5 Tips Agar Tidak Termakan Pesan Spam di Whatsapp

2.192
Tips agar tidak termakan pesan spam di Whatsapp
Foto : Pixabay

Ponselgue.com | Tips Agar Tidak Termakan Pesan Spam di Whatsapp – Dengan lebih dari 1,5 miliar pengguna aktif bulanan, WhatsApp menjadi salah satu platform instant messaging paling populer di dunia. Namun sayangnya, beberapa pihak yang tidak bertanggung jawab memanfaatkan banyaknya pengguna WhatsApp untuk menyebar pesan spam berisi penipuan hingga hoax untuk menyesatkan pengguna platform ini.

Di Indonesia sendiri beberapa kali pengguna sempat dihebohkan dengan berbagai pesan spam di dalam platform yang dimiliki Facebook ini. Yang terbaru adalah penipuan penawaran voucher berhadiah yang mengatasnamakan restoran makanan cepat saji McDonald’s.

Selain itu, sempat diperbincangkan juga kemunculan pesan berisi bug yang berpotensi merusak smartphone. Pada pesan tersebut, terdapat simbol tersembunyi di antara spasi yang berupa malware. Jika ditekan, maka akan menyebabkan kerusakan pada perangkat, mulai dari hang hingga bootloop.

Tentunya para pengguna WhatsApp wajib berhati-hati dalam melakukan tindakan apabila sewaktu-waktu dihadapkan pada situasi tersebut. Berikut sejumlah tips Agar Tidak Termakan Pesan Spam di Whatsapp, sebagaimana Ponselgue kutip dari Digital Trends.

Baca juga :

Tips Agar Tidak Termakan Pesan Spam di Whatsapp

1. Periksa Setiap Kata Pada Pesan

Foto : Pixabay

Hal ini merupakan cara yang paling mudah untuk dilakukan. Anda hanya perlu memeriksa setiap kata pada pesan yang dirasa memberikan penawaran mencurigakan maupun informasi bombastis.

Biasanya terdapat banyak kesalahan penulisan di sana, seperti penggunaan kata-kata yang provokatif dan terkesan dilebih-lebihkan, atau pemakaian huruf kapital tidak pada tempatnya. Selain itu, Anda juga harus memperhatikan hubungan antara kontak pengirim dengan gaya bahasa pada pesan tersebut.

Setiap orang pasti mempunyai gaya penulisan bahasa tersendiri saat berkirim pesan. Dalam hal ini Anda harus memperlajari gaya bahasa teman di kontak Anda. Apabila sewaktu-waktu gaya bahasanya tiba-tiba berubah, Anda harus waspada karena bisa jadi pesan tersebut merupakan spam.

2. Jangan Mudah Tergiur Isi Pesan

Foto : Pexels

Jika Anda mendapatkan sebuah pesan dengan tampilan yang menarik, misalnya yang menawarkan hadiah, jangan langsung percaya terhadap hal tersebut. Biasanya hoax, penipuan, maupun pesan spam lainnya dibuat semenarik mungkin supaya bisa mendapatkan perhatian bagi penerima. Bahkan terkadang dibuat terlalu bagus untuk menjadi sebuah kenyataan.

Hal itu dilakukan supaya pesan tidak hanya dilewatkan begitu saja oleh si penerima. Oleh karena itu, sebaiknya Anda berhenti sejenak dan berpikir apakah isi pesan tersebut terlalu ‘menarik’ atau tidak untuk sebuah penawaran atau informasi.

Baca juga : Alasan Mengapa WhatsApp Dipilih Banyak Orang Indonesia

3. Jangan Memberikan Informasi Pribadi

Foto: Pexels

Ini merupakan hal yang paling penting untuk dilakukan. Jangan sekali-kali memberikan informasi personal Anda terhadap sebuah link yang terdapat di pesan mencurigakan, baik itu alamat maupun nomor kartu kredit.

Selain itu, sebaiknya Anda jangan pernah menjawab pertanyaan seperti “Siapa nama ibu kandung Anda?” atau “Dimana sekolah SD Anda?” pada halaman mencurigakan yang berasal dari tautan di pesan WhatsApp. Hal ini bisa menyebabkan penyebar link tersebut bisa meretas akun apa pun yang membutuhkan jawaban dari pertanyaan yang sama sebagai lapisan keamanan.

Lebih jauh lagi, hindari untuk mendownload lampiran yang Anda rasa mencurigakan. Biasanya pada lampiran tersebut juga berpotensi menyimpan malware atau virus di dalamnya dan bisa merusak smartphone Anda begitu di download.

4. Hati-hati dengan Penawaran yang Mengatasnamakan Perusahaan

Foto : Pexels

Apabila ada pesan berisi penawaran menarik seperti undian berhadiah maupun voucher gratis yang mengatasnamakan perusahaan tertentu, ada baiknya Anda meninjaunya terlebih dahulu. Meskipun tidak menutup kemungkinan bahwa pesan tersebut berisi informasi yang benar, namun tidak lepas dari potensi spam di dalamnya.

Yang perlu Anda lakukan adalah mencari informasi yang berkaitan dengan penawaran tersebut. Jika perusahaan tersebut juga mengumumkna penawaran tersebut di berbagai platform media sosial atau website resmi miliknya, berarti penawaran tersebut benar.

Baca juga : Begini Cara Backup Chat WhatsApp ke iCloud

5. Laporkan Spam

ilustrasi. foto : Pexel

WhatsApp mempunyai fitur  untuk melaporkan kontak asing. Jika pesan yang dikirim memang spam, Anda bisa memanfaatkan fitur tersebut.

Selain itu, Whatsapp sendiri kabarnya tengah menyiapkan fitur penangkal pesan spam. Fitur yang dimaksud ditujukan untuk mengatasi penyebaran spam dan virus melalui pesan berantai. Namun, sejak kabar tersebut mencuat pada awal tahun ini, pihak WhatsApp masih belum memberikan keterangan resmi jika fitur tersebut sudah resmi dirilis sampai saat ini.

Nah, itulah beberapa tips agar tidak termakan pesan spam di Whatsapp. Tentunya Anda harus lebih berhati-hati jika Anda menerima pesan seperti ini.

You might also like

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More