3 Cara Memindahkan File, Foto, dan Video dari HP Ke Laptop

Ponselgue.com | 3 Cara Transfer File Dari HP Ke Laptop – Media penyimpanan internal pada smartphone biasanya memiliki kapasitas yang terbatas. Hal ini tentunya menjadi sedikit menjadi kendala saat ingin menyimpan banyak file di dalamnya.

Perangkat lama sangat berbeda dengan smartphone flagship mempunyai penyimpanan yang bisa mencapai ratusan gigabite. Kebanyakan ponsel lawas dibekali dengan memori internal yang sangat terbatas, bahkan terkadang saat ingin menginstal beberapa aplikasi saja sudah tidak muat.

Oleh karena itu, pengguna harus memindahkan data-data yang disimpan di perangkat seluler tersebut ke laptop atau komputer, yang notabene mempunyai kapasitas penyimpanan yang lebih besar.mengirim file dari hp ke komputer

Baca juga :

3 Cara Transfer File dari HP ke Laptop

Terlepas dari smartphone tipe baru atau lama, memindahkan file, foto, video, atau konten lainnya ke komputer seringkali dibutuhkan. Nah, bagi Anda yang ingin mengetahui cara transfer file dari HP ke Laptop, simak selengkapnya berikut ini.

1. Transfer file menggunakan kabel data

Cara yang pertama yang bisa dilakukan untuk mengirimkan file, foto, video maupun file jenis lain dari HP ke laptop adalah dengan menggunakan kabel data. Cara ini bisa dilakukan oleh semua smartphone, termasuk yang bersistem operasi Android.

Transfer file dari HP ke Laptop Via Kabel Data

Untuk bisa melakukan cara ini, pengguna harus memiliki kabel data yang sesuai dengan perangkat yang digunakannya. Biasanya vendor sudah melengkapi kabel data bawaan di setiap pembelian perangkat Android yang juga bisa berfungsi sebagai kabel charger.

Nantinya Anda hanya perlu menghubungkan smartphone dengan laptop, kemudian mengaktifkan opsi mode transfer file di smartphone.

2. Memindahkan file melalui Bluetooth

Cara selanjutnya adalah dengan menggunakan media bluetooth. Namun untuk bisa menggunakan cara ini, tentunya kedua perangkat harus memiliki dukungan bluetooth, baik itu perangkat seluler maupun komputer yang digunakan.

Sebelum Anda bisa memindahkan file dari smartphone ke laptop atau komputer, Anda harus melakukan pairing antara kedua perangkat tersebut saat pertama kali menggunakannya.

Bagi Anda yang menggunakan laptop/ komputer yang menjalankan OS Windows 10, Anda bisa mengaktifkan menu Bluetooth melalui menu action center yang terdapat di pojok kanan bawah. Selanjutnya tekan tombol Bluetooth, apabila tidak menemukannya silahkan tekan tombol Expand.

Setelah itu, aktifkan juga Bluetooth di perangkat seluler, kemudian lakukan proses scanning perangkat Bluetooth di sekitar. Jika proses sudah selesai, pilih nama Bluetooth pada laptop.

Nantinya pada laptop akan muncul notifikasi Add a Device, kemudian klik pada notifikasi tersebut. Kedua perangkat nantinya juga akan menerima kode pairing, kemudian klik tombol konfirmasi Pair atau Yes yang sesuai pada HP dan laptop.

Transfer file dari HP ke Laptop Via bluetooth

Untuk mengirimkan file dari HP ke laptop, klik pada tombol Show Hidden Item (ikon anak panah ke atas) di laptop. Anda bisa menemukan tombol ini pada deretan yang sama dengan menu action center. Selanjutnya klik kanan pada ikon Bluetooth, lalu pilih Receive a file.

Sementara pada smartphone, silahkan lakukan pengiriman file melalui Bluetooth seperti biasanya. Anda bias memilih file yang akan dikirim, selanjutnya pilih opsi share, pilih Bluetooth, setelah itu cari nama Bluetooth laptop, kemudian ketuk pilihan tersebut. Tunggu proses pengiriman berjalan.

Jika proses sudah selesai, pada laptop akan muncul Save the received file. Silahkan atur tempat penyimpanan yang Anda kehendaki dengan memilih tombol Browse, setelah selesai klik tombol Finish.

Baca juga :

3. Mengirim file melalui aplikasi (Share It)

Transfer file dari HP ke Laptop Via Share It

Opsi terakhir jika laptop Anda tidak mendukung konektivitas Bluetooth, Anda bisa menggunakan konektivitas Wi-Fi sebagai alternatifnya. Untuk bisa menggunakan metode ini, Anda harus menginstall aplikasi Share It di perangkat seluler maupun di laptop.

Caranya cukup mudah, buka SHAREit pada laptop/ PC, kemudian tunggu sebentar sampai hotspot otomatis dibuat oleh SHAREit yang ditandai dengan tulisan “Waiting to be connected”.

Semantara pada smartphone, buka aplikasi Share It kemudian ketuk pada tombol Kirim. Selanjutnya pilih file yang akan dikirim, setelah selesai ketuk opsi kirim. Pada saat scanning, ketuk tombol “Connect PC”, setelah akun Laptop anda ditemukan, ketuk pada avatar laptop Anda. Nantinya laptop akan meminta persetujuan akses, tunggu beberapa saat agar kedua device benar-benar terhubung.

Tunggu proses transfer filenya berjalan. Jika sudah selesai, Anda bisa memutuskan koneksi dengan mengeklik tombol “Disconnect”.

Nah, itulah tadi 3 cara transfer file dari HP ke laptop. Dengan ketiga metode diatas, Anda bisa dengan mudah mengirim foto, video, maupun file jenis lain antar kedua device.

Anda lebih menyukai metode yang mana?

 

Comments
Loading...

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More