Cara Mengunci dan Menyembunyikan Aplikasi di HP Samsung Galaxy

3.344
Foto : Pexels

Ponselgue.com | Cara Mengunci Aplikasi di HP Samsung Galaxy – Kita hidup di zaman yang semuanya hampir di dukung oleh kemajuan teknologi. Namun tentunya kita harus berhati-hati dengan melindungi data-data pribadi yang kita simpan di dalam smartphone.

Selain mengunci layar perangkat, salah satu cara yang bisa kita lakukan untuk mengamankan privasi kita, adalah dengan mengunci aplikasi-aplikasi penting yang berisi informasi pribadi.

Dengan melakukan hal tersebut, kita bisa mengamankan berbagai macam hal, terutama aset digital (seperti foto atau video), kontak, dan juga percakapan penting yang dilakukan di aplikasi perpesanan.

Untuk menjaga keamanan data para penggunanya, biasanya vendor smartphone menyematkan fitur khusus untuk mengunci aplikasi (App Lock) di perangkatnya.

Tetapi tentunya tiap vendor memiliki kebijakan dan pertimbangan masing-masing mengenai fitur tersebut. Metode yang digunakan pun bisa berbeda, mengingat setiap perangkat memiliki sistem operasi dan antarmuka modifikasi vendor.

Nah, bagi Anda pengguna Smartphone Samsung, Anda bisa memanfaatkan beberapa fitur bawaan perangkat. Berikut cara menyembunyikan dan mengunci aplikasi di HP Samsung Galaxy.

Baca juga :

Cara Mengunci Aplikasi di HP Samsung Galaxy

1. Lock and Mask App

Fitur Lock and Mask App ini mempunyai dua fungsi utama. Yang pertama adalah mengunci aplikasi dengan pola, PIN, kata sandi atau sidik jari, sementara yang kedua adalah menyembunyikan aplikasi (bahkan dari hasil pencarian) dan bahkan memblokir pemberitahuannya.

Untuk mengaktifkan fitur ini, buka aplikasi atau menu Setting kemudian masuk ke Advanced settings.

Selanjutnya pilih Lock and Mask Apps.

Setelah itu, ubah posisi toogle menjadi ON untuk mengaktifkannya.

cara mengunci aplikasi di HP Samsung Galaxy

Jadi, yang perlu Anda lakukan hanyalah mengatur jenis kunci dan memilih aplikasi yang ingin disembunyikan.

Sangat mudah. Metode pertama berfungsi layaknya loker aplikasi lainnya, yaitu mengharuskna pengguna memasukkan kata sandi atau PIN untuk bisa mengakses aplikasi.

Sementara yang agak rumit adalah Mask App. Tidak hanya memblokir notifikasi untuk aplikasi yang Anda pilih, fitur ini juga akan menyembunyikan aplikasi dari pencarian. Jadi, jika Anda ingin menggunakan aplikasi tersebut, Anda harus membukanya terlebih dahulu baru kemudian bisa menggunakannya.

Pada beberapa tipe perangkat Samsung, menu ini bisa ditemukan di bagian Privacy and Safety dengan nama App Lock.

Nah, demikianlah cara menyembunyikan dan mengunci aplikasi di HP Samsung Galaxy. Sebenarnya ada fitur lain yang bisa Anda gunakan, seperti fitur Secure Folder. Anda bisa membaca ulasannya pada artikel ini.

You might also like

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More