Penyebab Dan 5 Cara Mengatasi Tidak Bisa Live di Instagram

3.020

Cara mengatasi tidak bisa Live di InstagramPonselgue.com | Cara Mengatasi Tidak Bisa Live di Instagram – Instagram tidak henti-hentinya memanjakan penggunanya dengan merilis berbagai fitur baru. Dari sekian banyak fitur tersebut, salah satu yang menjadi favorit adalah Instagram Live. Di mana para penggunanya bisa ‘memamerkan’ kegiatan mereka secara langsung kepada para followers.

Sebelum adanya fitur Instagram Live, mungkin sebagian orang yang aktif di media sosial sudah familiar dengan fitur serupa, seperti yang dijumpai di Periscope, Bigo, atau bahkan Facebook Live. Yang membuatnya beda adalah video live Instagram tidak tersimpan, dan menghilang begitu saja.

Namun ternyata ada beberapa pengguna yang mengalami masalah saat ingin mengakses Instagram LIVE. Yang sering dialami adalah tidak bisa Live di Instagram.

Ada sejumlah hal yang menyebabkan pengguna tidak bisa live di Instagram, diantaranya adalah :

  • Perangkat yang tidak tidak kompatibel
  • Sistem operasi yang digunakan tidak support
  • Aplikasi yang digunakan masih versi lama (tidak diperbarui)
  • Koneksi internet yang tidak stabil
  • Tidak tersedia di negara tertentu

Jika Anda merasa telah memenuhi semua syarat diatas namun masih tetap tidak bisa Live di Instagram,  simak cara mengatasinya berikut ini.

Cara mengatasi tidak bisa Live di Instagram

Baca juga :

Cara Mengatasi Tidak Bisa Live di Instagram

1. Update Aplikasi Instagram ke Versi Terbaru

Setelah melakukan update ke versi terbaru, selain membawa fitur baru biasanya berapa bugs pada versi sebelumnya juga mendapat perbaikan.

Jika Anda masih menggunakan aplikasi Instagram versi lama, silahkan update aplikasi Instagram ke versi terbaru. Anda bisa memeriksa tautan berikut untuk update di Play Store atau di App Store.

2. Update OS Smartphone Anda

Fitur Instagram Live memang tidak mendukung untuk digunakan di perangkat Android yang berjalan di versi Lollipop ke bawah. Jika di perangkat Anda (KitKat atau Jelly Bean) tersedia pembaruan, segera lakukan update OS ke versi yang lebih baru. Namun sayangnya, tidak semua smartphone support dengan cara ini.

3. Restart Perangkat

Meskipun sepel, merestart perangkat bisa Anda coba lakukan. Ada beberapa kasus dialami pengguna yang tidak bisa menggunakan Live Instagram meskipun sudah update ke versi terbaru. Maka dari itu, sebaiknya Anda restart perangkat Anda terlebih dahulu baru kemudian mencoba Live di Instagram.

4. Hapus Cache Instagram

File cache yang menumpuk tentunya bisa menjadi beban dan membuat membuat performa aplikasi Instagram berat saat di jalankan.

Anda bisa menghapus cache secara manual di menu Pengaturan perangkat Anda. Masuk menu Setelan Tambahan, pilih Manajemen Aplikasi kemudian cari aplikasi “Instagram”, lalu tap “Clear Cache”.

Hapus Cache Instagram

Selain itu, Anda juga bisa membersihkan cache dan file sampah dengan satu klik saja. Untuk melakukannya, Anda membutuhkan bantuan aplikasi Cleaner, dalam hal ini saya pribadi menggunakan aplikasi SD Maid.

5. Tutup Paksa dan Hapus Data Instagram

Opsi Force close bisa Anda pilih untuk menghentikan aplikasi secara paksa. Sedangkan Clear data digunakan untuk menghapus semua data Instagram Anda, seperti data login, history, dll.

Caranya, masuk ke Pengaturan Setelan Tambahan → Manajemen Aplikasi →  pilih aplikasi “Instagram” pilih “Tutup Paksa” dan “Hapus Data”.

5. Instal Ulang Aplikasi Instagram

Bisa jadi ada kemungkinan ada data yang korup pada aplikasi Instagram sehingga menyebabkan error pada sejumlah fitur. Untuk mengatasi hal tersebut, hapus aplikasi Instagram dari perangkat Anda, kemudian re-instal melalui Google Play Store atau App Store.

Nah, itulah tadi penyebab dan tips cara mengatasi tidak bisa Live di Instagram. Jika semua tips diatas sudah Anda lakukan namun Anda tetap tidak bisa Live di Instagram, Anda mungkin perlu menghubungi pusat bantuan dan dukungan Instagram. Mereka mungkin bisa mendiagnosis masalah Anda dan menawarkan solusi.

You might also like

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More