Ulasan lengkap seputar dunia Smartphone

Cara Flash Asus Zenfone 3 Max ZC520TL

5/5(1)

Ponselgue.com | Cara Flash Asus Zenfone 3 Max ZC520TL – Pada kesempatan kali ini, saya akan berbagi panduan mengenai cara flash Asus Zenfone 3 Max ZC520TL. Sebelum lanjut ke tahapan flashing, alangkah lebih baiknya jika saya terangkan sedikit alasan kenapa kita melakukan flashing.

Jika kita ingin melakukan upgrade /downgrade firmware ponsel Asus, salah satu caranya adalah dengan flashing. Bisa update melalui system update, via recovery mode (SD Card), maupun menggunakan tools flashing (Baca : 3 Cara Flash Asus Semua Tipe).

Selain itu, flashing juga digunakan untuk memperbaiki kerusakan software. Contohnya seperti ponsel yang sering tiba-tiba restart sendiri, App Force Closed, lemot, sering hang, atau bahkan bootloop (stuck di logo awal). Memang, beberapa kerusakan bisa di atasi hanya dengan melakukan Hard Reset Asus. Namun, pada beberapa kasus harus dilakukan flashing untuk memperbaikinya.

Nah, bagi Anda yang ingin mengetahui cara flash Asus Zenfone 3 Max ZC520TL, silahkan simak cara selengkapnya berikut ini.

NOTE!! :  Segala resiko yang terjadi pada perangkat Anda setelah selesai melakukan flashing, diluar tanggung jawab Ponselgue.com. Do it with your own risk.

Cara Flash Asus Zenfone 3 Max ZC520TL

Sebelum memulai flashing, siapkan terlebih dahulu tools dan bahan yang di butuhkan berikut ini :

  • PC dengan OS Windows. Sebagai antisipasi jika sewaktu-waktu terjadi pemadaman listrik pada saat proses flashing, gunakan UPS. Atau Anda bisa memakai Laptop.
  • Kabel Data / Kabel USB (gunakan kabel bawaan perangkat /original)
  • Firmware Asus Zenfone 3 Max ZC520TL, silahkan download disini. Kemudian ekstrak.
  • SP Flashtool, silahkan download versi terbaru disini, lalu ekstrak.
  • Asus Android USB Driver, download disini. Setelah selesai di download dan di ekstrak, silahkan install driver pada komputer Anda. Jika muncul peringatan Windows Security,” Windows can’t verify —“ , lanjutkan dengan memilih “Install this driver software anyway”.install Driver

Setelah semua siap, silahkan baca dan ikuti tahapan flashingnya di bawah ini.

Flashing Asus Zenfone 3 Max

Pastikan sebelum memulai flashing, baterai dalam kondisi full charging atau minimal terisi 50%. Hal ini untuk menghindari terjadinya kegagalan proses flashing karena perangkat kehabisan daya.

Berikut ini langkah-langkahnya :

  1. Pertama-tama, matikan Zenfone 3 max terlebih dahulu.
  2. Buka folder Flashtool, kemudian cari dan klik kanan file exe, lalu pilih “Run as administrator’.
  3. Jika aplikasi SP Flashtool sudah terbuka, klik pada tab download. Kemudian pada Scatter-Loading File klik button Choose untuk memasukkan file scatter yang terdapat pada folder firmware Asus Zenfone 3 Max yang sudah di download tadi.Cara Flash Asus Zenfone 3 Max ZC520TL
  4. Apabila file scatter sudah berhasil di muat, hilangkan ceklis pada Preloader. Nah, sekarang Anda bisa memulai flashing dengan melakukan klik pada button download (gambar logo panah bawah warna hijau).Cara Flash Asus Zenfone 3 Max ZC520TL
  5. Selanjutnya sambungkan ke PC (dalam posisi mati) menggunakan kabel USB. Jika perangkat sudah terdeteksi, maka SP Flashtool akan muncul progress bar warna merah, ungu, dan kuning secara bergantian. Tunggu prosesnya hingga selesai.Cara Flash Asus Zenfone 3 Max ZC520TL
  6. Jika proses flashing sudah berhasil dijalankan, biasanya ditandai dengan munculnya lingkaran hijau (Download OK) yang menandakan proses flashing telah selesai.Cara Flash Asus Zenfone 3 Max ZC520TL
  7. Lepaskan perangkat Anda dari kabel USB. Sekarang, silahkan coba nyalakan Zenfone 3 Max Anda.
  8. Selesai!!

Untuk memudahkan Anda dalam melakukan flashing Zenfone 3 Max, silahkan lihat video berikut ini (credit video: Huỳnh Phạm Nhân Nghĩa) :

Nah, demikianlah panduan singkat mengenai cara flash Asus Zenfone 3 Max ZC520TL yang dapat saya bagikan. Jika Anda merasa terbantu dengan artikel ini, jangan malu untuk membagikannya.

Kunjungi terus Ponselgue.com untuk artikel menarik lainnya. Anda juga dapat saling berbagi tips dan trik smartphone terbaru dengan komunitas di Forum Ponselgue.com.

Semoga bermanfaat..!!

.......

Comments
Loading...