5 Cara Menghilangkan Mode Aman (Safe Mode) HP Samsung

Ponselgue.com | 5 Cara Menghilangkan Mode Aman HP Samsung – Mode Aman atau Safe Mode merupakan salah satu keadaan dimana smartphone mengalami masalah karena terdapat file atau data yang corrupct di dalamnya, seperti game atau aplikasi.

Nantinya pada saat perangkat dinyalakan akan muncul tulisan Safe Mode pada bagian bawah. Tentunya hal ini cukup mengganggu karena aplikasi yang sudah diunduh dari Google Playstore tidak ditampilkan, kecuali aplikasi bawaan smartphone Samsung.

Jika smartphone Anda mengalami hal tersebut, Anda bisa menonaktifkan Safe Mode atau Mode Amannya. Sayangnya, tidak sedikit pengguna yang tidak mengetahui cara menghilangkannya. Oleh karena itu, simak tutorialnya di bawah ini.Cara Menghilangkan Mode Aman HP Samsung

Baca juga :

5 Cara Menghilangkan Mode Aman HP Samsung

Untuk menghilangkan mode aman HP Samsung Anda, Anda bisa mencoba beberapa tips di bawah ini.

1. Restart HP Samsung

Jika sewaktu-waktu perangkat Anda dalam keadaan Safe Mode saat dinyalakan, coba restart ulang perangkat Anda. Dengan ini, semua pengaturan sementara akan di reset.

Pada beberapa kasus, saat smartphone Samsung menyala kembali maka secara otomatis tulisan safe mode (mode aman ) akan hilang. Namun jika masih terdapat tulisan safe mode, Anda bisa coba cara selanjutnya.

restart safe mode

2. Restart + tekan tombol volume bawah

Jika cara pertama tidak berhasil, coba mulai ulang sambil menekan tombol volume bawah. Caranya, restart ulang kemudian saat perangkat menyala dan muncul logo Samsung, tekan dan tahan tombol volume bawah sampai masuk ke homescreen.

Nah, setelah berhasil masuk ke homescreen, tekan tombol volume bawah sekali lagi, nantinya secara otomatis tulisan safe mode akan hilang.

3. Lepaskan Baterai + SIM Card

Cara ini bisa Anda coba apabila smartphone Samsung Anda menggunakan baterai yang bisa dilepas (removeable). Cara ini bisa sedikit membantu dan seringkali bisa diandalkan untuk menghilangkan Mode Aman HP Samsung.

Untuk melakukannya, matikan smartphone Samsung terlebih dahulu kemudian buka casing belakang lalu lepaskan baterai dan SIM Card/ SD Card. Dalam keadaan tanpa baterai, tekan tombol power dan tahan selama beberapa saat untuk menghilangkan daya statis pada perangkat.

Setelah itu, pasang baterai dan SIM card kembali ke perangkat. Selanjutnya nyalakan perangkat dengan menekan tombol power dan tunggu hingga masuk ke ke homescreen. Nantinya tulisan mode aman atau safe mode akan hilang dari layar smartphone Samsung.

4. Hapus aplikasi yang terakhir di download

hapus aplikasi

Jika setelah melakukan beberapa tips diatas namun tulisan safe mode masih belum hilang, Anda bisa mencoba cara ke 4 ini. Tak jarang muncul tulisan Safe Mode atau mode terjadi setelah Anda download aplikasi terakhir di instal pada perangkat.

Untuk itu, Anda bisa menghapus beberapa aplikasi yang terakhir di instal dengan cara :

  • Masuk ke menu atau aplikasi Pengaturan (setting) pada perangkat Samsung Anda.
  • Selanjutnya pilih menu Manajer aplikasi” (aplication manager) kemudian ketuk tab Unduhan (download).
  • Setelah itu pilih aplikasi yang ingin Anda hapus, lalu ketuk Copot ulang (uninstal). Anda bisa mengulangi cara ini untuk setiap aplikasi yang Anda instal baru-baru ini.
  • Jika sudah selesai, restart perangkat Anda.
Baca juga :
5. Factory Reset Samsung
reset data pabrik Samsung

Jika Anda sudah mencoba semua cara diatas namun masalah Safe Mode masih belum juga teratasi, lakukan metode pamungkas ini. Namun risikonya semua data yang tersimpan di dalam perangkat akan terhapus, untuk itu Anda bisa melakukan backup terlebih dahulu ke komputer atau laptop.

  • Pertama, masuk ke menu Settings (Pengaturan).
  • Selanjutnya, Anda bisa memilih menu Backup and Reset (Cadangkan dan Reset).
  • Setelah itu pilih menu Factory Data Reset (Reset Data Pabrik).
  • Pada halaman tersebut, tekan tombol Reset Phone (Ponsel direset).
  • Tunggu prosesnya reset berjalan hingga selesai.
  • Nantinya saat perangkat dinyalakan semua data dan pengaturan akan kembali seperti baru dan tulisan mode aman atau safe mode akan hilang.

Itulah tadi beberapa tips yang bisa dilakukan untuk menghilangkan Mode Aman HP Samsung Anda. Tentunya dengan cara diatas Anda bisa mengatasi masalah safe mode. Semoga bermanfaat.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More