Ulasan lengkap seputar dunia Smartphone

Cara Flash Lenovo A7000 (Downgrade ROM Lollipop)

Ponselgue.com | Cara Flash Lenovo A7000 (Downgrade ROM Lollipop) – Salah satu produk smartphone Lenovo yang laris di Indonesia adalah Lenovo A7000. Ponsel ini hadir di Indonesia pada pertengahan 2015 dengan spesifikasi yang cukup tinggi pada saat itu. Dengan harga yang cukup murah, ponsel ini dibekali dengan chipset Octa Core, RAM 2 GB dan sudah support 4G LTE.

Lenovo A7000 ini menggunakan OS Android 5.0 Lollipop dan pada April 2016 telah tersedia update ke Marshmallow. Hal ini karena banyak pengguna yang menginginkan performa dan fitur Lenovo A7000 dengan berbagai fitur baru Marshmallow.

Namun, setelah upgrade ke Marshmallow, banyak pengguna Lenovo A7000 yang mengeluhkan ternyata terdapat di ROM Marshmallow banyak bug dan baterai menjadi sangat boros. Sebagian besar pengguna lebih menyukai Android Lollipop karena membuat performa perangkat jauh lebih baik.

Banyak juga para pengguna yang suka ganti-ganti custom ROM karena penasaran dengan fitur tertentu, ternyata tidak se-waaah yang di bayangkan. Atau CUSROM malah membuat perangkat menjadi sering nge-lag, berat dan jadi lambat, hang atau bahkan bootloop (stuck di logo Lenovo saja).cara flash lenovo a7000

Nah, untuk mengatasi hal tersebut diatas, pada artikel kali ini saya akan membahas mengenai cara flash Lenovo A7000. Cara ini bisa digunakan untuk downgrade downgrade / Upgrade Lenovo a7000, selain itu flashing A7000 ini bisa dicoba untuk memperbaiki masalah bootloop.

PENTING!! : Flashing merupakan tindakan yang serius. Kesalahan saat melakukan flashing bisa menyebabkan kerusakan pada perangkat. Segala resiko yang terjadi  karena kegagalan proses flashing di luar tanggung jawab Ponselgue.com.

Cara Flash Lenovo A7000

Persiapan

Download file dan tools yang digunakan untuk downgrade Lenovo A7000 berikut ini :

  1. Tool : SP Flash Tool, Anda bisa Download Disini.
  2. Driver : ADB Drivers: Download Disini.
  3. Firmware Lenovo A7000, Download Disini.
  4. PC/Laptop yang menggunakan OS Windows.
  5. Kabel Data / Kabel USB Type C.
  6. Memory Card / Micro SD

Ektrak semua hasil download kemudian letakkan pada satu folder khusus agar memudahkan Anda pada saat melakukan proses flashing.

Aktifkan ‘USB Debugging’ dan ‘OEM Unlock’. Caranya, kita harus mengaktifkan Developer Option terlebih dahulu. Caranya, masuk ke menu Pengaturan, pilih tentang Ponsel, lalu pilih Informasi perangkat dan tekan Nomor Bentukan 7x sampai muncul warning bahwa Anda sudah dalam mode pengembang atau developers mode. Sekarang Anda bisa mengaktifkan USB debugging, caranya masuk ke Pengaturan, pilih Developers Options lalu aktifkan USB debugging dan OEM Unlock.

Flashing Lenovo A7000 Tanpa PC

Nah, berikut ini adalah tahapan-tahapan proses flash Lenovo A7000 tanpa PC :

  1. Pindahkan firmware Lenovo A7000 yang telah di download tadi ke SD Card (letakkan diluar folder).
  2. Matikan perangkat dan lepaskan baterainya, diamkan beberapa saat kemudian pasang baterai dan SD Card yang sudah berisi firmware tadi.
  3. Masuk ke Recovery mode. Selanjutnya tekan dan tahan Tombol Power + Volume down + Volume Up bersamaan sampai muncul logo Lenovo kemudian lepaskan.
  4. Pilih bahasa yang digunakan, (Pilih English). Untuk navigasi, gunakan tombol volume untuk naik turun dan tombol power untuk konfirmasi.
  5. Pilih Install Update Package, selanjutnya cari file firmware yang sudah di pindahkan ke SD Card tadi.
  6. Tunggu proses pemasangan ROM selesai. Usahakan jangan menekan tombol apapun pada saat proses pemasangan ROM berlangsung.
  7. Jika proses pemasangan ROM berhasil di jalankan, selanjutnya lenovo A7000 akan Reboot secara otomatis.
  8. Proses booting pertama biasanya membutuhkan waktu lebih lama, hal ini karena perangkat menyesuaikan dengan ROM baru.
  9. Selesai!!

Flashing Lenovo A7000 via SP Flashtool / Downgrade A7000 Lollipop

  1. Install ADB driver pada PC/ Laptop Anda.
  2. Selanjutnya, buka folder Flashtool, lalu cari file flash_tool.exe. Kemudian klik kanan pada file tersebut lalu pilih “Run as administrator’.
  3. Jika aplikasi SP Flashtool sudah terbuka, klik Option → General Setting → centang semua opsi “da dl all with Checksums“.
  4. Klik tab Download, pada Scatter-Loading File klik tombol Choose untuk memasukkan file scatter yang terdapat pada folder firmware Lenovo A7000 yang sudah di ekstrak tadi.
  5. Setelah file scatter sudah berhasil di muat, klik pada tombol download (gambar logo panah bawah warna hijau) untuk memulai flashing.
  6. Matikan Lenovo A7000, untuk memastikannya lepaskan baterainya selama beberapa saat kemudian pasang kembali.
  7. Sekarang, sambungkan perangkat dalam kondisi mati ke PC menggunakan kabel USB. Ponsel akan terdeteksi jika driver sudah terinstall dengan benar dengan ditandai dengan munculnya bar warna merah pada SP flashtool. Tunggu bar kuning (proses flashing) berjalan hingga penuh.
  8. Jika proses flashing sudah selesai dan berhasil di jalankan, biasanya di tandai dengan munculnya lingkaran hijau (Download OK).
  9. Sekarang lepaskan perangkat dari kabel USB kemudian coba nyalakan Lenovo A7000.
  10. Booting pertama biasanya lebih lama karena perangkat menyesuaikan dengan ROM baru.
  11. Silahkan isi start up standart untuk mengatur bahasa, wilayah dan jaringan.

Silahkan lihat video flashing A7000 berikut (credit video : SOBAT ANDROID) :

Demikianlah 2 cara flash Lenovo A7000 untuk downgrade ke Lollipop. Jika Anda mempunyai kendala pada saat proses flashing, silahkan tulis di kolom komentar yang tersedia di bawah ini.

Semoga bermanfaat ..!!

.......

Comments
Loading...