Ulasan lengkap seputar dunia Smartphone

Cara Flash Advan S4T Menggunakan UpgradeDownload Tool

Cara Flash Advan S4T – Beberapa produsen smartphone telah menyediakan ROM update “OTA” untuk ponsel Androidnya. Untuk instalasinya bisa melalui SD Card. Namun, untuk tipe smartphone yang masih belum tersedia firmware OTA, kita bisa melakukan flashing menggunakan PC.

Flashing banyak sekali fungsinya. Selain untuk mengatasi berbagai macam kerusakan sistem Android (bootloop, aplikasi sistem error, aplikasi sering force close), flashing juga bisa digunakan untuk mengupdate/ mendowngrade firmware.

CARA FLASH ADVAN S4T

Untuk Anda pengguna Advan S4T yang ingin melakukan flashing karena perangkat mengalami bootloop, lupa pola ataupun masalah software yang lain, dengan flashing kemungkinan besar Advan S4T Anda akan kembali normal. Bagi Anda yang ingin tahu cara flash Advan S4T, silahkan simak caranya di bawah ini.

PENTING!! : BACA, PAHAMI, MENGERTI, LAKUKAN.

Terlebih dahulu, silahkan Anda unduh tool dan file yang di butuhkan untuk flash Advan S4T berikut ini :

  • Anda bisa mendownload firmware Advan S4T disini, kemudian ekstrak. Anda akan menemukan file PAC Advan S4T.
  • Karena Advan S4T menggunakan chipset Spreadtrum, gunakan tool flashing “Upgrade Download Tool”, silahkan download disini.
  • Android Driver SPD, download disini. Ekstrak kemudian install. Jika driver tidak terinstall dengan benar, maka proses flashing tidak akan berjalan.
  • PC/ Laptop dan kabel data yang masih bisa digunakan dengan baik.

Cara Flash Advan S4T menggunakan UpgradeDownload Tool

Setelah semua bahan dan tool sudah siap, silahkan ikuti langkah-langkahnya seperti yang saya jelaskan di bawah ini :

  1. Pertama-tama, buka folder SPD Upgrade Tool, kemudian klik pada file ReseachDownload.Exe untuk menjalankan aplikasi.
  2. Jika tools sudah terbuka, klik ikon gear 1 (open) pada pojok kiri atas untuk memilih file PAC Advan S4T yang sudah di download tadi.
  3. Setelah file PAC selesai di muat, kita bisa memulai proses flashing dengan cara klik tombol ‘Start Downloading’ (gambar icon Play).
  4. Sekarang matikan ponsel Advan S4T.
  5. Selanjutnya sambungkan perangkat ke komputer sambil menekan dan menahan tombol volume atas, tunggu sampai ponsel terdeteksi komputer kemudian lepaskan.
  6. Proses flashing akan berjalan. Jika proses telah selesai biasanya di tandai dengan notifikasi Passed.
  7. Tutup aplikasi UpgradeDownload kemudian cabut kabel USB dari computer. Sekarang coba nyalakan Advan S4T Anda.
  8. Selesai!
NOTE! :  Untuk kasus Advan S4T Bootloop, proses flashing berhasil bukan jaminan perangkat akan normal. Jika masih mengalami bootloop, coba flash menggunakan firmware dengan build number yang sama dengan perangkat. Apabila perangkat masih tetao bootloop, kemungkinan ada kerusakan pada hardware (EMMC).

Demikian panduan mengenai cara flash Advan S4T yang dapat saya bagikan. Silahkan lihat video di bawah ini supaya Anda lebih mudah mengerti setiap tahapan flashing.

Jika Anda ada pertanyaan maupun request firmware, silahkan hubungi kami di halaman Contact.

(credit video : Mr. Bath)

.......

Comments
Loading...