Cara Memberi Batasan Waktu Menonton YouTube Agar Tidak Ketagihan

ilustrasi youtubePonselgue.com | Cara Memberi Batasan Waktu Nonton YouTube Agar Tidak Ketagihan – Sebagai platform berbagi video yang paling populer saat ini, Youtube memberi fitur untuk membatasi penggunaan layanannya yang banyak dilakukan secara berlebihan.

Fitur yang ditambahkan YouTube tersebut bertindak sebagai “timer” untuk membatasi waktu nonton video. Fitur yang diberi nama “take a break” ini mulai bisa digunakan di aplikasi mobile untuk Android dan iOS.

Langkah ini diambil YouTube setelah melihat laporan serta perilaku nyata para pengguna yang mengindikasikan bahwa YouTube digunakan oleh banyak pengguna secara berlebihan.

Lalu, bagaimana cara kita memberi batasan waktu menonton YouTube?

Sebenarnya cara melakukannya cukup mudah. Anda bisa menemukan menu pengaturan ini dengan mengetuk foto profil yang terdapat di sisi kanan atas layar. Selanjutnya, masuk ke opsi Settings – General, kemudian pilih opsi Remind me to take a break.

Nantinya Anda bisa mengatur pembatasan penggunaan YouTube dengan berbagai pilihan durasi yang diberikan. Opsi yang tersedia mulai dari tidak pernah, (never), setiap 15 menit, 30 menit, 60 menit, 90 menit, dan hingga 180 menit.

memberi batasan waktu nonton YouTube

Baca juga :

Setelah selesai memilih opsi durasi, nantinya Anda akan menerima peringatan ditengah-tengah menonton video, sesuai durasi yang dipilih. Namun, supaya tidak mengganggu, peringatan yang muncul di tengah-tengah video dapat Anda hiraukan saat sedang menonton.

Selain fitur pengingat, YouTube juga memberikan dua fitur baru lainnya. Fitur pertama, YouTube menghadirkan fitur yang dapat Anda gunakan untuk menonaktifkan suara dan notifikasi di dalam waktu-waktu tertentu.

Sementara pada fitur kedua, YouTube memberikan untuk dapat mengatur semua notifikasi supaya dapat dihadirkan hanya pada jam-jam tertentu saja.

Dengan adanya pembaruan fitur ini, YouTube pada dasarnya juga menjalankan cita-cita Google, yaitu menciptakan sebuah kehidupan digital yang sehat.

Ayo, segera perbarui aplikasi YouTube Anda dan Anda bisa memberi batasan waktu nonton YouTube agar tidak berlebihan dalam pemakaian.

You might also like

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More