Cara Mengunci WhatsApp Dengan Sidik Jari

PonselGue – Aspek keamaan menjadi salah satu perhatian serius bagi para vendor smartphone. Salah satunya adalah fitur pengunci aplikasi.

Dalam hal ini, fitur pengunci aplikasi tentu saja berguna untuk mengunci aplikasi tertentu dari tangan-tangan jahil.

Saat ini banyak sekali aplikasi pihak ketiga yang tersedia di Play Store yang memiliki fungsi untuk menambah keamanan perangkat, termasuk mengunci aplikasi tertentu.

Cara mengunci WhatsApp dengan sidik jari

Menariknya, WhatsApp sebagai salah satu aplikasi Chatting yang memiliki pengguna paling banyak saat ini juga meluncurkan fitur pengunci aplikasi buatannya sendiri.

WhatsApp yang kini berada di bawah naungan Facebook itu menghadirkan fitur tersebut pada versi terbaru. Nantinya pengguna bisa menemukan opsi untuk mengunci aplikasi menggunakan otentikasi sidik jari.

Berikut ini cara mengunci WhatsApp dengan sidik jari tanpa menggunakan bantuan aplikasi pihak ketiga. Simak langkah-langkahnya di bawah ini.

Baca juga :

Cara Mengunci WhatsApp dengan Sidik Jari

  • Buka aplikasi WhatsApp di smartphone Anda;
  • Ketuk ikon tiga titik di bagian atas, kemudian pilih menu Setting lalu pilih Account;
  • Setelah itu pilih Privacy;
  • Kemudian scroll ke bawah dan ketuk pada menu Fingerprint lock;
  • Secara default, fitur ini dalam posisi mati (disabled). Untuk mengaktifkannya, ketuk toggle yang berada di sebelah kanan opsi Unlock with fingerprint hingga berwarna terang;
  • Selanjutnya, atur waktu kapan sistem akan mengunci WhatsApp. Tersedia opsi otomatis terkunci saat WhatsApp ditutup, rentang 1 menit dan 30 menit;
  • Selesai.

Setelah fitur ini berhasil diaktifkan, setiap kali pengguna akan membuka WhatsApp pada rentang waktu yang sudah ditentukan, nantinya akan diharuskan untuk melakukan otentikasi sidik jari.

Kini dengan hadirnya fitur ini, semakin menambah keamaan pengguna WhatsApp agar terhindar dari pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.

Namun sayangnya, fitur ini hanya dapat dinikmati oleh pengguna smartphone yang memiliki fitur fingerprint di perangkatnya.

Kedepannya mungkin akan dikembangkan lagi fitur keamaan baru yang bisa digunakan oleh semua jenis perangkat. Siapa tahu!

Anda mungkin juga berminat

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More