3 Alternatif URL Shortener Terbaik Selain goo.gl

Ponselgue.com | 3 Alternatif Pemendek URL Terbaik Selain goo.gl – Google menyatakan bahwa pihaknya akan segera mematikan layanan URL Shortener mereka,  yakni goo.gl. mulai April 2018. Hal ini berlaku bagi pengguna yang belum pernah login (anonim) dan bagi mereka yang belum pernah membuat short link sebelumnya.

Sementara untuk Hal itu membuat kamu tidak bisa memakai short link yang baru mulai Maret 2019. Sementara untuk pengguna yang sebelumnya sudah pernah membuat short link, masih dapat menggunakan layanan tersebut hingga 30 Maret 2019 mendatang.

Google
Ilustrasi (Pixabay)

Hal ini tentunya menjadi kabar buruk bagi yang sering menggunakan layanan penyingkat URL paling populer tersebut.

Namun, Anda tidak perlu merasa khawatir. Masih ada beberapa alternatif pemendek URL lainnya yang mempunyai fungsi yang sama dengan goo.gl. Berikut daftar selengkapnya.

3 Alternatif Pemendek URL Terbaik Selain goo.gl

1. Bit.ly

Bit.ly

Nah, layanan URL Shortener ini mempunyai fungsi yang sama dengan goo.gl. Bahkan melalui blognya, Google merekomendasikan Bitly sebagai alternatif penyingkat URL. Seperti penyingkat URL lainnya, Bitly juga memungkinkan membuat short link tanpa harus memiliki akun.

Menariknya, Bitly juga menawarkan opsi kustomisasi short link tersebut sesuai dengan huruf yang Anda inginkan. Selain itu, Anda juga dapat mengetahui berapa jumlah klik short link yang telah Anda buat.

Ada 3 opsi pengguna yang ditawarkan oleh Bitly. Pertama, pengguna anonim yang hanya ingin memperpendek sebuah URL tanpa harus membuat akun. Kedua, pengguna akun gratis yang memungkinkan Anda menyingkat sebuah URL serta meng-customnya sesuai dengan keinginan Anda. Pengguna jenis kedua ini juga mampu melacak jumlah klik terhadap semua short link yang dibuat dengan jarak waktu 30 hari.

Sedangkan yang ketiga adalah akun enterprise. Jenis akun ini biasanya dipakai oleh perusahaan yang menginginkan sebuah layanan yang lebih dari sekedar penyingkat URL. Kelebihan tipe akun ini, pengguna dapat memodifikasi semua huruf short link yang sudah dibuat, termasuk awalan bit.ly.

2. Ow.ly

Bit.ly

Selain Bitly, di blognya Google juga merekomendasikan Ow.ly sebagai situs penyingkat URL. Tidak seperti Bitly yang dapat digunakan oleh siapa saja, Ow.ly mengharuskan Anda untuk membuat akun Hootsuite terlebih dahulu untuk dapat menggunakan layanannya.

Dulunya Ow.ly juga dapat digunakan untuk memperpendek URL tanpa harus membuat akun. Namun dengan alasan keamanan pengguna, Ow.ly kini mengharuskan Anda membuat akun. Anda bisa membuat akun tersebut secara gratis, atau jika menginginkan layanan lebih Anda bisa memilih tipe akun premium.

3. TinyURL

TinyURL

TinyURL merupakan pemendek URL yang masih eksis dari dulu sampai sekarang. Meskipun secara tampilan webnya tidak se-modern Bit.ly atau Ow.ly. Akan tetapi, Anda bisa menggunakan situs ini untuk menyingkat URL tanpa harus membuat akun terlebih dahulu, bahkan bisa mengkustomisasinya tanpa khawatir short link tersebut expired.

Selain itu, Anda juga dapat dapat menambahkan tombol penyingkat URL ini di situs Anda dengan menambahkan kode yang telah disediakan oleh TinyURL.

Nah, dari 3 alternatif pemendek URL selain goo.gl di atas, Anda lebih memilih yang mana?

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More