3 Cara Mengatasi Penyimpanan Android Yang Penuh Tiba-Tiba

2.059

Ponselgue.com | Cara Mengatasi Penyimpanan Android Yang Penuh – Penyimpanan pada smartphone biasanya kebanyakan memiliki kapasitas yang terbatas. Tak jarang tanpa disadari penyimpanan internal Android tiba-tiba penuh, dan membuat kinerja perangkat menjadi lambat.

Banyak pengguna smartphone Android tidak mengetahui apa hal yang menyebabkan penyimpanan di perangkatnya bisa sampai penuh.

Selain itu, pengguna sebenarnya tidak memperoleh penyimpanan internal secara utuh. Contohnya, pada smartphone yang menggunakan penyimpanan internal 16GB hanya tersisa sekitar 12GB saja karena digunakan oleh sistem operasi.

Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini kami akan membagikan cara mengatasi penyimpanan Android yang penuh. Simak cara selengkapnya berikut ini.

Baca juga :

3 Cara Mengatasi Penyimpanan Android Yang Penuh

Agar penyimpanan perangkat menjadi lega kembali sehingga kinerja menjadi lebih cepat dan ringan, Anda bisa mengikuti 3 tips dari Ponselgue.com di bawah ini.

1. Bersihkan Cache Aplikasi

Cache berfungsi untuk mempercepat proses saat membuka aplikasi dengan menyimpan beberapa data yang dibuat setiap kali menjalankan aplikasi. Selain itu, Cache juga menyimpan data iklan yang sudah di download agar supaya tidak boros kuota.

Sayangnya, cache yang terus bertambah dan jarang dibersihkan akan membuatnya semakin banyak. Maka dari itu, Ada baiknya Anda membersihkan cache secara berkala agar tidak semakin menumpuk.

Untuk menghapus cache aplikasi yang terinstal di perangkat Android secara manual, Anda bisa masuk ke Settings → Storage & USB → Cache Data klik Ok.

mengatasi penyimpanan Android yang penuh Clear Cache

Dengan cara diatas, semua cache di smartphone Anda akan terhapus sehingga membuat ruang penyimpanan lebih lega. Anda juga bisa membersihkan cache dan semua file sampah di perangkat Android secara menyeluruh dengan menggunakan aplikasi cleaner yang bisa diunduh di Google Play Store.

Anda juga bisa memilih aplikasi mana saja yang yang ingin Anda hapus cache-nya. Anda bisa masuk ke Settings → Apps → Pilih Aplikasi → Storage → Clear cache.

Penyimpanan Internal Android Penuh Clear Cache App

2. Uninstall Aplikasi Yang Jarang Digunakan

Seiring dengan berkembangnya teknologi, beberapa aplikasi juga mempunyai ukuran yang cukup besar. Apalagi beberapa aplikasi khususnya berjenis games yang bisa dibilang memakan tempat. Selain itu, aplikasi tersebut tak jarang juga membebani kinerja RAM karena tetap berjalan di balik latar meskipun sedang tidak digunakan.

Untuk itu, Anda bisa menghapus aplikasi yang menghabiskan kapasitas paling besar di penyimpanan, masuk ke Settings → Storage & USB → Apps kemudian ketuk pada aplikasi terpilih lalu pilih uninstall.

Penyimpanan Internal Android Penuh Uninstall App

3. Pindahkan Data Ke Alternatif Penyimpanan Lain

Bisa dibilang bahwa file media seperti video, foto atau musik merupakan salah satu penyumbang terbesar penyimpanan internal menjadi penuh. Untuk mengakali hal ini, beberapa perangkat sudah mendukung penggunaan microSD sebagai alternatif penyimpanan.

Anda juga bisa memindahkan data-data Anda ke komputer yang notabene memiliki kapasitas penyimpanan lebih besar. Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan layanan penyimpanan cloud seperti Google Driver (gratis 15GB) atau Mega.nz yang menawarkan penyimapanan gratis sebesar 50GB.

Dengan mencadangkan data-data Anda ke penyimpanan lain, Anda tidak perlu khawatir jika sewaktu-waktu perangkat mengalami hal-hal yang tidak diinginkan.

You might also like

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More