Tutorial Cara Flash Lenovo A6010 Bootloop

Ponselgue.com | Tutorial Cara Flash Lenovo A6010 Bootloop – Smartphone Lenovo dengan serie ‘A’ merupakan ponsel yang ditujukan untuk kelas menengah ke bawah, termasuk Lenovo A6010. Lenovo A6010 ini merupakan penerus dari Lenovo A6000, tidak terdapat banyak perbedaan yang menonjol di antara keduanya, terutama dari segi desain.

Salah satu fitur yang mendapat upgrade adalah Kamera. Sebelumnya, pada A6000 hanya menggunakan kamera utama dengan resolusi 8 MP, A6010 mengusung kamera utama dengan resolusi 13 MP. Untuk menunjang performa, tidak ada upgrade yang terlalu signifikan. Chipset yang digunakan masih sama yaitu Qualcomm Snapdragon 410 MSM8916 dan prosesornya masih quad core 1,2 GHz, upgrade hanya pada RAM yang sebelumnya hanya 1GB menjadi 2GB.

Nah, pada artikel kali ini saya akan membagikan tutorial cara flash Lenovo A6010 Bootloop. Tentu saja, bagi pengguna yang suka mengoprek sistem Android, sudah tidak asing lagi dengan istilah flashing.

Beberapa kerusakan sistem operasi smartphone Android beberapa bisa diperbaiki dengan metode flashing. Kerusakan yang sering terjadi antara lain adalah banyak aplikasi sistem yang menampilkan pesan error “sayangnya, aplikasi telah berhenti”, atau sering tiba-tiba self reboot. Kadang juga smartphone Android terkena virus malware, virus ini mempunyai kemampuan untuk menginstall aplikasi secara otomatis sehingga menambah beban ponsel, hal ini yang meyebabkan ponsel menjadi berat dan performanya melambat.

Bagi Anda yang tidak sabat ingin mengetahui cara flashing Lenovo A6010, silahkan simak selengkapnya di bawah ini.

PENTING!! : BACA, PAHAMI, MENGERTI, EKSEKUSI

Cara Flash Lenovo A6010 Bootloop

Persiapan

Unduh tools dan file yang diperlukan untuk flashing Lenovo A6010 berikut ini :

  • PC/Laptop dengan OS Windows. Saya lebih menyarankan penggunaan laptop, sebagai antisipasi jika sewaktu-waktu terjadi pemadaman listrk pada saat proses flashing.
  • Kabel Data / Kabel USB Type C
  • ROM : Firmware Lenovo A6010. (Download disini) kemudian ekstrak.
  • Driver : Qualcom Drivers (Download Disini), ekstrak lalu install driver di PC/ Laptop.
  • Tools : QPST/QFIL (Download disini). Selesai di download, ektrak kemudian install pada PC/laptop Anda.

Jika semuanya sudah siap, silahkan baca dan ikuti langkah-langkah flashing-nya di bawah ini.

Flashing Lenovo A6010

  1. Jalankan Aplikasi “QPST/QFIL” yang sudah Anda install tadi.
  2. Setelah QPST/QFIL sudah terbuka, pilih tab “QFIL” lalu klik ‘Browse’ kemudian cari file “mbn” yang terdapat pada folder firmware yang sudah di download tadi.
  3. Selanjutnya klik tombol ‘Load XML’ dan pilih ‘rawprogran_unsparse.xml’ kemudian pilih lagi “patch0.xml” dan klik open/OK.
  4. matikan perangkat terlebih dahulu. Lepaskan baterai selama beberapa detik lalu pasang kembali.
  5. Selanjutnya sambungkan Lenovo A6010 ke PC menggunakan “Kabel USB” sambil menekan tombol “Volume Atas & Volume bawah”
  6. Apabila perangkat sudah terdeteksi, klik tombol ‘Download’ untuk memulai proses flashing. Tunggu hingga proses flashing selesai.
  7. Jika status Download Succed dan finished, maka proses flashing sudah berhasil di jalankan.
  8. Lepaskan Lenovo A6010 dari kabel data, kemudian nyalakan perangkat.
  9. Selesai!!

Nah, untuk lebih mudahnya, silahkan lihat video berikut ini (credit video : GSM Helpful) :

Demikianlah cara flash Lenovo A6010 bootloop menggunakan QPST/QFIL. Semoga dengan mengikuti artikel ini dapat memperbaiki ponsel Anda yang mengalami bootloop.

Jika Anda mempunyai kesulitan atau kendala pada saat melakukan flashing, silahkan tulis pertanyaan pada kolom komentar di bawah ini. Kami akan berusaha secepatnya untuk membalasnya dan berdiskusi dengan Anda untuk memecahkan masalah tersebut. Semoga bermanfaat..!!

NOTE : Flashing merupalan tindakan yang serius dan penuh resiko. Segala kerusakan yang terjadi pada perangkat Anda setelah proses flashing, diluar tanggung jawab Ponselgue.com.