Ulasan lengkap seputar dunia Smartphone

Panduan Cara Flash Asus Zenfone C Z007

5/5(3)

cara flash Asus Zenfone CCara Flash Asus Zenfone C Z007 – Penggunaan smartphone Adaroid mempengaruhi tingkat dan jenis kerusakan pada perangkat. Kerusakan di bagi menjadi 2 jenis, yaitu hardware dan software. Jika perangkat mengalami kerusakan hardware, otomatis harus diganti dengan spare part yang baru. Sedangkan jika terjadi kerusakan software, kita bisa memperbaikinya sendiri tanpa harus dibawa ke service center.

Kerusakan software yang sering terjadi adalah perangkat Android mengalami kerusakan seperti lemot, app system error, app force closed, hingga ponsel bootloop. Jika perangkat lemot atau kinerjanya melambat, Anda cukup melakukan hard reset untuk mengatasinya.

Namun, jika perangkat Android Anda bootloop atau bahkan mati total, yang bisa Anda lakukan untuk mengatasinya adalah dengan flashing. Tools dan bahan yang digunakan untuk flashing bisa dengan mudah di dapatkan (kecuali untuk tools berbayar dan ROM Premium).

Nah, pada artikel ini saya akan memberikan panduan cara flash Asus Zenfone C Z007 menggunakan Asus Flash Tools. Jika Anda ingin mengetahui langkah-langkahnya, silahkan teruskan scrool ke bawah.

Artikel terkait :

Tool dan file yang di perlukan

Silahkan persiapkan dan unduh tool dan file yang di butuhkan untuk proses flashing Asus Zenfone C berikut :

  • PC/ Laptop yang menjalankan OS Windows (min pakai Windows 7).
  • Kabel data (gunakan kabel bawaan perangkat/ original).
  • Firmware Asus Zenfone C Z007 (download via Google Drive), kemudian ekstrak.
  • Asus Android USB Driver, download disini. Setelah selesai di download dan di ekstrak, silahkan install driver pada komputer Anda. Jika muncul peringatan Windows Security,” Windows can’t verify —“ , lanjutkan dengan memilih “Install this driver software anyway”.
  • Asus Flash tools (via Google Drive). Download kemudian ekstrak dan install pada komputer Anda.
Penting!! : Saya merekomendasikan penggunaan Laptop (atau kalau Anda punya PC + UPC), untuk menghindari jika sewaktu-waktu terjadi pemadaman listrik yang dapat berakibat gagalnya proses flashing dan dapat membuat perangkat rusak.

Cara Flash Asus Zenfone C Z007 menggunakan Flash Tool

  1. Pertama-tama, matikan perangkat Anda. Pastikan daya baterai telah terisi lebih dari 50% untuk melakukan flashing.
  2. Masuk ke Droidboot Mode. Caranya, tekan tombol power + Volume UP secara bersamaan, tahan sampai Anda masuk ke Droidboot Mode, kemudian lepaskan kedua tombol.
  3. Buka aplikasi Asus Flashtool, jalankan sebagai administrator.
  4. Selanjutnya, sambungkan Asus Zenfone C Z007 ke PC/ Laptop Anda menggunakan kabel USB. Jika sudah muncul ikon USB, tandanya perangkat sudah terdeteksi oleh komputer.
  5. Pada tab Model, silahkan pilih type ZC451CG, pada Wipe Data pilih opsi Yes. Kemudian klik browse untuk memasukkan firmware Asus Zenfone C yang sudah di download tadi.cara flash Asus Zenfone C
  6. Sekarang klik pada ikon USB (sambungan), kemudian klik tombol start untuk memulai proses flashing Asus Zenfone C. Tunggu hingga proses flashing selesai.cara flash Asus Zenfone C
  7. Jika state (lingkaran) sudah berganti warna menjadi hijau dan muncul notifikasi “Flash image successfully”, proses flashing telah selesai dan berhasil di jalankan.cara flash Asus Zenfone C
  8. Tutup apliakasi Asusu flash Tools dan cabut kabel USB dari komputer. Selanjutnya pilih menu reboot di Droidboot untuk merestart perangkat.
  9. Tunggu proses booting berjalan (biasanya booting pertama agak lama), kemudian akan muncul start up standart Android untuk mengatur Bahasa, Akun Google, jaringan dll.
  10. Selesai!

Silahkan lihat video berikut ini untuk memudahkan anda pada saat flashing Asus Zenfone C Z007 (credit video: Budi Khusuma) :

Setelah selesai flashing, Anda juga bisa melakukan rooting pada ponsel Asus Zenfone C untuk memaksimalkan kinerjanya. Baca caranya pada artikel ini “Cara root Smartphone Android”.

Sekian panduan cara flash Asus Zenfone C Z007 yang dapat saya bagikan. Jika Anda merasa terbantu dengan artikel ini, jangan malu untuk meng-share atau memberikan rating bintang 5. Terimakasih.

Baca juga :

.......

Comments
Loading...