3 Tips Penting Agar Akun Instagram Aman Dari Hacker

5.171

tips mengamankan akun Instagram dari hackerPonselgue.com | 3 Tips Mengamankan Akun Instagram Supaya Tidak Terkena Hack – Menurut hasil survei WeAreSocial.net dan Hootsuite, Instagram merupakan platform media sosial dengan jumlah pengguna terbanyak ke tujuh di dunia. Total pengguna Instagram di dunia mencapai angka 800 juta pada Januari 2018.

Selain sebagai jejaring sosial untuk berbagi foto dan video, Instagram kini juga digunakan sebagai portofolio (biasanya para fotografer) dan juga untuk memasarkan produk bisnis. Tak sedikit juga pengguna yang memperoleh uang dari Instagram, baca 5 Cara Menghasilkan Uang Dari Instagram.

Namun berkat kepopulerannya juga, beberapa waktu terakhir ini sering sekali terjadi peretasan akun Instagram yang tentu saja sangat merugikan pemilik akun. Selain pengguna yang akunnya diretas tidak dapat membuka akun Instagramnya sendiri, dan tak jarang akun Instagram tersebut disalahgunakan oleh pihak peretas.

Nah, berikut ini ada beberapa tips mengamankan akun Instagram agar tidak di hack oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

Baca juga : Begini Cara Mudah Repost Instagram Story

Tips Mengamankan Akun Instagram Dari Hacker

1. Membuat password yang unik dan rumit

Tips yang pertama ini mungkin sudah bukan menjadi rahasia umum, namun hal ini memang sangat penting untuk dilakukan. Banyak pengguna yang masih sering malas untuk melakukannya, yaitu membuat password seunik mungkin.

Dengan alasan mudah lupa, banyak orang yang membuat password ‘yang mudah ditebak’ seperti tanggal lahir, singkatan dan inisial nama sendiri, atau berupa nomor HP.

Dengan membuat password yang rumit, maka akan memperkecil kemungkinan peretasan akun Instagram Anda. Buat password dengan kombinasi karakter antara angka, huruf, dan huruf kapital. Nah, supaya Anda tidak lupa, catat password tersebut di tempat yang aman dan tidak mudah dibuka oleh orang lain.

Baca juga : Begini Cara Membuat Foto Bergerak di Instagram

2. Aktifkan Autentikasi Dua Faktor

Tips selanjutnya adalah dengan mengaktifkan Two-Factor Authentication (autentikasi dua faktor). Cara ini mengharuskan pengguna memasukan kode unik ke Instagram. Jadi, setiap kali melakukan log in di perangkat lain, pengguna akan diminta Instagram untuk memasukan kode unik tersebut.

Karena kode unik hanya diketahui oleh pemilik akun, jadi para hacker akan kerepotan saat ingin mengakses akun pengguna karena tidak mengetahui tentang kode unik tersebut.

Cara mengaktifkannya pun cukup mudah, yaitu masuk ke menu “Setting”. Selanjutnya ketuk menu “Account”  kemudian aktifkan opsi “Two-Factor Authentication“. Selanjutnya Instagram akan mengirimi kode verifikasi ke nomor HP yang didaftarkan di akun Instagram. Setelah itu masukan kode verifikasi tersebut untuk mendapatkan kode unik.

Nantinya, kode tersebut akan digunakan saat pengguna akan mengakses akun Instagram di perangkat lain. Sangat aman, bukan?

Baca juga : Cara Menggunakan Fitur IGTV di Instagram

3. Hindari log-in di sembarang perangkat

Foto : Pexels

Mungkin Anda pernah menumpang untuk membuka akun Instagram di smartphone atau laptop teman. Nah, yang menjadi masalah adalah saat setelah selesai mengakses Instagram, Anda lupa untuk mengeluarkan akun atau log out. Tentunya hal ini akan membuat perangkat tersebut bisa mengakses akun Instagram Anda kapan saja.

Untuk itu sebaiknya setelah Anda selesai membuka Instagram di perangkat lain, jangan lupa untuk mengeluarkannya atau log out. Namun ternyata log out saja tidak cukup.

Alasannya? jika hanya log out, data e-mail dan password Anda masih tersimpan di perangkat tersebut. Untuk menghapusnya adalah dengan me-remove akun Instagram Anda di menu “Setting” kemudian scroll ke bawah dan pilih “Add Account“.

Biasanya, akun Anda masih tertaut di perangkat tersebut. Pilih “Remove Account” untuk menghapusnya informasi login akun Anda secara keseluruhan.

Baca juga : Cara Menghapus Riwayat Pencarian di Instagram Agar Tidak Ketahuan

Nah, itulah tadi beberapa tips mengamankan akun Instagram supaya tidak diretas oleh hacker. Bagaimana? mudah, bukan?

You might also like

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More