5 Cara Mengatasi Memori HP Samsung Cepat Penuh

10.942

Ponselgue.com | Cara Mengatasi Penyimpanan HP Samsung Cepat Penuh – Samsung merupakan vendor smartphone paling laris di Indonesia menurut IDC dengan market share sebesar 30%. Yang paling laku di pasaran adalah di sektor mid-range yang mempunyai banyak pilihan.

Samsung yang merupakan pemain lama dalam industri perangkat seluler, selalu berhasil memikat hati para pengguna smartphone di seluruh dunia. Tentu tidak lepas dari kualitas dan inovasi yang Samsung tawarkan pada setiap smartphone miliknya.Penyimpanan SP Samsung cepat penuh

Namun, seiring dengan berkembangnya fitur dan aplikasi yang ada, turut juga menambah ukuran aplikasi. Hal ini membuat perangkat Samsung yang memiliki kapasitas memori internal yang tergolong kecil (8GB kebawah) cukup mendapatkan masalah. Tak sedikit pengguna yang mengeluhkan saat ingin menginstall aplikasi ponsel Samsung miliknya, tiba-tiba muncul peringatan bahwa ternyata penyimpanan penuh.

Hal ini tentu membuat pengguna bingung data atau aplikasi apa saja yang harus di hapus.

Nah, untuk mengatasi masalah tersebut, pada kesempatan kali ini saya akan berbagi tips mengenai cara mengatasi penyimpanan HP Samsung cepat penuh. Simak selengkapnya di bawah ini.


Baca juga :

5 Cara Mengatasi Penyimpanan HP Samsung Cepat Penuh

Jika Anda ternyata mengalami masalah memori cepat penuh di HP Samsung, langsung saja simak 5 tips berikut agar penyimpanan lebih lega lagi.

1. Pindahkan aplikasi ke SD Card

Cara pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan memindahkan aplikasi yang tersimpan di memori internal ke SD Card. Hal ini cukup ampuh dilakukan untuk melegakan penyimpanan perangkat.

Untuk memindahkan aplikasi ke SD Card, simak langkah-langkahnya di bawah ini:

  1. Pertama, silahkan buka Pengaturan perangkat Samsung Anda.
  2. Gulir layar ke bawah dan cari menu Aplikasi.
  3. Selanjutnya pilih opsi “Manajer Aplikasi” kemudian pilih aplikasi yang ingin Anda pindahkan.pindahkan aplikasi ke SD Card
  4. Setelah selesai memilih aplikasi, ketuk pada aplikasi tersebut lalu pilih menu Penyimpanan.pindahkan aplikasi ke SD Card 2
  5. Untuk memindahkan penyimpanan aplikasi, ketuk tombol Ubah lalu pilih kartu SD sebagai penyimpanan aplikasi.pindahkan aplikasi ke SD Card 3
  6. Langkah terakhir, ketuk tombol Pindah kemudian tunggu hingga proses pemindahan aplikasi berhasil dilakukan.pindahkan aplikasi ke SD Card 4

Baca juga : 7 Tips Memperbaiki Proses Charging Lambat Di Android

2. Mengurangi koleksi foto dan video

hapus foto dan file yang tidak diperlukanCara selanjutnya adalah dengan mengurangi koleksi foto, video, maupun file berukuran besar lainnya yang Anda simpan di dalam perangkat. Tentunya ini adalah file yang sudah tidak Anda butuhkan lagi atau sudah disalin ke komputer atau laptop Anda.

Memori cepat penuh karena biasanya Anda sering mengunduh foto atau video dan menyimpannya ke smartphone Anda. Kadang juga Anda menerima kiriman file foto dan video yang tidak terlalu penting dari aplikasi sosial media Anda. Oleh karena itu, sebaiknya Anda segera menghapus file-file yang tidak terlalu penting tersebut untuk memperluas penyimpanan perangkat Samsung Anda.

3. Lakukan Clear Cache

Clear CacheCara ketiga yang bisa Anda coba adalah dengan melakukan Clear Cache. File cache sendiri digunakan agar file atau aplikasi dapat terbuka lebih cepat.

Namun, Cache dan juga temporary files yang jarang dihapus atau dibersihkan akan terus menumpuk di memori internal. Hal inilah salah satu penyebab memori penuh dan membuat sistem android berjalan dengan lambat dan berat.

Dengan menghapus file cache Samsung Anda, maka akan mengurangi beban penyimpanan Anda dan membuatnya lebih longgar.

4. Uninstall aplikasi yang tidak dibutuhkan

uninstall aplikasiCara yang keempat adalah dengan menghapus aplikasi yang jarang digunakan atau bahkan tidak dibutuhkan lagi. Seringkali hal ini dikarenakan Anda mencoba menginstall beberapa aplikasi atau game di perangkat Anda.

Jika terlalu banyak aplikasi dan game yang terinstal di smartphone Samsung Anda, tentunya akan memakan banyak kapasitas penyimpanan. Sebaiknya Anda meng-uninstall aplikasi yang sudah tidak diperlukan lagi agar memori smartphone Anda tidak penuh.

5. Matikan fitur Update Otomatis

Matikan Fitur Update OtomatisCara terakhir yang bisa Anda lakukan adalah dengan mematikan fitur update otomatis di Google Play Store. Pasalnya, Play Store akan meng-update aplikasi bawaan yang jarang Anda gunakan yang tentunya menambah jumlah kapasitas yang dibutuhkan.

Dengan mematikan fitur ini, selain agar tidak membuat penyimpanan ponsel Samsung Anda cepat penuh, hal ini juga bisa menghemat kuota internet Anda.

Baca : Tips Cara Mematikan Auto Update Aplikasi Android

Nah, demikianlah 5 tips cara mengatasi penyimpanan HP Samsung cepat penuh. Tentunya dengan melakukan beberapa langkah diatas, memori Anda jadi lebih longgar dan kinerja perangkat jadi lebih ringan dan cepat. Semoga bermanfaat.

You might also like

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More