Cara Mengatasi Error Screen Overlay Detected di HP Samsung

Ponselgue.com | Cara Menonaktifkan Screen Overlay Samsung Semua Tipe – Pada sistem Android Marshmallow keatas, pengguna sering mengeluhkan munculnya pesan Screen Overlay Detected atau masalah terkait hamparan layar.

Google sendiri sudah meningkatkan keamanan terhadap privasi dengan membatasi izin akses dari aplikasi di Android Marshmallow atau versi Android versi yang lebih baru. Sehingga, pada saat pengguna menginstal aplikasi baru, aplikasi akan meminta pengguna untuk mengaktifkan beberapa izin akses supaya aplikasi bisa bekerja.

Hal ini bisa berakibat pada beberapa aplikasi, sehingga nantinya perangkat menampilkan pesan error hamparan layar atau Screen Overlay Detected. Nah, salah satu smartphone yang sering mengalami masalah ini adalah Samsung.

Baca juga :

Apakah pesan error “Screen Overlay Detected” berbahaya?

Anda tidak perlu khawatir karena permasalah munculnya pesan error hamparan layar di smartphone Android bukan permasalahan yang berbahaya karena hal ini disebabkan oleh permasalahan izin aplikasi untuk mengakses perangkat.

Menilik dari alasan ini, munculnya pesan error screen overlay detected merupakan hal yang wajar, mengingat adanya aplikasi baru yang membutuhkan akses ke izin akses terkait. Maka dari itu, masalah ini dapat diatasi hanya dengan mengaktifkan izin yang dibutuhkan oleh aplikasi tersebut.screen overlay detectedSayangnya, pada beberapa kasus, ada pengguna yang sudah mengaktifkan izin dari aplikasi namun masih notifikasi error  Screen Overlay Detected masih saja muncul.

Nah, apabila kasus ini terjadi, maka sebaiknya Anda mengaktifkan izin akses melalui mode aman atau Safe Mode. Bagi pengguna smartphone Samsung, berikut cara mengaktifkan izin akses melalui Safe Mode.

Cara Menonaktifkan Screen Overlay Samsung

  1. Matikan perangkat, kemudian nyalakan kembali.
  2. Nantinya pada saat muncul logo Samsung, tekan tombol volume ke bawah untuk masuk ke Safe Mode.
  3. Jika pada tampilan sistem operasi terdapat tulisan Safe Mode di bagian bawah layar, maka Anda sudah berhasil masuk ke mode aman atau Safe Mode.
  4. Selanjutnya masuk ke Settings, lalu pilih Apps, setelah itu cari aplikasi yang menimbulkan Screen Overlay Detected, kemudian masuk ke bagian permission.
  5. Atur izin akses yang diperlukan oleh aplikasi.

Setelah selesai, selanjutnya restart perangkat tanpa perlu menekan tombol apapun.

Jika perangkat sudah masuk ke homescreen, harusnya aplikasi sudah tidak menampilkan pesan error Screen Overlay Detected lagi. Nantinya Anda bisa mengeceknya dengan mengakses aplikasi tersebut setelah perangkat menyala.

You might also like

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More