Ulasan lengkap seputar dunia Smartphone

Cara Flash Asus Zenfone 2 Via Asus Flash Tool

5/5 (1)

Cara Flash Asus zenfone 2 via AFTBanyak keluhan para pengguna Smartphone Asus, terutama untuk masalah bootloop. Pada beberapa perangkat, hanya dengan melakukan hard reset, ponsel akan kembali normal. Namun pada kasus lain, harus dilakukan flashing untuk memperbaiki smartphone tersebut. Seperti pada artikel ini, saya akan membagikan panduan cara flash Asus Zenfone 2.

Related Posts

Beberapa masalah memang bisa di atasi dengan hard reset seperti lemot, sering hang, aplikasi force closed, sering tiba-tiba restart sendiri. Tetapi untuk masalah bootloop atau ponsel terkena virus , harus di lakukan flashing. Untuk flashing smartphone Asus, kita bisa menggunakan Asus Flash Tools.

Nah, bagi Anda yang ingin melakukan flashing ponsel Asus Zenfone 2 Anda, silahkan simak cara flash Asus Zenfone 2 berikut ini.

Tool dan file yang di perlukan

Silahkan persiapkan dan unduh tool dan file yang di butuhkan untuk proses flashing Asus Zenfone 2 berikut :

  • PC/ Laptop yang menjalankan OS Windows (min pakai Windows 7).
  • Kabel data (gunakan kabel bawaan perangkat/ original).
  • Firmware Asus Zenfone 2 (download DISINI), kemudian ekstrak.
  • Asus Android USB Driver, download disini. Setelah selesai di download dan di ekstrak, silahkan install driver pada komputer Anda. Jika muncul peringatan Windows Security,” Windows can’t verify —“ , lanjutkan dengan memilih “Install this driver software anyway”.
  • Asus Flash tools (via Google Drive). Download kemudian ekstrak dan install pada komputer Anda.
NOTE!! : Sebelum melakukan flashing, baca dan pahami terlebih dahulu setiap tahapan-tahapannya. Tim Ponselgue.com tidak bertanggungjawab atas segala resiko yang terjadi setelah proses flashing di lakukan.

Cara Flash Asus Zenfone 2 menggunakan AFT

  1. Pertama-tama, matikan Asus Zenfone 2 terlebih dahulu.
  2. Masuk ke Droidboot Mode. Caranya, tekan dan tahan tombol power + Volume UP secara bersamaan sampai masuk ke Droidboot Mode, kemudian lepaskan.
  3. Sekarang buka aplikasi Asus Flashtool, jalankan sebagai administrator.
  4. Selanjutnya, sambungkan Asus Zenfone 2 ke PC/ Laptop Anda menggunakan kabel USB. Perangkat sudah terdeteksi oleh PC jika sudah muncul ikon koneksi pada AFT.
  5. Berikutnya klik pada tab Model, silahkan pilih tipe ZE551ML atau ZE550ML (sesuai dengan tipe ponsel Anda), pada Wipe Data pilih opsi Yes. Selanjutnya klik browse (ikon box coklat), kemudian memasukkan firmware Asus Zenfone 2 yang sudah di download tadi.Cara Flash Asus zenfone 2 With AFT
  6. Sekarang klik pada ikon koneksi, kemudian klik tombol start untuk memulai proses flashing Asus Zenfone 2. Tunggu hingga proses flashing selesai.
  7. Jika state (lingkaran) sudah berganti warna menjadi hijau dan muncul notifikasi “Flash image successfully”, tandanya proses flashing sudah selesai dilakukan.Cara Flash Asus zenfone 2
  8. Tutup aplikasi AFT dan lepaskan kabel USB dari komputer. Selanjutnya pilih menu reboot di Droidboot untuk merestart perangkat.
  9. Booting pertama biasanya memakan waktu sedikit lama, karena perangkat menyesuaikan dengan ROM yang baru.
  10. Selesai!

JIka Anda ingin membuka akses super user pada perangkat Asus Zenfone 2 Anda, silahkan baca “Cara Root Smartphone Android”.

Demikianlah cara flash Asus Zenfone 2 untuk mengatasi berbagai permasalahan software seperti bootloop maupun yang terkena virus (sexy hot dll). Setelah flashing, maka ponsel Anda akan kembali seperti pertama kali beli.

(credit video: Herdy Mertadinata)

Jika Anda ada pertanyaan seputar flashing, silahkan tinggalkan pertanyaan pada kolom komentar di bawah ini.

Komentar
Memuat komentar...