Cara Flash Advan S5E & Tips Setelah Flashing

10.305

Cara Flash Advan S5EJika Anda atau kerabat Anda mempunyai ponsel Advan S5E yang sering hang dan error,kemudian Anda menyarankan hard reset namun hasilnya ponsel bukannya kembali seperti semula malah mengalami bootloop. Pasti Anda bingung, bukan? Lantas, bagaimana cara memperbaikinya? Nah, pada artikel kali ini saya membahas tutorial cara flash Advan S5E bootloop dan permasalahan yang sering terjadi saat flashing!.

Beberapa masalah yang berkenaan dengan kerusakan sistem Android, langkah penyelamatan pertama memang bisa dengan melakukan hard reset. Tetapi dalam beberapa kasus, butuh penanganan lebih seperti menggunakan metode flashing.

Jika Anda ingin mengetahui cara flash Advan S5E, silahkan baca tutorial di bawah ini.

Penting : Pastikan sebelum melakukan flashing daya baterai telah terisi cukup untuk menghindari gagalnya proses flashing karena ponsel kehabisan baterai dan mengakibatkan hal-hal yang tidak kita inginkan.

Cara flash Advan S5E

Persiapkan dahulu file dan aplikasi yang akan digunakan untuk flashing Advan S5E berikut ini :

  • Firmware Advan S5E (243 MB), silahkan download disini.
  • SP Flashtool terbaru, disini.
  • USB Driver Mediatek disini.
  • PC dan kabel data yang bisa digunakan dengan baik.

Untuk mempermudah pada saat proses flashing, tempatkan hasil download di dalam satu folder. Setelah semuanya siap, silahkan baca dan ikuti setiap langkah-langkah di bawah ini :

  1. Ektrak file yang telah di download tadi, kemudian install driver USB Mediatek pada komputer Anda.
  2. Matikan perangkat ponsel Advan S5E kemudian lepaskan baterainya.
  3. Buka folder flashtool, kemudian cari file flash_tool.exe. Selanjutnya klik kanan pada file tersebut dan pilih “Run as administrator’.cara flash advan S5E 1
  4. Setelah SP Flashtool terbuka, klik pada tab download. Selanjutnya klik choose pada ‘Scatter-Loading File’ dan masukkan file scatter yang terdapat pada folder firmware Advan S5E yang telah di download tadi.Cara flash advan S5E
  5. Jika file scatter sudah berhasil di muat, klik download untuk memulai flashing. Selanjutnya sambungkan ponsel ke komputer menggunakan kabel USB dengan kondisi tanpa beterai sambil menekan tombol Volume Up. Jika perangkat sudah terdeteksi (indikasi warna merah), lalu pasang baterai. Kemudian SP Flashtool akan menjalankan proses flashing, tunggu hingga bar warna kuning penuh 100%.Cara flash advan S5ECara flash advan S5E
  6. Setelah proses flashing selesai, biasanya muncul notifikasi lingkaran berwarna hijau yang menandakan proses telah berhasil.
  7. Lepaskan kabel data dari komputer Anda dan hidupkan ponsel Advan S5E Anda. Proses booting pertama sampai masuk ke home screen biasanya membutuhkan waktu beberapa menit karena perangkat menyesuaikan dengan ROM baru.
  8. Selamat, ponsel Advan S5E Anda telah berhasil di flash.

Silahkan lihat video berikut untuk memudahkan Anda dalam melakukan flash Advan S5E (video credit : Hailaklicious) :

Permasalahan Flash Advan S5E yang sering terjadi

1. Bootloop setelah flashing

Jika terjadi bootloop setelah flashing, cobalah untuk melakukan hard reset terlebih dahulu. Caranya, dalam kondisi perangkat mati, tekan bersamaan tombol power + volume down, tahan sampai masuk ke Recovery mode. Kemudian lakukan wipe data / factory reset.

Jika masih mengalami bootloop,coba lakukan flashing lagi. Apabila proses flashing berhasil namun tetap bootloop, ada kemungkinan IC EMMC mengalami kerusakan.

2. Advan S5E IMEI Tidak valid

Ada kondisi setelah flashing berhasil namun signal tidak muncul (tidak mendeteksi jaringan), silahkan cek IMEI dengan memasukkan kode *#06#. Jika IMEI Advan S5E tidak Valid (null), silahkan baca artikel “Mengatasi IMEI tidak valid Android“.

3. PMT changed for the ROM ; it must be downloaded
Untuk masalah ini, saat Anda melakukan flashing kemudian muncul peringatan PMT changed for the ROM ; it must be downloaded, silahkan ganti Opsi flash Download Only menjadi Firmware Upgrade.

4. Advan S5E mati total setelah flashing

Ada kemungkinan permasalahan ini disebabkan kesalahan Build No firmware Advan S5E yang digunakan untuk flash Advan S5E. Untuk mengetahui Build Number, lihat stiker di belakang baterai Advan S5E. Selanjutnya lakukan flashing menggunakan Build number yang sama pada perangkat.

Catatan!! : Flashing merupakan tindakan yang cukup beresiko terhadap ponsel Anda. Segala konsekuensi yang terjadi di luar tanggung jawab kami.

Jika Anda mendapati kesulitan pada saat proses flash Advan S5E, silahkan tinggalkan pertanyaan pada kolom komentar yang tersedia di bawah ini. Kita bisa berdiskusi dan sharing dengan pembaca Ponselgue.com yang lain untuk menemukan solusi yang tepat untuk perangkat Anda.

Selamat mencoba, semoga sukses.

You might also like

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More