Cara Memperbaiki Touchscreen HP Xiaomi Yang Kurang Sensitif

3.087

Cara Memperbaiki Touchscreen Xiaomi Kurang SensitifPonselgue.com – Touchscreen merupakan salah satu komponen terpenting di smartphone masa kini yang berfungsi untuk mengoperasikan perangkat. Sayangnya seiring dengan penggunaan tak jarang komponen ini mengalami masalah seperti sensitivitas sentuhan berkurang. Tak hanya di smartphone buatan Xiaomi, masalah touchscreen yang kurang sensitif ini juga banyak dijumpai di perangkat Android lainnya.

Sensitivitas sentuhan pada layar juga biasanya berkurang setelah pengguna memasang Screen Guard / Screen Protector di perangkat mereka. Penyebabnya adalah sensor proximiti yang biasanya terdapat dibagian atas layar (dekat speaker) ponsel Xiaomi tertutup oleh Screen Guard tersebut sehingga layar menjadi kurang responsif.

Maka dari itu, pada kesempatan kali ini kami akan penyebab dan cara memperbaiki touchscreen Xiaomi kurang sensitif. Simak selengkapnya berikut ini.


Baca juga :


Penyebab Layar Sentuh Tidak Responsif di HP Xiaomi

Xiaomi mi4, Mi4s, Mi4c, Mi4i

Masalah berkurangnya sensitivitas di perangkat yang menggunakan layar sentuh untuk pengoperasiannya lumrah terjadi. Sebelum Anda berasumsi touchscreen HP Xiaomi Anda mengalami kerusakan, sebaiknya Anda melakukan pengecekan terlebih dahulu apakah penyebab layar sentuh perangkat Anda tidak sensitif. Berikut diantaranya :

1. Arus listrik yang berlebihan. Biasanya layar menjadi kurang responsif saat perangkat Xiaomi di charge bukan menggunakan adaptor charger bawaan.

2. Layar terbentur. Sebenarnya touchscreen sudah dilindungi oleh glass panel (kaca tipis sebagai pelindung), namun saat layar terbentur bukan tidak mungkin sensor touchscreen menjadi tidak responsif.

3. Banyak aplikasi berjalan di background. Meskipun hampir semua perangkat Xiaomi mendukung aktivitas multitasking, namun tentunya memiliki batasan yang tergantung dengan kapasitas RAM.

4. RAM yang terbatas. Saat tidak cukup ruang RAM untuk menjalankan aplikasi lain, hal ini dapat membuat layar sentuh ponsel Xiaomi menjadi tidak responsif (hang).

5. Bug pada ROM. Penyebab lain touchscreen kurang responsif adalah karena ROM. Entah karena proses tweaking atau memang ROM yang digunakan terdapat bug.

Nah, jika layar sentuh kurang responsif atau bahkan tidak berfungsi karena kerusakan pada hardware, tentunya hal yang harus dilakukan adalah dengan menggantinya dengan yang baru. Namun pastikan penggatian dilakukan oleh profesional untuk meminimalisir resiko yang mungkin terjadi.

Cara Memperbaiki Touchscreen Xiaomi Kurang Sensitif

Cara Memperbaiki Touchscreen HP Xiaomi Yang Kurang Sensitif

1. Reboot Perangkat Xiaomi

Solusi pertama untuk mengatasi touchscreen tidak resposif adalah dengan merestart perangkat. Proses ini akan menghapus cache dan menyegarkan kembali prosesor, dan cukup bisa diandalkan untuk mengatasi beberapa error kecil.

2. Tutup Aplikasi Saat Tidak Digunakan

Jika RAM di perangkat Xiaomi Anda terbatas, usahakan untuk selalu menutup aplikasi yang masih berjalan di background. Hal lain yang bisa Anda lakukan saat terasa touchscreen kurang responsif, segarkan kembali ruang RAM dengan menutup recent apps .

3. Atur Ulang Skala Animasi Layar

Pada dasarnya sensitivitas touchscreen tidak dipengaruhi oleh kecepatan skala animasi. Namun semakin tinggi skala animasi maka akan tingkat responnya juga akan semakin lama sehingga sehingga ada delay pada saat menyentuh layar perangkat.

Anda bisa menonaktifkan skala animasi layar cara Masuk ke menu  Settings, pilih Developer Option, kemudian cari Windows Animation Scale, Transition Animation Scale dan Animator Duration Scale, lalu ganti angkanya menjadi .5x.

4. Kalibrasi layar Xiaomi (Sensor Proximity)

Untuk meningkatkan sensitivitas touchscreen ponsel Xiaomi, Anda bisa melakukan kalibrasi layar. Xiaomi pun dilengkapi dengan tool khusus untuk mengecek apakah hardware berfungsi  baik atau tidak. Untuk kalibrasi touchscreen Xiaomi, berikut caranya :

  • Pertama, masuk ke aplikasi Phone / Telepon.
  • Ketik *#*#6484#*#* di dialpad.
  • Nantinya akan ditampilkan menu hardware test, pilih Proximity Test.

    Foto : en.miui.com
  • Setelah itu, tutup area Proximity Sensor (di bagian atas layar) dengan jari, kemudian tekan tombol Calibrate

    Foto : en.miui.com
  • Selanjutnya jauhkan jari secara berlahan-lahan dari Proximity Sensor sampai angka di bagian atas menampilkan angka 5.xxxx (x bervariasi). Biasanya setelah menunjukan angka 5.x tersebut maka akan ditampilkan pesan Calibration passed.

    Foto : en.miui.com
  • Ketuk pada tombol Pass kemudian ketuk tombol Home untuk kembali ke homescreen.

5. Factory Reset / Hard Reset

Jika semua metode diatas masih belum mengatasi touchscreen yang tidak responsif, langkah terakhir yamg bisa Anda lakukan adalah mereset perangkat Xiaomi ke pengaturan pabrik. Factory reset ini akan menghapus semua data dan pengaturan, sehingga kondisi perangkat seperti baru. Dalam hal ini, factory reset juga akan menghapus kesalahan pada touchscreen HP Xiaomi Anda.

Untuk melakukan factory reset / hard reset perangkat Xiaomi, baca tutorialnya di artikel ini. Namun pastikan sebelumnya Anda sudah membackup data penting Anda terlebih dahulu  ke komputer.

Nah, demikianlah ulasan mengenai penyebab dan cara memperbaiki touchscreen Xiaomi kurang sensitif. Dari ulasan diatas dapat disimpulkan jika tidak terjadi kerusakan pada hardware touchscreen, maka bisa dipastikan penyebab touchscreen kurang sensitif berasal dari software. Selain itu, penggunaan Tempered Glass juga dapat mempengaruhi sensitivitas layar sentuh. Maka, jika layar Anda sudah terlindungi Gorilla Glass, sebaiknya Anda tidak perlu memasang screen guard lagi.

You might also like

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More