Penyebab Dan Cara Mengatasi Whatsapp Tidak Bisa Dibuka Di Android

Ponselgue.com | Penyebab dan Solusi Mengatasi Whatsapp Tidak Bisa Dibuka Di Android – Saat ini kita dipermudah dengan adanya aplikasi pesan instan yang dapat mengirim pesan secara realtime melalui internet. Salah satu yang paling banyak digunakan adalah Whatsapp. Banyak sekali yang merasa terbantu dengan aplikasi ini, selain karena penggunaannya yang mudah, aplikasi ini tidak boros kuota.

Pada tahun 2010-2013, aplikasi chatting terpopuler masih dipegang oleh BMM, sayangnya aplikasi tersebut hanya bisa digunakan pada Platform Blackberry saja. Namun, semenjak Whatsapp diakuisi Facebook pada Februari 2014, aplikasi ini semakin banyak dikenal dan dipergunakan karena berbagai fitur dan keamanannya. Berdasarkan data yang saya rangkum dari Statista.com, jumlah pengguna Whatsapp aktif harian pada kuarter 3 tahun 2017 mencapai lebih dari 300 juta pengguna. Whatsapp tidak bisa dibuka

Di Google Playstore sendiri Whatsapp sudah di download lebih dari 7 miliar kali oleh pengguna Android. Namun, seperti aplikasi Android lainnya, terkadang Whatsapp juga mengalami masalah dan error saat akan dipergunakan. Yang sering terjadi adalah aplikasi Whatsapp tidak bisa dibuka di Android. Biasanya pada saat akan membuka aplikasi, muncul pesan “Aplikasi telah berhenti” atau “Unfortunately, Whatsapp Has Been Stopped“.

Nah, pada artikel kali ini saya akan mengulas secara singkat penyebab dan solusi untuk mengatasi masalah Whatsapp tidak bisa dibuka. Simak selengkapnya di bawah ini.

Penyebab Whatsapp Tidak Bisa Di Buka

Bagi Anda yang sangat mobile dan membutuhkan aplikasi Whatsapp untuk berinteraksi, masalah seperti ini sangat mengganggu. Apalagi jika ada sesuatu hal yang penting (terutama para seller online), pasti Anda merasa jengkel jika pada saat ingin membuka aplikasi Whatsapp ternyata mengalami masalah.

Penyebab aplikasi Whatsapp yang tidak bisa dibuka pada smartphone Android ini beragam, mulai dari menumpuknya file cache, system error, Android terkena virus atau karena aplikasi Whatsapp tidak pernah di update ke versi terbaru.

Baca juga :

Cara Mengatasi Whatsapp Tidak Bisa Dibuka Di Android

Ada beberapa tips sederhana yang dapat Anda coba untuk mengatasi aplikasi Android error atau tidak bisa dibuka. Untuk mengatasi Whatsapp tidak bisa dibuka di smartphone Android, simak tips-nya  di bawah ini.

1. Update Aplikasi Whatsapp

Adakalanya penyebab kita tidak bisa tidak bisa menggunakan aplikasi Whatsapp adalah karena belum mengupdate Whatsapp ke versi terbaru. Silahkan periksa di Playstore apakah tersedia update terbaru, kemudian lakukan update jika tersedia. Kunjungi tautan berikut untuk memeriksa Update Whatsapp terbaru di Play Store.Update WhatsApp

2. Hapus Cache Whatsapp

File cache yang menumpuk juga bisa jadi penyebab aplikasi Whatsapp menjadi berat dan tidak bisa dibuka. Anda bisa menghapusnya secara manual dengan cara buka Pengaturan ponsel Anda, pilih menu Setelan Tambahan, masuk ke submenu Manajemen Aplikasi  lalu cari aplikasi “Whatsapp”, kemudian tap “Clear Cache”.Hapus Cache WhatsApp

Anda juga bisa menggunakan aplikasi Cleaner untuk menghapus cache dan junk files dengan mudah. Saya sendiri menggunakan aplikasi SD Maid.

