Ulasan lengkap seputar dunia Smartphone

Penyebab Dan Cara Mengatasi Sayangnya Instagram Telah Berhenti

5/5(1)

Ponselgue.com | Sayangnya Instagram Telah Berhenti  – Instagram merupakan salah satu sosial media populer saat ini. Dengan segala fitur dan kemudahannya, Instagram menjadi sosial media yang simple dan mudah dalam berbagi foto dan video. Pengguna Instagram tidak hanya dari kalangan biasa saja, banyak tokoh – tokoh ternama, artis, atlet, bahkan pejabat publik yang juga menggunakan instagram.

Namun, kadangkala beberapa pengguna ada juga yang mengalami masalah. Hal ini wajar, mengingat jutaan pengguna yang tersebar ke seluruh penjuru dunia. Masalah yang sering dialami oleh pengguna adalah tidak bisa login Instagram, tidak bisa DM, Aplikasi Instagram tidak bisa di buka, serta muncul pesan error “Sayangnya, Instagram Telah Berhenti” atau “Unfortunately, Instagram Has Been Stopped”.Unfortunately Instagram has stopped

Bercerita mengenai pengalaman pribadi, saya pernah pada saat asyik stalking Instagram tiba-tiba aplikasi hang dan tertutup sendiri , lalu kemudian muncul pesan error pada layar “Sayangnya aplikasi instagram telah berhenti”.

Setelah kejadian itu, saya langsung mencari solusi untuk mengatasi pesan error pada Instagram tersebut. Nah, jika Anda mencari cara mengatasi sayangnya, Instagram telah berhenti, saya akan berbagi caranya pada artikel ini. Simak selengkapnya di bawah ini.

Baca Juga :

Cara Mengatasi Sayangnya Instagram Telah Berhenti

Penyebab munculnya pesan error ini cukup banyak, mulai dari menumpuknya file cache, system error, Android terkena virus atau karena aplikasi Instagram tidak pernah di update ke versi terbaru.cara mengatasi sayangnya instagram telah berhenti

Silahkan ikuti beberapa tips berikut untuk memperbaikinya :

#1. Tutup Semua Recent Apps

Langkah pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan menutup aplikasi Instagram di Recent Apps. Jika masih error, Anda bisa menutup semua aplikasi yang sedang berjalan, termasuk yang melakukan proses background.

Recent apps ini fungsinya untuk melihat dan mengatur aplikasi-aplikasi yang terakhir Anda buka. Untuk mengakses Recent apps, setiap merk smartphone berbeda, ada yang yang ditaruh di sebelah kiri atau kakang tombol home, ada juga yang harus menahan tombol tertentu untuk memunculkan recent apps. kamu bisa klik x atau klik tahan dan geser ke kanan atau ke kiri untuk menutupnya. Bisa juga kamu tutup semua aplikasi tersebut agar hp kamu cepat lagi.recent app

#2. Update Instagram ke Versi Terbaru

Ada kemungkinan penyebab Instagram mengalami error karena versi aplikasi yang sudah using dan di update ke versi terbaru. Silahkan periksa di Playstore apakah tersedia update terbaru, kemudian lakukan update jika tersedia. Kunjungi link berikut untuk memeriksa Update Instagram terbaru di Play Store. Aplikasi Instagram akan berjalan lancar jika sudah di update ke versi terbaru.

#3. Hapus Cache

File cache yang menumpuk sangat banyak bisa jadi aplikasi Instagram lemot sehingga semakin lama bisa menjadi beban aplikasi sehingga berat saat di jalankan.

Anda bisa menghapusnya secara manual dengan cara buka Pengaturan ponsel Anda, pilih menu Setelan Tambahan, masuk ke submenu Manajemen Aplikasi  lalu cari aplikasi “Instagram”, kemudian tap “Clear Cache”.Hapus Cache Instagram

Anda juga bisa menggunakan aplikasi Cleaner untuk menghapus cache dan junk files dengan mudah. Saya sendiri menggunakan aplikasi SD Maid.

