Cara Menggunakan Fitur Picture-in-Picture di MIUI 10

3.116

Ponselgue – Setiap update MIUI, biasanya Xiaomi juga menghadirkan beberapa fitur baru. Pada MIUI 10, salah satu fitur yang bisa dijumpai adalah picture-in-picture atau yang disingkat denagn istilah PIP.

Sebenarnya fitur PIP ini merupakan fitur yang dihadirkan Google pada Android 8.0 Oreo. Karena MIUI 10 sendiri dibangun berdasarkan sistem Android tersebut, alhasil ada beberapa fitur yang diusung Xiaomi pada siste khusus buatannya. Bahkan dimodifikasi dengan meniru fitur Android 9 Pie, seperti tombol slider volume vertikal hingga gesture untuk navigasi.

Cara Menggunakan Fitur Picture-in-Picture di MIUI 10
Foto : https://c.mi.com/thread-1205472-1-0.html


Baca juga : 2 Cara Mengatasi Lupa Password Mi Account

Fitur PIP ini diadopsi Google dari tayangan TV. Yang mana pada saat sebuah program ditampilkan penuh pada layar, dapat disisipi program lain dan berjalan bersamaan.

Berbeda dengan fitur split screen yang sudah ada pada versi sebelumnya. Pada fitur picture-in-picture ini layar tidak akan terbagi menjadi dua tampilan, melainkan menggunakan tampilan melayang selayaknya picture-in-picture di TV. Dengan kata lain, kita bisa menjalankan beberapa aplikasi secara bersamaan.

Lalu, bagaimana cara mengaktifkan dan menggunakan fitur picture-in-picture di MIUI 10 ini? Berikut selengkapnya.


Baca juga : Penyebab dan Cara Mengatasi HP Xiaomi di Charge Tidak Mengisi

Cara Menggunakan Fitur Picture-in-Picture di MIUI 10

1. Pertama, aktifkan terlebih dahulu fitur picture-in-picture di perangkat Xiaomi Anda dengan membuka Settings lalu pilih Additional settings.

2. Pilih opsi Privacy lalu masuk ke Picture-in-picture.

picture in picture miui 10

3. Setelah itu, Anda bisa memilih mengatur aplikasi apa saja yang diperbolehkan untuk mengakses fitur PIP.

4. Selanjutnya Anda harus mengatur aplikasi yang akan diaktifkan menggunakan fitur tersebut. Misalnya, pada aplikasi VLC, Anda bisa masuk ke PreferencesBackground/PIP mode dan pilih opsi Play videos in picture-in-picture mode.

picture in picture miui 10

5. Untuk menggunakannya, silahkan buka video dengan menggunakan aplikasi VLC.

6. Pada saat video diputar, tekan tombol Home. Nantinya secara otomatis, tampilan video akan berubah menjadi layar melayang.


Baca juga : Cara Mudah Mengganti Font Xiaomi Semua Tipe

Saat ini sudah cukup banyak aplikasi yang sudah mendukung fitur PIP, seperti Chrome, YouTube, VLC, Netflix, dan yang lainnya. Namun setiap aplikasi tentunya memiliki cara yang berbeda untuk mengaktifkannya pada masing-masing aplikasi.

Nah, itulah tadi cara menggunakan fitur picture-in-picture di MIUI 10. Selamat mencoba!

You might also like

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More