Youtube Music, Layanan Streaming Musik Tandingan Spotify

Foto : Weird

Ponselgue.com | Youtube Music, Layanan Streaming Musik Besutan Youtube – Saat ini aplikasi streaming musik cukup menjadi favorit bagi para pendengar musik. Hal ini membuat platform berbagi video, YouTube, berkeinginan untuk membuat produk serupa.

Nah, bergerak di bawah perusahaan induk Google, yaitu Alphabet, layanan streaming musik yang diberi nama YouTube Music resmi diluncurkan.

Kehadiran YouTube Music tentunya akan memanaskan persaingan layanan streaming musik karena sebelumnya sudah ada beberapa pemain besar seperti Spotify, Apple Music, Deezer, JOOX, dan yang lainnya.

Lalu, apa yang menarik dari Youtube Music?

Kombinasi musik dan video

Youtube Music
foto : edmtunes

Bisa dibilang Youtube dapat menjadi sebesar ini berkat ekosistem video yang begitu besar di dalamnya. Nah, dalam hal ini mereka tak ingin meninggalkan identitas tersebut saat membuat layanan streaming musik buatannya.

YouTube Music akan memiliki fokus lebih banyak pada video musik dibandingkan para kompetitornya. Namun, bagi pengguna yang hanya ingin mendengarkan musik bisa berfungsi sebagai layanan audio.

Layanan streaming musik milik Google ini akan memakai koleksi database yang terdapat di platform utama mereka. Artinya, pengguna bisa memilih lagu, album, playlist hingga bisa mengakses katalog YouTube lainnya seperti remix, live performances, video musik, dan cover version.

Baca juga : Hemat Kuota, Berikut 4 Kelebihan YouTube Go

Personalisasi otomatis

youtube music 9to5Mac
Foto : 9to5Mac

Tak hanya menampilkan playlist dengan tema tertentu, personalisasi layar home secara otomatis menampilkan rekomendasi berdasarkan berbagai macam faktor. Selain berdasarkan dari apa yang didengarkan pengguna sebelumnya, YouTube Music juga akan menampilkan playlist berbasarkan lokasi dan bahkan pada aktivitas yang sedang dilakukan.

Misalnya, pengguna yang sedang lembur di depan laptop atau sedang berada di gym, YouTube Music akan menampilkan rekomendasi playlist yang cocok untuk menemani aktivitas tersebut.

Baca juga : Cara Download Video Youtube Di Android

Tersedia versi gratis dan premium

tube filter
foto : ube filter

Sama seperti layanan streaming musik lainnya, YouTube Music tersedia secara gratis bagi mereka yang tidak keberatan untuk mendengarkan iklan di sela pergantian lagu. Selain itu, pengguna free version hanya akan memiliki pilihan playlist yang lebih sedikit.

Sementara bagi yang bersedia untuk berlangganan, selain tidak akan terganggu iklan, pengguna juga bisa mendownload lagu untuk didengarkan secara offline serta beberapa keunggulan lainnya.

Baca juga : Cara Blokir IKLAN YouTube Di Android Dengan Mudah

Terdapat dua pilihan harga berlangganan layanan ini, yakni yang pertama adalah sebesar $9.99 per bulan. Pelanggan akan mendapatkan fitur YouTube Music Premium.

Sedangkan bagi yang aktif bisa memilih paket harga yang kedua, yaitu seharga $11.99 per bulan. Selain bisa menikmati fitur Music Premium, pengguna juga akan memperoleh akses ke konten YouTube Originals seperti Cobra Kai, bisa mengunduh video untuk ditonton secara offline, dan lain sebagainya.

Pelanggan Google Play Music bisa mengakses secara gratis

Bagi yang berlangganan Google Play Music, pengguna bisa mengakses YouTube Music tanpa harus mengeluarkan biaya tambahan. Namun, layanan ini tak tersedia sebagai ekstra bagi para pelanggan YouTube Red.

Baca juga : Cara Menghapus Riwayat Youtube Tanpa Bekas di Aplikasi dan Web

Industri streaming musik memang sedang naik daun, maka tak heran jika Google ingin ikut terjun langsung di sana dengan membawa brand terpopulernya ini.

Pertanyaannya, apakah YouTube Music akan menjadi pesaing berat pasar yang sedang dirajai oleh Spotify dan Apple Music ini? Biarkan waktu yang akan menjawabnya.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More