Cara Flash Advan i5E (Update/Downgrade OS)

16.717

Ponselgue.com | Cara Flash Advan i5E – Flashing biasa digunakan untuk perangkat yang mau di update maupun downgrade OS Androidnya. Misalnya downgrade dari Marshmallow ke Lollipop atau sebaliknya.

Masalah yang sering di keluhkan oleh pengguna Advan i5C adalah ponsel yang rentan terkena virus / malware. Virus-virus sejenis ini biasanya menampilkan iklan pop up konten dewasa dan mempunyai kemampuan untuk mendownload aplikasi secara otomatis, sehingga menambah beban penyimpanan dan memberatkan performa. Hard reset saja tidak cukup untuk mengatasinya karena virus ini sudah menyerang sistem. Maka dari itu, harus di lakukan install ulang atau flashing.

Selain masalah tersebut, flashing Advan i5E juga dapat digunakan untuk mengatasi masalah lainnya yaitu banyak aplikasi sistem force closed, muncul pesan error sayangnya telah berhenti, lemot, bahkan bootloop dan masalah lainnya. Setelah Advan i5E selesai di flash, ponsel akan kembali normal seperti pada saat membeli dari pabrik (dengan beberapa catatan tentunya).

Ada 2 cara flash Advan i5E yang akan saya bagikan kali ini. Yang pertama dengan install ROM/ firmware melalui recovery mode. Yang kedua menggunakan tools Research Download. Untuk itu, simak selengkapnya di bawah ini.cara flash advan i5e

NOTE!! : Baca,  Pahami, Mengerti, Eksekusi!!

2 Cara Flash Advan i5E

Pastikan sebelum memulai flashing baterai dalam kondisi full charging atau minimal terisi lebih dari 50%. Hal ini untuk menghindari jika sewaktu-waktu pada saat proses flashing berjalan, perangkat kehabisan daya.

#1. Cara Flash Advan i5E tanpa PC

Bagi yang sudah terbiasa dengan aktifitas flashing, cara ini tergolong sangat praktis dan aman. Bagi pengguna yang belum pernah melakukan flashing, bagaimana? Tenang, caranya akan saya jelaskan dengan sangat sederhana supaya lebih mudah di mengerti.

Nah, berikut ini adalah tahapan-tahapan proses flash Advan i5E tanpa PC :

  1. Download firmware Advan i5E, disini.
  2. Pindahkan file firmware yang sudah di download tadi ke SD Card (letakkan di luar folder).
  3. Matikan perangkat kemudian diamkan beberapa saat.
  4. Selanjutnya masuk ke menu recovery, caranya dengan menekan tombol Volume Down (-) + tombol Power secara bersamaan, tahan sampai muncul logo Advan di layar, kemudian lepaskan.
  5. Terlebih dahulu lakukan wipe data / factory reset, pilih Yes untuk meng-konfirmasi, kemudian tunggu sampai proses wiping selesai.
  6. Langkah selanjutnya untuk melakukan instalasi firmware Advan i5E, pilih menu Update From External Storage.
  7. Kemudian pilh file firmware yang sudah di copy ke SD Card tadi, kemudian lakukan konfirmasi dengan memilih Yes untuk memulai proses instalasi. Tunggu hingga proses selesai.
  8. Jika proses sudah berhasil, akan muncul menu utama, silahkan pilih reboot system now.
  9. Selanjutnya smartphone akan loading ke menu utama, lalu atur perangkat Anda.
  10. Selamat, proses flashing telah selesai.

Baca juga :

#2. Cara Flash Advan i5E via Research Download Tool

Silahkan baca dan ikuti langkahnya seperti yang saya jelaskan di bawah ini :

  1. Android SPD Driver, download disini. Ekstrak kemudian install. Peran driver ini sangat penting, karena jika Driver tidak terinstall dengan benar maka pada saat perangkat di sambungkan dengan PC/laptop, hanya akan melakukan pengisian daya (charging).
  2. Download firmware Advan i5E (download disini), kemudian ekstrak. Anda akan menemukan file PAC.
  3. Advan i5E menggunakan chipset Spreadtrum, oleh karena itu gunakan tool flashing “ResearchDownload Tool”, silahkan download disini.
  4. Buka folder SPD Upgrade Tool, lalu klik pada file UpgradeDownload.Exe untuk menjalankan aplikasi.
  5. Setelah aplikasi UpgradeDownload sudah terbuka, klik open (gambar icon gear 1 pada pojok kiri atas), lalu masukkan file PAC Advan i5E yang sudah di ekstrak tadi.
  6. Jika file PAC telah selesai di muat, tap pada icon gear 2. Atur seperti berikut :
    Port”  : All
    Baudrate” : 460800
    Select Product” : PAC_SC77XX_SIMLOCK
  7. Sekarang, mulai proses flashing dengan cara klik tombol ‘Start Downloading’ (gambar icon Play).
  8. Selanjutnya matikan Advan i5E terlebih dahulu, kemudian sambungkan perangkat ke komputer menggunakan kabel USB sambil menekan tombol volume atas, tahan sampai ponsel terdeteksi komputer Anda.
  9. Tunggu hingga proses flashing selesai, biasanya di tandai dengan munculnya notifikasi Passed.
  10. Lepaskan perangkat dari kabel USB, sekarang coba nyalakan Advan i5E Anda. Biasanya booting pertama setelah flashing membutuhkan waktu sedikit lebih lama, hal ini karena perangkat masih menyesuaikan dengan ROM varu.
  11. Proses flash Advan i5E sudah Selesai!

Untuk mempermudah, silahkan lihat video berikut ini (Credit : Arjuni Jun) :

Jika flashing berhasil namun signal tidak muncul (ponsel tidak mendeteksi jaringan), silahkan cek IMEI dengan memasukkan kode *#06#. Jika IMEI Advan i5E tidak Valid (null), silahkan baca artikel “Mengatasi IMEI tidak valid Android“.

Demikianlah 2 cara flash Advan i5E yang dapat saya bagikan. Jika Anda mendapati kesulitan pada saat proses flashing, silahkan tinggalkan pertanyaan pada kolom komentar yang tersedia di bawah ini. Selamat mencoba, semoga sukses.

Catatan!! : Flashing merupakan tindakan yang cukup beresiko terhadap ponsel Anda. Segala konsekuensi yang terjadi di luar tanggung jawab kami.

Pencarian terkait :

  • Cara flashing Advan i5E
  • Flashing Advan i5E Bootloop
  • Cara Flashing Advan i5E Error
You might also like

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More