalikan ke Pengaturan Pabrik

Jika semua langkah di atas masih belum membuahkan hasil, metode terakhir yang bisa Anda coba untuk mengatasi kamera tidak bisa terhubung adalah dengan mengembalikan perangkat ke pengaturan pabrik (hard reset).

Langkah-langkah untuk melakukan Factory Reset adalah melalui Pengaturan perangkat, kemudian masuk ke Setelan Tambahan”. Setelah itu silahkan pilih menu Buat Cadangan dan Reset, lalu pilih “Hapus Semua Konten dan Pengaturan”.Reset HP Android

Sedangkan untuk melakukan hard reset, matikan ponsel Android, masuk ke Recovery Mode dengan menekan tombol kombinasi (tergantung dari tipe ponsel Anda), pilih “Wipe Data/ Factory Reset”, kemudian konfirmasi dengan memilih “YES”.

Berikut cara hard reset setiap vendor smartphone :

NOTE!! :  Me-reset perangkat ini mengembalikan ponsel seperti pertama kali dari pabrik. Untuk itu, sebelum melakukan reset, silahkan backup data-data Anda terlebih dahulu.

6. Ganti hardware kamera

Nah, jika semua langkah diatas tidak juga mengatasi masalah, kemungkinan besar terjadi kerusakan pada hardware kamera itu sendiri. Lakukan pembongkaran pada perangkat Android kemudian cek pada bagian koneksi kabel dengan kamera, apakah masih dalam kondisi baik atau tidak.

Bagi Anda yang masih belum berpengalaman dalam hal ini, sebaiknya Anda membawanya ke Service Center atau tekhnisi ponsel supaya nantinya bisa dicek dan di perbaiki.

Nah, itulah tadi 6 tips mengenai Cara Mengatasi Kamera Android yang tidak bisa terhubung, error, camera failed, atau yang tidak bisa dibuka. Jika Anda mempunyai kendala maupun pertanyaan seputar artikel ini, silahkan tulis pertanyaan pada kolom komentar yang tersedia di bawah ini. Selamat mencoba, semoga behasil!!

Baca juga :
You might also like

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More