Ulasan lengkap seputar dunia Smartphone

Cara Flash Asus Zenfone 5 Bootloop via ADB Fastboot

5/5 (1)

cara flash Asus Zenfone 5Sebelumnya, saya juga menulis panduan mengenai cara flashing Asus Zenfone C. Nah, pada kesempatan kali ini saya akan membagikan panduan cara Flash Asus Zenfone 5. Sebelum lanjut ke tahapan flashing, ada baiknya saya jelaskan terlebih dahulu kenapa ponsel ini harus di flash.

Related Posts

Terkait kerusakan sistem Android (software), beberapa keadaan bisa di selesaikan dengan cara hard reset. Contohnya seperti ponsel lemot, sering tiba-tiba restart sendiri, kinerja-nya berat, atau hingga lupa pola keamanan (PIN/Password). Beberapa masalah yang saya sebutkan tadi bisa diatasi dengan hard reset.

Namun, jika perangkat mengalami bootloop atau terkena virus bandel (sexy hot dan sejenisnya), maka solusi untuk memperbaikinya adalah dengan flashing.

Saya akan menjelasakan cara flash Asus Zenfone 5, karena menggunakan 2 macam tool flashing yang berbeda.

Tools dan file yang di perlukan

Persiapkan dan unduh tools dan file yang di butuhkan untuk flash Asus Zenfone 5 berikut ini :

  • PC/Laptop dengan OS Windows.
  • Kabel data/ USB (gunakan kabel original/ bawaan ponsel).
  • Asus Android USB Driver, download disini. Setelah selesai di download dan di ekstrak, silahkan install driver pada komputer Anda. Jika muncul peringatan Windows Security,” Windows can’t verify —“ , lanjutkan dengan memilih “Install this driver software anyway”.
  • ADB Fastboot tool. Download lalu ektrak.
  • Firmware Asus Zenfone 5. Versi ini banyak sekali jenisnya, download sesuai dengan SKU yang digunakan (WW , TW ,CN atau CHT). Selesai di download, ektrak file tersebut, kemudian ubah namanya (rename) menjadi zip.
PENTING! : Baca dan pahami dulu, baru di eksekusi.

Sebelum melakukan flashing Asus Zenfone 5, pastikan dulu baterai telah terisi lebih dari 50%. Setelah siap, lanjutkan dengan mengikuti langkah-langkahnya di bawah ini :

Cara Flash Asus Zenfone 5 T005/T00J Bootloop

  1. Pertama-tama, pindahkan Firmware Asus Zenfone 5 yang sudah diekstrak dan di rename tadi ke dalam folder ADB Fastboot tool.
  2. Selanjutnya matikan perangkat kemudian masuk ke mode DroidBoot / FastBoot dengan menekan tombol Volume up + tombol power secara bersamaan, lepaskan tombol jika sudah muncul logo Asus. Jika sudah masuk fastboot mode, silahkan pilih menu recovery. Gunakan tombol volume untuk navigasi naik turun dan tombol power untuk konfirmasi.
  3. Ponsel akan otomatis melakukan restart, setelah itu akan muncul logo Android Tidak ada perintah. Dalam kondisi ini, silahkan tekan dan tahan volume bawah, kemudian tekan sekali untuk tombol volume atas.
  4. Jika sudah berada di recovery mode, pilih menu apply update from ADB.
  5. Setelah itu, sambungkan Asus Zenfone 5 ke komputer Anda menggunakan kabel USB.
  6. Sekarang buka folder ADB Fastboot tool, klik kanan di folder tersebut sambil menahan tombol shift, kemudian pilih open command window here. Selanjutnya akan muncul jendela CMD fastboot.
  7. Selanjutnya, pada jendela CMD ketik perintah adb device dan tekan enter. Jika pada “List of devices attached” muncul kombinasi angka dan huruf, hal ini menandakan bahwa perangkat telah terdeteksi oleh komputer.ADB Fastboot Tool 2
  8. Selanjutnya, ketikkan perintah adb sideload user.zip kemudian tekan enter (user.zip merupakan file firmware yang sudah di rename tadi).ADB Fastboot Tool
  9. Jika proses sending sudah sampai 100%, maka perangkat akan melakukan instalasi secara otomatis.
  10. Setelah proses flashing selesai, akan muncul notifikasi Install from ADB complete pada layar Asus Zenfone 5. Setelahnya ponsel akan kembali ke menu recovery mode, silahkan pilih reboot system now.
  11. Setelah ponsel selesai booting, akan muncul start up standart Android untuk mengatur bahasa, wilayah, akun Google dll.
  12. Selesai!!

Jika Anda masih baru pertama kali melakukan flash Asus Zenfone 5 ini, cara ini tentunya terlihat rumit sekali. Untuk itu, silahkan lihat video tutorial berikut ini untuk memudahkan Anda (credit video: Fathullah Rasya) :

Jika Anda ingin melakukan rooting pada Asus Zenfone 5, baca artikel ini “Cara Root Smartphone Android“.

Sekian panduan cara flash Asus Zenfone 5 bootloop menggunakan ADB Fastboot tool. Jika Anda merasa terbantu dengan artikel ini, jangan malu untuk share atau memberikan rating bintang 5 panduan ini.

Selamat mencoba, semoga berhasil.

Komentar
Memuat komentar...