7 Kesalahan Saat Memilih Power Bank

2.506

Ponselgue.com | 7 Kesalahan Saat Memilih Power Bank – Gadget semakin tidak bisa dipisahkan dengan aktivitas sehari-hari. Berbagai aktivitas, seperti bekerja, membaca, bermain, dan berinteraksi melalui media sosial, dan sebagainya bisa dengan mudah dilakukan menggunakan handphone. Karena itu, baterai handphone bisa cepat habis meskipun memiliki kapasitas daya yang besar.

Powerbank menjadi salah satu solusi untuk pengguna dengan mobilitas tinggi. Karena memungkinkan pengguna bisa mengisi daya gadgetnya kapanpun dan dimanapun.

Namun, jangan hanya memilih powerbank berdasarkan kapasaitas dayanya saja. Anda perlu hati-hati saat memilih powerbank sebelum membelinya. Jangan sampai perangkat kesayangan Anda malah jadi rusak. Untuk itu, sebaiknya hindari 7 kesalahan saat memilih power bank berikut ini.

7 Kesalahan Saat Memilih Power Bank

1. Memilih Powerbank Berdasarkan Kapasitas Daya

7 Kesalahan Saat Memilih Power Bank

Dipasaran kini tersedia banyak variasi kapasitas daya powerbank. Tidak sedikit pembeli pembeli yang hanya mementingkan besarnya kapasitas daya dengan harapan bisa mengisi baterai ponsel beberapa kali.

Padahal faktanya, semakin besar kapasitas daya, tentunya semakin besar pula ukuran powerbank tersebut. Anda pun akan kerepotan dalam membawanya. Sebaiknya Anda menyesuaikan daya powerbank dengan kebutuhan dan aktivitas Anda sehari-hari.

2. Tidak Memperhatikan Jumlah Sel Baterai

Kebanyakan orang memilih powerbank berdasarkan merk yang sudah terkenal dan harga yang terjangkau, tanpa memperhatikan jumlah sel baterai yang digunakan oleh powerbank tersebut.

Hal ini sebenarnya penting karena akan berpengaruh terhadap ketahanan powerbank tersebut. Semakin banyak jumlahnya, maka semakin tahan lama umur powerbank Anda.

Baca juga : 6 Tips Cara Merawat Power Bank Agar Tidak Cepat Rusak

3. Membeli Powerbank Berkapasitas Besar Dengan Harga Murah

7 Kesalahan Saat Memilih Power Bank

Seiring dengan banyaknya peminat power bank, banyak penjual yang menawarkan powerbank murah dengan kapasitas besar. Tentunya banyak pembeli yang tergiur akan hal ini. Sayangnya tidak semua powerbank murah tersebut mempunyai kualitas yang bagus. Sering kali, powerbank murah ini memakai baterai daur ulang untuk menekan biaya produksi.

Untuk itu, Sebaiknya Anda memilih produk dengan merk yang terpercaya dan terjamin keasliannya. Mungkin harganya bisa lebih mahal namun sebanding dengan kualitas yang akan Anda dapatkan.

Anda tidak mau perangkat Anda malah rusak, bukan?

4. Tidak Memakai Konektor Bawaan

Power bank biasanya dilengkapi dengan konektor untuk menghubungkannya dengan gadget. Namun ternyata tidak semua konektor tersebut mempunyai kualitas yang baik dan cocok untuk gadget Anda.

Jika Anda salah menggunakan konektor, bisa terjadi hubungan arus pendek dengan gadget sehingga berakibat pada kerusakan komponen. Sebaiknya Anda menggunakan konektor bawaan perangkat Anda karena jelas teruji keamanannya dan menghasilkan output yang lebih stabil.

Baca juga : 7 Tips Memperbaiki Proses Charging Lambat Di Android

5. Mengabaikan Fitur pada Powerbank

7 Kesalahan Saat Memilih Power Bank

Pilih powerbank yang yang mempunyai fitur Short Circuit Protection. Fitur ini merupakan proteksi yang mencegah terjadinya arus pendek atau korsleting, baik pada powerbank maupun gadget Anda, sehingga bisa terhindar dari kerusakan.

Selain itu, pilih juga yang memiliki fitur Over Charging Protection. Dengan fitur ini, saat baterai pada perangkat sudah terisi penuh, maka powerbank akan memutuskan arus listrik secara otomatis.

Nah, akan lebih lengkap lagi jika di power bank terdapat fitur Temperature Protection. Tujuannya untuk mendeteksi adanya overheating saat pengisian daya.

6. Powerbank Tidak Memiliki Output yang Sesuai

Pilih powerbank yang mempunyai output sesuai dengan perangkat Anda. Jangan terlalu rendah atau terlalu tinggi karena bisa membahayakan perangkat Anda. Penggunaan daya yang sesuai juga akan membuat proses pengisian baterai semakin cepat.

Baca juga : 4 Tips Merawat Baterai HP Non-Removable Agar Lebih Awet

7. Membeli Powerbank yang Tidak Memiliki Sertifikasi UL

Charging

Apa itu sertifikasi UL? Mengapa penting membeli powerbank yang mempunyai sertifikasi tersebut?

UL (Underwriters Laboratories) merupakan sertifikat yang berkaitan dengan keamanan, validasi, pengujian, pengawasan, auditing, layanan pelatihan ke semua klien, termasuk pabrikan, pengecer, pembuat kebijakan, pembuat regulasi, perusahaan jasa, dan konsumen.

Sertifikasi UL akan menjamin powerbank Anda mempunyai kendali mutu standar dan output riil yang membuat perangkat Anda aman.

Nah, itulah tadi 7 kesalahan saat memilih power bank yang sering dilakukan banyak pengguna smartphone. Apakah Anda pernah mengalami salah satu hal diatas?

You might also like

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More