Cara Memindahkan Aplikasi ke SD Card di HP Vivo Agar Penyimpanan Lega

6.374

Ponselgue.comVendor smartphone asal Tiongkok, Vivo, perlahan sukses merebut kursi nyaman di jajaran lima besar penguasa pasar smartphone dunia, khususnya di Indonesia. Dari data yang dilansir oleh lembaga riset IDC, Vivo menutup 2017 sebagai 3 besar smartphone brand di Indonesia dengan presentase market share 11 persen.

Keberhasilan Vivo ini tidak lepas dari keberhasilannya merangkul pecinta selfie dengan smartphone yang dilengkapi dengan kamera depan beresolusi besar.Tak hanya itu, Vivo juga kerap kali menciptakan kejutan dengan inovasi yang tiada henti. Diawali dengan penggunaan penggunaan Hi-Fi audio chip pertama di smartphone (X1), hingga merintis penggunaan sensor sidik jari di dalam layar (V11 Pro).

cara memindahkan aplikasi ke kartu SD Vivo

Akan tetapi tidak bisa dipungkiri bahwa setiap smartphone mempunyai kapasitas penyimpanan yang terbatas. Jika sudah hampir mendekati penuh, tentu saja hal tersebut bisa berpengaruh terhadap performa smartphone.

Untuk kembali melegakan penyimpanan perangkat,  ada beberapa hal yang bisa dilakukan. Diantaranya adalah dengan menghapus file-file yang sudah tidak diperlukan, mengunggah foto ke penyimpanan cloud, atau dengan memindahkan aplikasi ke penyimpanan ekternal.

Nah, pada kesempatan kali ini saya akan membagikan cara memindahkan aplikasi ke kartu SD Vivo. Untuk itu, Anda bisa menyimak tutorial selengkapnya di bawah ini.

Cara Memindahkan Aplikasi ke Kartu SD Vivo

  1. Pertama, masuk ke menu Pengaturan ponsel Vivo.
  2. Pilih menu Penyimpanan, kemudian pilih menu Kartu SD.
  3. Ketuk ikon tiga titik di pojok kanan atas layar, pilih opsi Pengaturan
  4. Selanjutnya pilih opsi “Format sebagai internal”, kemudian Anda bisa memilih “Hapus & Format”.
  5. Setelah proses selesai, maka kartu SD akan menjadi penyimpanan default
  6. Langkah terakhir, restart ponsel Vivo Anda untuk menerapkan preferensi yang sudah dilakukan.

Jika sudah selesai restart, maka proses kartu microSD sudah benar-benar permanen untuk menjadi penyimpanan bawaan dari HP Vivo. Dengan ini, kapasitas penyimpanan akan bertambah besar dan menjadikannya lebih lega, atau dengan kata lain, aplikasi yang terinstal di Vivo akan akan berpindah ke kartu SD.

Sebenarnya Anda bisa saja menggunakan bantuan aplikasi pihak ketiga untuk memindahkan aplikasi ke penyimpanan eksternal, namun kebanyakan aplikasi tersebut membutuhkan akses rooting. Seperti yang Anda tahu, selain akan menyebabkan kerusakan jika cara yang dilakukan tidak benar, proses rooting juga akan menghilangkan garansi perangkat.

Vivo Smartphone

Setelah berhasil memindahkan aplikasi ke SD Card di ponsel Vivo, selanjutnya Anda bisa mengamankan aplikasi tersebut supaya tidak bisa diakses oleh orang lain. Caranya dengan menyembunyikan aplikasi tersebut dengan fitur Encryption. Ikuti langkah-langkahnya dibawah ini.

Baca juga:

Cara Menyembunyikan Aplikasi di HP Vivo

  1. Ketuk menu bezel atau tepi paling kiri di homescreen.
  2. Setelah muncul menu dari bawah ke atas, pilih Hide icon.
  3. Selanjutnya masukkan PIN atau patern .yang digunakan untuk membuka perangkat.
  4. Pilih aplikasi yang Anda sembunyikan dan ditambahkan ke menu Hide icon.
  5. Jika sudah selesai memilih aplikasi, Anda bisa mengetuk Encryption Settings.
  6. Pada halaman Encryption Settings ini, Anda akan diminta untuk memasukkan PIN yang nantinya akan digunakan pada saat Anda ingin mengakses aplikasi yang disembunyikan.
  7. Setelah sudah selesai, maka aplikasi tersebut kini akan disembunyikan dari homescreen.

Untuk melihat aplikasi yang Anda sembunyikan, masuk ke menu Hide Icon kemudian masukkan PIN yang sudah Anda buat. Mudah bukan?

You might also like

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More