Ulasan lengkap seputar dunia Smartphone

3 Cara Flash Asus Semua Tipe

5/5(1)

Ponselgue.com | 3 Cara Flash Asus Semua Tipe – Seiring dengan lamanya penggunaan perangkat Asus Anda, biasanya perangkat akan mengalami berbagai permasalahan hardware maupun software-nya. Yang sering terjadi adalah kerusakan pada software, seperti sering tiba-tiba self reboot, aplikasi Force Closed, muncul peringatan “sayangnya, aplikasi telah berhenti”, hang & error, atau bahkan bootloop.

Penanganan pertama yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan factory reset / hard reset (baca caranya disini Cara Hard Reset Asus Semua Tipe). Biasanya, kerusakan-kerusakan ‘kecil’ akan teratasi setelah dikembalikan ke pengaturan awal. Namun, pada beberapa kasus jika sudah dilakukan reset tetapi tidak menampakan hasil, metode yang bisa di coba adalah dengan melakukan flashing.

Untuk perangkat yang mengalami bootloop (mentok di logo Asus saja), sebelum di vonis kerusakan hardware, alangkah lebih baik jika dilakukan flashing terlebih dahulu.3 cara flash Asus Semua Tipe

Pada artikel ini, saya akan membagikan panduan 3 cara Flash Asus semua tipe, entah itu untuk yang mau melakukan upgrade/downgrade firmware, atau untuk menginstall firmware baru. Simak cara selengkapnya berikut ini.

NOTE!! : Kerusakan yang terjadi pada perangkat Anda setelah melakukan flashing bukan tanggung jawab kami. Maka dari itu, silahkan baca dan pahami setiap step-nya, baru kemudian Anda eksekusi perangkat Anda.

3 Cara Flash Asus Semua Tipe

Ada 3 metode flashing yang dapat dilakukan. Metode yang pertama adalah update via SD Card, yang kedua adalah via ADB Fastboot, dan yang terakhir menggunakan Asus Flash Tool.

Pastikan sebelum melakukan flashing, baterai dalam kondisi full charging atau minimal terisi 50%. Hal ini dilakukan agar perangkat tidak kehabisan daya saat proses flashing berlangsung.

#1. Flash Asus Tanpa PC / Update Via SD Card

  1. Pertama-tama, masuk ke halaman Firmware Asus.
  2. Kemudian pilih perangkat yang sesuai dengan tipe ponsel Asus Anda, lalu download firmware Asus tersebut.
  3. Setelah selesai di download, silahkan pindahkan file firmware tersebut ke SD Card. Taruh di luar folder untuk memudahkan pencarian (file firmware ini berekstensi *.zip).
  4. Sekarang, matikan perangkat Asus lalu diamkan selama beberapa saat.
  5. Selanjutnya, masuk ke Asus Recovery. Caranya, tekan dan tahan tombol Power + volume bawah (-), kemudian lepaskan tombol jika sudah muncul logo Asus dan masuk ke Recovery mode.
  6. Untuk navigasi, gunakan tombol volume Atas/Bawah untuk naik turun menu, dan tombol power untuk konfirmasi.
  7. Selanjutnya, pilih menu Apply update from external storage.flash asus tanpa pc
  8. Silahkan pilih file firmware yang sudah di download tadi, kemudian pilih “OK” dengan menekan tombol power.
  9. Tunggu proses pemasangan paket firmware berjalan beberapa saat.
  10. Jika proses sudah selesai dan berhasil dijalankan, silahkan Reboot
  11. Isi startup standart untuk mengatur Akun Google, bahasa, wilayah dll hingga masuk ke Home Screen.
  12. Selesai!!

Untuk lebih jelasnya, silahkan lihat video berikut ini (Credit video: Sabertooth159) :

#2. Cara Flash Asus via ADB Fastboot

Persiapan

Download tools dan file yang di butuhkan untuk flash Asus via ADB fastboot berikut ini :

