4 Cara Mengatasi Suara Tak Terdengar Saat Melakukan Panggilan

3.096

Ponselgue.com – Salah satu fungsi utama dari smartphone adalah untuk memudahkan proses komunikasi. Dalam hal ini tentunya termasuk untuk melakukan panggilan telepon. Jika fungsi telepon rusak, tentunya proses komunikasi akan terhambat, bahkan dapat memutuskan komunikasi.

Salah satu masalah yang sering dialami pengguna saat melakukan panggilan telepon adalah suara yang tidak terdengar. Entah itu suara penerima yang tidak terdengar di perangkat kita, atau sebaliknya suara kita tidak terdengar oleh mereka.

Untuk itu, pada kesempatan kali ini kami akan membahas mengenai penyebab dan cara mengatasi suara tidak terdengar saat menelpon.


Baca juga :


Penyebab Suara Hilang Saat Melakukan Panggilan Telepon

Suara Hilang Saat Melakukan Panggilan TeleponSekedar informasi, ada tiga komponen yang berpengaruh dalam proses telpon di perangkat seluler. Yang pertama Microphone, fungsinya jelas untuk menangkap dan merekam gelombang suara, ada Speaker yang berfungsi untuk mendengarkan suara saat ada telepon (biasanya letaknya di bagian atas layar), dan yang terakhir ada Buzer (loudspeaker) yang berfungsi untuk membesarkan suara speaker dan untuk mendegarkan musik.

Nah, yang berpengaruh terhadap aktivitas telepon yaitu microphone dan speaker. Beberapa hal yang menyebabkan kerusakan atau penurunan fungsi komponen tersebut adalah :

  • Perangkat kemasukan air.
  • Smartphone terjatuh atau terbentur benda keras.
  • Bug pada ROM yang digunakan.
  • Kerusakan pada port jack headset.
  • Ada jalur smartphone yang terputus.
  • dll

Cara Memperbaiki Suara Tidak Terdengar Saat Menelpon

Cara Memperbaiki Suara Tidak Terdengar Saat Menelpon

1. Matikan Perangkat

Solusi pertama dan yang paling mudah adalah dengan mereboot perangkat. Matikan perangkat terlebih dahulu kemudian lepaskan microSD dan kartu SIM, kemudian diamkan beberapa. Setelah itu pasang kembali dan coba nyalakan perangkat.

Proses reboot ini akan menghapus cache dan menyegarkan prosesor, biasanya cara ini bisa mengatasi beberapa error kecil.

2. Lakukan pengecekan fungsi Mic dan Speaker

Cara yang paling mudah untuk mengecek fungsi komponen tersebut adalah dengan melakukan panggilan atau merekam suara. Jika suara kita tidak muncul di ponsel penerima, maka ada kerusakan pada microphone. Sementara jika kita tidak bisa mendengar suara telvon yang masuk melalui speaker (padahal mic lawan bicara normal) dan bisa didengarkan melalui loudspeaker, maka berarti speaker kita yang rusak.

Selain itu, Anda juga bisa melakukan pengecekan dengan masuk ke tool diagnostic hardware bawaan perangkat. Misalnya untuk Xiaomi ketik kode *#*#6484#*#*, dan Samsung ketik kode *#0*#. Selanjutnya Anda tinggal melakukan pengecekan fungsi Mic, Speaker dan Loudspeaker.

3. Periksa Port Jack Headset

Cara mengeceknya cukup mudah. Saat Anda melihat ikon headet di bar atas, coba lakukan panggilan telepon dan tutup sensor Proximity di bagian atas perangkat. Jika layar tetap menyala tanpa ada headset terpasang, berarti kerusakan pada jack headset tersebut.

Untuk memperbaikinya tentu harus memeriksakan jack ke service center atau menggantinya dengan komponen baru. Alternatif lain yang bisa Anda lakukan adalah menggunakan aplikasi bernama Headset toogle atau Soundabout yang bisa digunakan untuk mengubah pengaturan headset yang terpasang.

4. Ganti Microphone atau Speaker

Agar perangkat bisa berfungsi dengan normal kembali, maka Anda harus mengganti komponen yang rusak tersebut dengan yang baru. Dan sebaiknya Anda membawanya ke teknisi profesional.

Nah, itulah tadi ulasan mengenai penyebab kerusakan microphone ponsel sehingga suara tidak terdengar saat menelpon. Selamat mencoba, semoga bermanfaat!

You might also like

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More