Cara Meningkatkan Kualitas Audio Musik di Ponsel Android

5.085

Ponselgue.com | Cara Meningkatkan Kualitas Audio di Android – Siapa yang tidak menyukai musik? Banyak orang yang merasa bahwa hidup akan terasa hampa jika tanpa musik. Apakah Anda termasuk yang demikian?

Kini musik dapat dinikmati melalui berbagai media. Jika dulu hanya bisa mendengarkan lagu di radio atau TV, kini Anda bisa menikmati semua genre musik dengan mudah melalui smartphone. Bahkan kini banyak platform yang menawakan layanan streaming musik gratis.

Bagi yang lebih suka mendengarkan musik melalui smartphone, tentunya Anda bisa meningkatkan kualitas audio di Android dengan mudah. Kini banyak tersedia aplikasi equalizer yang dapat meningkatkan kualitas audio dengan fitur bass booster yang cukup efektif.

Cara Meningkatkan Kualitas Audio di Android Supaya Lebih Maksimal

Jika Anda lebih suka mendengarkan musik melalui headset/headphone namun kualitasnya standar, biasanya dentuman bass dari musik akan kurang terasa, atau bahkan terdengar pecah. Hal ini tentunya membuat musik yang Anda dengarkan menjadi kurang nikmat.

Headphone standar yang dijual di pasaran rata-rata mempunyai harga mulai dari Rp.50.000. Dan bisa dibilang harga menentukan kualitas. Biasanya, kualitas suara yang dihasilkan dari jenis headphone dengan rentang harga tersebut standar atau biasa-biasa saja.

Headset

Baca juga :

Lalu Bagaimana Solusinya?

Anda dapat menggunakan aplikasi equalizer untuk meningkatkan dentuman bass saat mendengarkan musik. Meskipun terdengar sederhana, cara ini cukup efektif dan dapat diandalkan.

Tentunya cara ini dapat dijadikan sebagai alternatif karena gratis dari pada Anda membeli headphone dengan harga ratusan atau bahkan jutaan rupiah hanya untuk mendengarkan musik. Kecuali Anda merupakan seorang profesional di bidang tersebut, misalnya DJ, Composer, Producer, dsb.

Beruntungnya pengguna smartphone Android, di Google Play Store tersedia cukup banyak aplikasi  equalizer dan bass booster yang dapat Anda unduh. Lihat disini daftar lengkap aplikasi equalizer untuk Android.

Cara Menggunakan Aplikasi Music Volume EQ Untuk Meningkatkan Dentuman Bass Musik

music volume eq android

Salah satu aplikasi equalizer rekomendasi Ponselgue adalah Music Volume EQ. Cara penggunaannya pun cukup mudah, Anda bisa mengikuti langkah-langkahnya berikut ini:

  • Pertama, download dan instal aplikasi Music Volume EQ yang bisa diunduh secara gratis di Google Play Store
  • Setelah berhasil diinstal, jalankan aplikasi tersebut.
  • Selanjutnya buka aplikasi pemutar musik kemudian mainkan musik favorit Anda.
  • Buka kembali Music Volume EQ yang sedang aktif di background, kemudian klik tombol ON yang terletak pada pojok kanan atas.power on button music volume eq android
  • Kemudian klik tombol EQ yang terletak di bagian tengah aplikasi. eq button music volume eq android
  • Nantinya Anda bisa mengatur tingkat equalizer dari musik yang sedang diputar. Tersedia juga preset untuk kategori musik tertentu.

Saran kami, sebaiknya Anda mengaturnya secara manual dengan menggeser ke atas atau kebawah untuk menyesuaikan kualitas suara sesuai dengan karakteristik musik dan headset/headphone Anda.cara meningkatkan kualitas audio di Android

Untuk meningkatkan suara bass, Anda tinggal menggeser tombol equalizer yang ada di paling kiri keatas. Anda juga bisa mengatur untuk treble pada tombol lainnya yang ada di sebelahnya supaya suara yang dihasilkan lebih pas dan seimbang.

Nah, itulah tadi cara meningkatkan kualitas audio di Android supaya lebih maksimal dan musik yang didengarkan lebih ‘nendang’. Namun tentunya jangan terlalu lama mendengarkan musik dengan volume tinggi karena bisa merusak organ pendengaran Anda.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More