  • PC dengan OS Windows. Gunakan UPS sebagai antisipasi jika sewaktu-waktu pada saat flashing terjadi pemadaman listrik. Atau Anda bisa juga menggunakan Laptop.
  • Kabel data/ USB (gunakan kabel original/ bawaan ponsel).
  • Asus Android USB Driver, (download disini). Setelah selesai di download dan di ekstrak, silahkan install driver pada komputer Anda. Jika muncul peringatan Windows Security,” Windows can’t verify —“ , lanjutkan dengan memilih “Install this driver software anyway”.install Driver
  • ADB Fastboot tool. Download lalu ektrak.
  • Download Firmware Asus, sesuaikan dengan tipe perangkat Anda. Selesai di download, ektrak file tersebut kemudian ubah namanya (rename) menjadi user.zip.
Langkah-langkah Flashing
  1. Pertama-tama, pindahkan Firmware Asus yang sudah diekstrak dan di rename tadi ke dalam folder ADB Fastboot tool.
  2. Selanjutnya matikan perangkat kemudian masuk ke mode DroidBoot / FastBoot dengan menekan tombol Volume up + tombol power secara bersamaan, lepaskan tombol jika sudah muncul logo Asus. Jika sudah masuk fastboot mode, silahkan pilih menu recovery. Gunakan tombol volume untuk navigasi naik turun dan tombol power untuk konfirmasi.
  3. Ponsel akan otomatis melakukan restart, setelah itu akan muncul logo Android Tidak ada perintah. Dalam kondisi ini, silahkan tekan dan tahan volume bawah, kemudian tekan sekali untuk tombol volume atas.
  4. Jika sudah berada di recovery mode, pilih menu apply update from ADB.
  5. Setelah itu, sambungkan ponsel ke komputer Anda menggunakan kabel USB.
  6. Sekarang buka folder ADB Fastboot tool, klik kanan di folder tersebut sambil menahan tombol shift, kemudian pilih open command window here. Selanjutnya akan muncul jendela CMD fastboot.
  7. Selanjutnya, pada jendela CMD ketik perintah adb device dan tekan enter. Jika pada “List of devices attached” muncul kombinasi angka dan huruf, hal ini menandakan bahwa perangkat telah terdeteksi oleh komputer.ADB Fastboot Tool 2
  8. Selanjutnya, ketikkan perintah adb sideload user.zip kemudian tekan enter (user.zip merupakan file firmware yang sudah di rename tadi).ADB Fastboot Tool
  9. Jika proses sending sudah sampai 100%, maka perangkat akan melakukan instalasi secara otomatis.
  10. Setelah proses flashing selesai, akan muncul notifikasi Install from ADB complete pada layar perangkat Asus.
  11. Setelahnya ponsel akan kembali ke menu recovery mode, silahkan pilih reboot system now.Setelah ponsel selesai booting, akan muncul start up standart Android untuk mengatur bahasa, wilayah, akun Google dll.
  12. Selesai!!

Baca juga : Cara Flash Asus Zenfone 5

Jika Anda masih baru pertama kali melakukan flash Asus, cara ini tentunya terlihat rumit sekali. Untuk itu, silahkan lihat video tutorial berikut ini untuk memudahkan Anda (credit video: Fathullah Rasya)

#3. Cara Flash Menggunakan Asus Flash Tool

Tool dan file yang di perlukan

Silahkan persiapkan dan unduh tool dan file yang di butuhkan untuk proses flashing Asus Zenfone C berikut :

  • PC/ Laptop yang menjalankan OS Windows (min pakai Windows 7).
  • Kabel data (gunakan kabel bawaan perangkat/ original).
  • Firmware Asus, Download di Ponselgue.com, kemudian ekstrak.
  • Asus Android USB Driver, download disini. Setelah selesai di download dan di ekstrak, silahkan install driver pada komputer Anda. Jika muncul peringatan Windows Security,” Windows can’t verify —“ , lanjutkan dengan memilih “Install this driver software anyway”.install Driver
  • Asus Flash tools (via Google Drive). Download kemudian ekstrak dan install pada komputer Anda.
Tahapan Flashing Menggunakan AFT
  1. Pertama-tama, matikan perangkat Anda. Pastikan daya baterai telah terisi lebih dari 50% untuk melakukan flashing.
  2. Masuk ke Droidboot Mode. Caranya, tekan tombol power + Volume UP secara bersamaan, tahan sampai Anda masuk ke Droidboot Mode, kemudian lepaskan kedua tombol.
  3. Buka aplikasi Asus Flashtool, jalankan sebagai administrator.
  4. Selanjutnya, sambungkan ponsel Asus ke PC/ Laptop Anda menggunakan kabel USB. Jika sudah muncul ikon USB, tandanya perangkat sudah terdeteksi oleh komputer.
  5. Pada tab Model, silahkan pilih type perangkat, lalu pada Wipe Data pilih opsi Yes. Kemudian klik browse untuk memasukkan firmware Asus yang sudah di download tadi.Cara Flash Asus zenfone 2 With AFT
  6. Sekarang klik pada ikon USB (sambungan), kemudian klik tombol start untuk memulai proses flashing. Tunggu hingga proses flashing selesai.cara flash Asus Zenfone C
  7. Jika state (lingkaran) sudah berganti warna menjadi hijau dan muncul notifikasi “Flash image successfully”, proses flashing telah selesai dan berhasil di jalankan.Cara Flash Asus zenfone 2
  8. Tutup aplikasi Asus flash Tools dan cabut kabel USB dari komputer. Selanjutnya pilih menu reboot di Droidboot untuk merestart perangkat.
  9. Tunggu proses booting berjalan (biasanya booting pertama agak lama), kemudian akan muncul start up standart Android untuk mengatur Bahasa, Akun Google, jaringan dll.
  10. Selesai!

Silahkan lihat video berikut ini untuk memudahkan anda pada saat flashing Asus Zenfone C Z007 (credit video: Budi Khusuma) :

Baca juga :

Jika setelah flashing Imei ponsel hilang Invalid, baca cara mengatasinya di “2 Cara mengatasi IMEI Tidak Valid“. Dan jika Anda ingin membuka akses root pada smartphone Anda, silahkan baca “Cara Root Smartphone Android

Nah, demikianlah 3 cara flash Asus semua tipe. Metode ini dapat Anda gunakan untuk memperbaiki kerusakan software yang terjadi pada perangkat Asus Anda.

Jika Anda ingin berbagi tips trik, maupun mempunyai pertanyaan seputar dunia ponsel, silahkan masuk ke Forum Ponselgue.com untuk sharing ke pengunjung dan pembaca Ponselgue yang lain.

.......

Comments
Loading...