4 Cara Efektif Mengatasi Sinyal Android Lemah dan Tidak Stabil

3.211

Ponselgue – Salah satu aspek yang mempengaruhi kinerja perangkat Android adalah sinyal. Pasalnya tanpa sinyal maka komunikasi Anda akan terganggu, termasuk tidak bisa mengakses layanan seluler dan internet.

Ada beberbagai macam hal yang bisa mengakibatkan terjadinya masalah sinyal ini, mulai dari masalah pada operator, lokasi wilayah, atau pada perangkat Android Anda.

Namun Anda tidak perlu merasa khawatir lagi, karena pada artikel ini kami akan membagikan tips dan cara mengatasi sinyal Android lemah. Simak selengkapnya di bawah ini.

Baca juga : Sinyal Smartphone Tidak Stabil? Bantu Dengan 3 Aplikasi Penguat Sinyal Ini!

Cara Mengatasi Sinyal Android Lemah

1. Matikan Data Seluler

Pernahkah Anda pada saat mengaktifkan data seluler tiba-tiba sinyal yang diterima perangkat lemah dan cenderung naik turun, padahal sedang berada di tempat terbuka dan banyak terdapat sinyal?

Jika Anda pernah mengalami hal tersebut, ternyata penyebabnya adalah karena banyaknya pengguna lain yang juga sedang mengakses jaringan tersebut.

cara untuk mengatasi sinyal Android lemah dan tidak stabil

Nah, agar sinyal yang ditangkap lebih stabil, matikan data seluler pada perangkat Anda, kemudian nyalakan kembali setelah beberapa detik. Hal ini bertujuan untuk merefresh kekuatan perangkat Android Anda dalam menangkap jaringan yang disediakan operator seluler yang Anda gunakan.

2. Aktifkan Mode Pesawat

Tips selanjutnya untuk mengatasi masalah sinyal lemah yakni dengan cara mengaktifkan mode pesawat pada perangkat Anda.

Tunggu selama kurang lebih 15 detik, kemudian matikan mode pesawat. Jika sinyal masih lemah, bisa jadi sedang ada masalah pada provider seluler Anda.

Baca juga : Cara Memperkuat Sinyal HP Untuk Main PUBG dan Mobile Legends

3. Ganti Setelan APN (Access Point Name)

Biasanya perangkat Android sudah mengkonfigurasi atau mendeteksi APN secara otomatis.  Sehingga pengguna tidak perlu mengatur ulang, terutama yang tidak mempunyai pengetahuan khusus, karena dikhawatirkan settingan tersebut justru menyebabkan masalah pada koneksi perangkat.

Namun, jika ternyata setelannya tidak benar atau bahkan menerima pesan error, seperti “Tidak dapat mengaktifkan jaringan data”, Anda bisa mengikuti langkah-langkah mengubah APN berikut ini :

  1. Masuk ke menu Setting.
  2. Pilih Mobile Network.
  3. Pilih Access Point Name.
  4. Klik New APN dan ganti setelannya sesuai operator yang Anda gunakan.

apn android

4. Restart Android

Cara terakhir yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi sinyal Android lemah adalah dengan merestart perangkat Anda. Hal ini dilakukan untuk memulai ulang sistem Android dan fungsi hardware perangkat.

Baca juga : Cara Mengetahui Kekuatan Sinyal HP Android

Nah, itulah tadi beberapa cara untuk mengatasi sinyal android lemah dan tidak stabil. Selamat mencoba, semoga bermanfaat.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More