#4. Lakukan Force Close dan Clean Data

Jika Anda memilih melakukan Clean Data, semua data Instagram seperti data login, history, dll akan bersih dan hilang. Sedangkan opsi Force Stop ini untuk menghentikan aplikasi secara ‘paksa’.

Caranya, buka Pengaturan ponsel Anda, pilih menu Setelan Tambahan, lalu pilih submenu Manajemen Aplikasi  kemudian cari aplikasi “Instagram”.  Kemudian ketuk pada “Paksa Berhenti” dan “Hapus Data”.

#5. Re-Install Aplikasi Instagram

Ada kemungkinan aplikasi Instagram yang Anda mengalami error sehingga tidak bisa di buka. Coba hapus terlebih dahulu aplikasi Instagram Anda, kemudian lakukan install ulang melalui Google Play Store.

Buka Pengaturan Android Anda, pilih menu Setelan Tambahan, masuk ke submenu Manajemen Aplikasi  lalu cari aplikasi “Instagram”, kemudian tap “Hapus Instalasi”.

#6. Restart Smartphone

Silahkan matikan smartphone Android anda, kemudian lepaskan SIM Card, Memory Card (micro SD), dan juga Baterai (jika removable). Kemudian tekan tombol On/Off selama 15 detik untuk menghilangkan daya statis smartphone. Kemudian pasang dan nyalakan kembali smartphone Android anda.

#7. Update System Android

Biasanya, vendor smartphone Android selalu memberikan update system Android. Jika tersedia pembaruan sistem OS Android Anda, segera lakukan update. Untuk memeriksa pembaruan versi Android, masuk ke Pengaturan Ponsel, lalu masuk ke menu Tentang Ponsel (biasanya terdapat paling bawah), pilih Pembaruan Sistem.  Download kemudian pasang pembaruan tersebut, kemudian ponsel akan restart secara otomatis.

#8. Kembalikan ke Pengaturan Pabrik

Jika semua langkah di atas masih belum membuahkan hasil, jurus pamungkas yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengembalikan ke pengaturan pabrik. Ini langkah terakhir (selain flash ulang) untuk mengatasi notifikasi “Instagram tidak menanggapi. Anda ingin menutupnya?” atau “Sayangnya Instagram Telah Berhenti”.

Untuk melakukan Factory Reset, buka menu Pengaturan ponsel, kemudian masuk ke Setelan Tambahan”. Setelah itu silahkan pilih menu Buat Cadangan dan Reset, kemudian pilih “Hapus Semua Konten dan Pengaturan”.

Atau jika ingin melakukan hard reset, matikan ponsel Android, masuk ke menu recovery dengan menekan tombol kombinasi (tergantung dari type ponsel Anda), pilih Wipe Data/ Factory Reset”, lakukan konfirmasi dengan memilih “YES”.

Baca Caran selengkapnya disini :

NOTE!! :  Me-reset perangkat ini mengembalikan ponsel seperti pertama kali dari pabrik. Semua data-data yang tersimpan di dalam ponsel seperti informasi login, dokumen, kontak, SMS, dan file media akan terhapus. Pastikan untuk membackupnya terlebih dahulu.
BONUS TIPS
Pernahkah Anda saat sedang mengakses Instagram, pada feed IG muncul notifikasi “Instagram tidak dapat memuat ulang kabar berita” atau “Terjadi kesalahan jaringan yang tidak diketahui di Instagram”? Penyebabnya adalah masalah koneksi saja. Jika koneksi kenceng, dijamin masalah ini tidak akan muncul, dan begitupula sebaliknya.

Nah itulah penyebab dan  Cara Mengatasi “Sayangnya Instagram telah berhenti” yang dapat Anda coba. Sangat mudah untuk di lakukan tanpa memerlukan keahlian khusus.

Demikianlah artikel cara memperbaiki sayangnya Instagram telah berhenti  atau Unfortunately, Instagram Has Been Stopped, Semoga dapat digunakan sebagai referensi bagi Anda yang sedang mengalami masalah Instagram Macet, hang, tiba-tiba force close dll.

Kunjungi terus ponselgue.com untuk mendapatkan tips dan artikel menarik lainnya. Semoga bermanfaat..!

Artikel terkait :

.......

Comments
Loading...