6 Tips Cara Mengatasi Tidak Bisa Upload Foto dan Video Di Instagram

60.375

Ponselgue.com | 6 Tips Cara Mengatasi Tidak Bisa Upload Foto dan Video di Instagram – Instagram bukan hanya sebagai media social tempat berbagi foto dan video, namun telah berkembang menjadi media promosi dan lapak jualan. Bagi Anda yang suka berbagi foto, mungkin pernah mengalami kejadian tiba-tiba gagal dan tidak bisa upload foto dan video Anda di Instagram.

Ada beberapa penyebab, yang umum adalah koneksi internet yang tidak stabil dan juga dikarenakan oleh menumpuknya file cache Instagram di Android.Tidak Bisa Upload Foto dan Video Di InstagramSeperti yang telah kita ketahui, pemakaian aplikasi Instagram di Android menghasilkan cache yang cukup banyak. Apalagi instagram merupakan sosial media yang membutuhkan banyak data untuk meload gambar dan video untuk ditampilkan. Jika cache jarang di bersihkan akan semakin menumpuk sehingga menjadi beban,akibatnya aplikasi menjadi berat saat dijalankan.

Untuk masalah sinyal, mungkin ini bisa dikatakan masalah klasik utama kenapa gagal mengunggah foto dan video di instagram. Tentu saja untuk melakukan hal tersebut harus memiliki koneksi jaringan internet yang baik dan stabil.

Baca juga :

6 Tips Untuk Mengatasi Tidak Bisa Upload Foto dan Video di Instagram

Jika Anda sedang mengalami masalah dimana Anda Anda gagah mengunggah foto maupun video di akun Instagram Anda, jangan panik. Saya telah merangkum 6 tips cara mengatasi tidak bisa upload foto dan video di Instagram yang bisa Anda coba lakukan untuk menyelesaikan masalah tersebut.

1. Restart Smartphone Android

Tujuan merestart smartphone Android adalah untuk memuat ulang sistem dan kinerja perangkat yang kita gunakan, sehingga sistem dan aplikasi yang berada di smartphone Android dapat berjalan sebagai mana mestinya sehingga kinerja perangkat menjadi maksimal. Selain itu, tindakan ini juga bisa mengurangi error pada saat menggunggah foto.

2. Bersihkan Cache Data

File cache yang menumpuk juga bisa jadi penyebab aplikasi Instagram menjadi berat dan tidak bisa dibuka. Anda bisa menghapusnya secara manual dengan cara buka Pengaturan ponsel Anda, pilih menu Setelan Tambahan, masuk ke submenu Manajemen Aplikasi  lalu cari aplikasi “Instagram”, kemudian tap “Clear Cache”.

Anda juga bisa menggunakan aplikasi Cleaner untuk menghapus cache dan junk files dengan mudah. Saya sendiri menggunakan aplikasi SD Maid.

3. Update Instagram ke versi terbaru

Adakalanya penyebab kita tidak bisa mengunggah foto/video di Instagram adalah karena belum mengupdate Instagram ke versi terbaru. Silahkan periksa di Playstore apakah tersedia update terbaru, kemudian lakukan update jika tersedia.

Silahkan kunjungi tautan berikut untuk memeriksa Update Instagram terbaru di Play Store.

Baca juga :

4. Re-install Instagram

Ada kemungkinan aplikasi Instagram yang terinstall di perangkat Android Anda mengalami error. Coba hapus aplikasi Intagram Anda, kemudian install ulang melalui Google Playstore.

Caranya, buka Pengaturan Android Anda, pilih menu Setelan Tambahan, masuk ke submenu Manajemen Aplikasi  lalu cari aplikasi “Instagram”, kemudian tap “Hapus Instalasi”. Selanjutnya, Anda tinggal masuk ke Google Play Store kemudian menginstall ulang Instagram, atau Anda bisa download disini.

5. Tunggu 1×24 Jam

Jika semua cara di atas sudah di coba namun Anda masih gagal mengunggah foto Anda di Instagram, cara alternatif lain adalah menunggu selama 1×24 jam. Setelah itu Anda tinggal menunggu perkembangannya. Jika masih belum ada perubahan, baru lakukan solusi terakhir di bawah ini.

6. Laporkan ke Instagram

Solusi terakhir adalah melaporkan masalah ini ke pihak Instagram. Caranya mudah, Anda tidak perlu repot-repot mengirimkan email laporan, karena Instagram sudah menyediakan menu khusus untuk melaporkan jika terjadi suatu masalah atau terdapat sesuatu yang tidak berfungsi. Berikut ini caranya :

  1. Buka profil dengan mengetuk
  2. Ketuk ikon tiga titik di pojok kanan atas, lalu gulir ke bawah dan ketuk Laporkan Masalah
  3. Ketuk Sesuatu Tidak Berfungsi dan jelaskan masalah yang Anda alami

Pastikan untuk menuliskan serinci mungkin tentang masalah tersebut di laporan Anda. Informasi seperti jenis ponsel atau tablet yang Anda gunakan dan kondisi perangkat untuk memudahkan tim Instagram membantu mengatasi masalah Anda.

~~ FINAL TIPS!! ~~

PERIKSA KONEKSI INTERNET

Ingat! Anda tidak mungkin bisa mengupload foto/video menggunakan koneksi internet yang lemah. Cobalah beralih menggunakan koneksi lain, misalnya menggunakan Wifi atau mengganti kartu yang Anda gunakan. Bisa jadi, kegagalan unggahan tersebut dikarenakan koneksi yang sebelumnya Anda gunakan sedang mengalami gangguan.

Untuk mengatasi sinyal Android Anda yang lemah, baca artikel berikut “Tips Mengatasi Sinyal Android Lemah Dan Sering Hilang“.

Nah, demikianlah 6 tips cara mengatasi tidak bisa upload foto dan video di Instagram yang dapat Anda coba lakukan. Jika Anda mengalami kesulitan, silahkan tulis pertanyaan pada kolom komentar di bawah ini. Jangan lupa untuk terus mengunjungi Ponselgue.com untuk mendapatkan tips dan artikel menarik lainnya.

Baca konten mengenai Instagram lainnya :

You might also like

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More