3. Force Stop dan Clean Data

Jika Anda memilih melakukan Clean Data, semua data Whatsapp seperti data login, history, dll akan bersih dan hilang. Sedangkan opsi Force Stop ini untuk menghentikan aplikasi secara ‘paksa’.

Caranya, buka Pengaturan ponsel Anda, pilih menu Setelan Tambahan, lalu pilih submenu Manajemen Aplikasi kemudian cari aplikasi “Whatsapp”.  Kemudian ketuk pada “Paksa Berhenti” dan “Hapus Data”.Hapus Data Aplikasi WhatsApp

4. Re-Install Whatsapp

Ada kemungkinan aplikasi Whatsapp yang Anda mengalami error sehingga tidak bisa di buka. Coba hapus terlebih dahulu aplikasi Whatsapp Anda, kemudian re-install melalui Google Play Store.

Buka Pengaturan Android Anda, pilih menu Setelan Tambahan, masuk ke submenu Manajemen Aplikasi  lalu cari aplikasi “Whatsapp”, kemudian tap “Hapus Instalasi”.Hapus Aplikasi WhatsApp

Selanjutnya, Anda tinggal masuk ke Google Play Store kemudian menginstall ulang Whatsapp, atau Anda bisa download disini.

5. Restart Smartphone

Silahkan matikan smartphone Android anda, kemudian lepaskan SIM Card, Memory Card (micro SD), dan juga Baterai (jika removable). Kemudian tekan tombol On/Off selama 15 detik untuk menghilangkan daya statis smartphone. Kemudian pasang dan nyalakan kembali smartphone Android anda.

6. Kembalikan ke Pengaturan Pabrik

Jika semua langkah di atas masih belum membuahkan hasil, jurus pamungkas yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi error Sayangnya Whatsapp Telah Berhenti adalah dengan mengembalikan ke pengaturan pabrik. Ini langkah terakhir (selain flash ulang) untuk mengatasi notifikasi “Whatsapp tidak menanggapi. Anda ingin menutupnya?” atau “Sayangnya Whatsapp telah Berhenti”.

Untuk melakukan Factory Reset, buka menu Pengaturan ponsel, kemudian masuk ke Setelan Tambahan”. Setelah itu silahkan pilih menu Buat Cadangan dan Reset, kemudian pilih “Hapus Semua Konten dan Pengaturan”.

Atau jika ingin melakukan hard reset, matikan ponsel Android, masuk ke menu recovery dengan menekan tombol kombinasi (tergantung dari type ponsel Anda), pilih Wipe Data/ Factory Reset”, lakukan konfirmasi dengan memilih “YES”.

Baca tutorial hard reset di halaman ini.

NOTE!! :  Me-reset perangkat ini mengembalikan ponsel seperti pertama kali dari pabrik. Semua data-data yang tersimpan di dalam ponsel seperti informasi login, dokumen, kontak, SMS, dan file media akan terhapus. Pastikan untuk membackupnya terlebih dahulu.

~~ Bonus TIPS ~~

Sebagai alternatif, Anda juga bisa menggunakan aplikasi Whatsapp MOD. Yang paling terkenal saat ini adalah GBWhatsapp. Dengan beragam fitur tambahan yang tidak Anda temui di Whatsapp Official, saya rasa aplikasi MOD ini layak Anda coba. Silahkan Download DISINI

Nah, demikianlah ulasan singkat saya mengenai penyebab dan tips bagaimana cara mengatasi Aplikasi Whatsapp tidak bisa dibuka di Android. Anda bisa menerapkan tips-tips di atas jika mengalami permasalahan yang sama.

Kunjungi terus Ponselgue.com untuk tips dan artikel seputar smartphone lainnya. Semoga bermanfaat..!!

Anda mungkin juga berminat

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More