Ulasan lengkap seputar dunia Smartphone

Cara Flash Advan E1C Pro (Plus Video Tutorial)

5/5 (2)

Pada tutorial ini, saya akan menunjukan kepada Anda mengenai cara flash Advan E1C Pro menggunakan SP Flashtool.

Related Posts

Untuk menangani kerusakan software yang terjadi pada tablet atau ponsel Anda, langkah pertama yang bisa dilakukan adalah dengan hard reset. Lupa pola / PIN, lemot, dengan hard reset kemungkinan besar sudah teratasu. Namun untuk beberapa kerusakan software seperti app force closed, app system error, atau bootloop, harus di lakukan flashing.

Jika Anda sedang mencari cara mengatasi tablet / ponsel Anda yang bootloop, caranya adalah dengan flashing menggunakan firmware baru. Berikut ini cara flash Advan E1C Pro.

Terlebih dahulu persiapkan komputer dan kabel data (usahakan menggunakan kabel data original), dan unduh tool dan file yang digunakan untuk flashing Advan E1C Pro bawah ini :

  • Tool Flashing : SP Flashtool. Silahkan download versi terbaru, kemudian ekstrak.
  • Driver : Mediatek USB Driver. Setelah di ektrak, silahkan install driver. Jika pada saat instalasi muncul peringatan Windows Security,” Windows can’t verify —“ , lanjutkan dengan memilih “Install this driver software anyway”
  • ROM : Firmware Advan E1C Pro (via Google Drive). Download lalu ektrak.

Setelah semuanya siap, silahkan Anda baca dan ikuti langkah-langkahnya di bawah ini :

NOTE! : Baca dan pahami terlebih dahulu, baru kemudian lakukan flashing.

Cara Flash Advan E1C Pro menggunakan Sp Flashtool

  1. Pertama-tama, matikan perangkat terlebih dahulu. Namun pastikan dahulu daya baterai terisi lebih dari 30%.
  2. Buka folder SP flashtool. Klik kanan “Run as administrator” pada flash_tool.exe untuk menjalankan aplikasi.
  3. Jika aplikasi sudah terbuka, klik pada tab download. Kemudian klik pada scatter loading file kemudian pilih file scatter yang terdapat pada folder firmware Advan E1C Pro.
  4. Tunggu hingga file scatter selesai di muat, kemudian hilangkan centang pada preloader. Untuk memulai proses flashing, klik pada tombol Download (ikon panah bawah).
  5. Selanjutnya sambungkan perangkat ke komputer menggunakan kabel USB sambil menekan tombol volume down. Tahan sampai perangkat terdeteksi (muncul bar merah pada SP Flashtool), kemudian lepaskan tombol.
  6. Tunggu proses flashing berjalan (sampai bar kuning penuh dan menunjukan persentase 100%). Jika sudah muncul notifikasi lingkarang hijau “Download OK”, itu tandanya proses flashing telah selesai dan berhasil di jalankan.
  7. Selanjutnya tutup aplikasi Flashtool dan cabut kabel USB dari computer. Sekarang nyalakan Advan E1C Pro.
  8. Booting pertama memakan waktu beberapa menit, kemudian muncul start up standart Android untuk mengatur Bahasa, Akun Google, Wi-Fi dll.
  9. Selesai!

Silahkan lihat dahulu video tutorial flashing Advan E1C Pro berikut ini (credit video: Cahya Mustika ) :

Permasalahan Flash Advan E1C Pro yang sering terjadi

1. Bootloop setelah flashing

Jika terjadi bootloop setelah flashing, cobalah untuk melakukan hard reset terlebih dahulu. Caranya, dalam kondisi perangkat mati, tekan bersamaan tombol power + volume down, tahan sampai masuk ke Recovery mode. Kemudian lakukan wipe data / factory reset.

Jika masih mengalami bootloop,coba lakukan flashing lagi. Apabila proses flashing berhasil namun tetap bootloop, ada kemungkinan IC EMMC mengalami kerusakan.

2. Advan E1C Pro IMEI Tidak valid
Ada kondisi setelah flashing berhasil namun signal tidak muncul (tidak mendeteksi jaringan), silahkan cek IMEI dengan memasukkan kode *#06#. Jika IMEI Advan E1C PRO tidak Valid (null), silahkan baca artikel “Mengatasi IMEI tidak valid Android“.

3. PMT changed for the ROM ; it must be downloaded

Untuk masalah ini, saat Anda melakukan flashing kemudian muncul peringatan PMT changed for the ROM ; it must be downloaded, silahkan ganti Opsi flash Download Only menjadi Firmware Upgrade.

4. Advan E1C Pro mati total setelah flashing

Ada kemungkinan permasalahan ini disebabkan kesalahan Build No firmware yang digunakan untuk flash Advan E1C PRO. Untuk mengetahui Build Number, lihat stiker di belakang baterai Advan E1C Pro. Selanjutnya lakukan flashing menggunakan Build number yang sama pada perangkat.

Demikian tutorial dari kami yang membahas cara flash Advan E1C Pro via Flashtool untuk mengatasi kerusakan software.

Komentar
Memuat komentar...